Kopi ialah satu diantaranya minuman yang nikmat yang sering disajikan baik dalam rumah atau di cafe. Di setiap cangkir kopi, Anda bisa merasakan cita-rasa kopi seutuhnya tanpa beberapa bahan lainnya, seperti juga cokelat dan susu.

Walau kelihatan remeh, pada praktiknya panduan pembuatan kopi dapat berbeda. Semua panduan bisa dituruti sesuai kepentingan kita dan jenis kopi yang digunakan.

Namun, agar dapat mempermudah Anda, kami sudah membuat panduan atau langkah membuat kopi hitam yang lezat sama ukuran cocok yang bisa Anda di dalam rumah.

Seperti apa langkah-langkah itu? Yuk, baca rinciannya itu ini! Berikut ini ialah resep membuat kopi yang nikmat dari Garistengah.com.

Langkah membuat kopi

Belilah biji kopi utuh masih bagus

Ini yaitu resep pertama yang harus jadi perhatian baik jika ingin merasakan cita-rasa kopi yang sebenarnya. Kopi terbaik dan cita-rasa sempurna yang dapat diterima, bisa kita capai hanya jika kita menyeduh kopi hasil gilingan yang dipanen dan ditempatkan secara baik juga.

Membeli kopi yang sudah jadi atau yang sudah digiling dan ditempatkan dalam saat yang sangat lama kerap kali tidak bisa datangkan kesegaran mutlak dari biji kopi. Karena itu jika sering membeli kopi bubuk atau kopi kopi yang sudah dibungkus, cita-rasa kopi itu kerap sudah berkurang atau musnah sekalinya karena imbas oksigen dan cahaya yang pasti menjadi satu antara musuh dari rasa kopi.

Sedikit kita merasakan sebagian orang yang peduli dengan cita-rasa kopi yang mereka taruh. Buat taruh kopi agar cita-rasanya tidak berkurang atau minimal bisa makin bertahan lama, kita perlu melapisi tempat menyimpan kopi dengan pakai minyak kopi. Selain itu kopi juga harus ditempatkan di tempat yang punyai segel dan terkadang diserang cahaya. Karena cahaya bisa menyebabkan rasa kopi menghilang.

Tehnik menyimpan biji kopi yang baik dan benar dengan meletakkannya pada tempat kedap udara. Kita bisa memakai toples, botol kaca atau tempat dari keramik yang bisa disegel. Harus dihindarkan menyimpan biji kopi di beberapa lokasi yang mempunyai pori atau lembab, dan sebisa-bisanya hindari dari makanan yang bau.

Putuskan type kopi yang terbaik

Untuk mendapat cita-rasa kopi yang nikmat, kita perlu putuskan tipe kopi tertentu. Karena tidak semua kopi punya cita-rasa yang nikmat. Ada beberapa negara penghasil kopi terbaik. Begitu juga di Indonesia, ada beberapa wilayah di mana kopinya yaitu yang terbagus. Contoh, kopi arabika yang murni 100% pasti memiliki cita-rasa yang hebat. Tetapi, jika kamu ingin mencari opsi kopi yang lebih murah, mungkin kamu bisa melirik biji kopi robusta tapi dengan rasa yang lebih keras dan kandungan cafein yang semakin tinggi.

Hal lain kembali dengan cita-rasa kopi liberica datang dari Riau. Jenis Kopi Liberica Riau ini bisa tumbuh di daerah gambut yang mana mode kopi lain sulit tumbuh di daerah itu. Arasanya berbeda dan roma. Sama dengan kopi robusta yang full body dengan pahit yang kuasai tetapi ada rasa manis sesudahnya. Kopi Liberica atau Liberoid ini dari Liberia.

Giling sendiri

Biji kopi yang kita punya, agar tidak kehilangan rasa, seharusnya kita giling tidak berlama-lama awalnya diseduh. Saat ini, sudah ada beberapa mesin penggiling kopi yang bisa kita gunakan . Maka tidak perlu susah-payah melakukannya lewat cara manual. Semakin bertambah halus kamu menggerus kopi, karena itu rasanya akan semakin pahit. Begitu juga kebalikannya.

Setelah siapkan bubuk kopi yang diinginkan, setelah itu kita mau mencoba membuat kopi hitam yang nikmat dengan resep di bawah ini.

1. Didihkan Air

Langkah pertama-kali yang perlu dilaksanakan untuk datangkan 1 cangkir kopi hitam yaitu dengan mendidihkan air beberapa dua cangkir. Gunakan air mineral agar menghindari kesempatan perubahan rasa di kopi yang dikarenakan oleh kandungan air yang Anda pakai.

2. Masukan Bubuk Kopi

Saat mulai menyeduh kopi, cukup gunakan api dengan intens yang. Lantas, sebelum mendidih, tambah bubuk kopi fresh ke dalam panci yang sedang digunakan. Lantas, aduk secara perlahan-lahan. Jika sudah mendidih, Anda dapat mematikan api.

3. Saring Di Mug

Jika ingin memfiltrasi ampas kopi, siapkan mug dengan filter atau kertas saring dan tuang kopi dengan pelan-pelan. Untuk mengeluarkan krema dan perbanyak aroma, angkat tinggi-tinggi mug yang dituangkan kopi saat disaring.

4. Alihkan Ke Cangkir

Buat memantau suhu kopi agar bertahan semakin bertambah lama, Anda bisa menggunakan cangkir berbahan dasar keramik. Karena cangkir type ini cenderung makin kuat, karena itu kopi yang baru saja diseduh tidak cepat dingin. Seterusnya, jika Anda termasuk pencinta kopi hitam dengan gula, tambah gula ke cangkir lebih dahulu awalnya kopi dituang.

5. Aduk Kopi

Untuk trick terakhir membuat kopi hitam yang lezat, aduk kopi dalam cangkir yang telah digabung gula. Tapi, jika tidak memilih untuk menambahkan gula pada awalnya, Anda dapat sesegera rasakan kopi tanpa mengaduknya kembali.