Penyakit jantung saat ini menjadi salah satu penyakit yang penting dicurigai. Masalahnya tidak cuma serang seorang di lanjut usia, namun beberapa orang di umur muda beresiko besar terserang penyakit ini. Ingat jantung sebagai organ badan yang terpenting, oleh karenanya kesehatan jantung tidak dapat diremehkan.

Meskipun penyakit jantung sebagai penyakit membahayakan, jadi tidak ada kelirunya jika kalian perlu ketahui beberapa jenis penyakit jantung. Hal itu bisa dijumpai supaya kita sanggup jaga dan selalu siaga pada penyakit jantung. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah jenis penyakit jantung yang perlu kalian kenali. Langsung baca ulasannya berikut ini.

1. Jantung Koroner


Jenis penyakit jantung pertama kali yang perlu kalian kenali yakni jantung koroner. Penyakit Jantung Koroner (PJK) atau arteri koroner terjadi saat arteri di jantung menyempit atau mampet. Tanda-tanda tipe penyakit jantung ini pasien akan rasakan sakit di dada, hati ketekan atau seperti diremas di dada, napas sesak, mual, dan masalah pencernaan atau gas. Jika didiamkan tanpa pengatasan, keadaan ini bisa memunculkan kompleksitas berbentuk penyakit serangan jantung.

2. Serangan Jantung


Serangan jantung merupakan kondisi di mana terjadi penyumbatan pada arteri koroner. Mengakibatkan, oksigen ke jantung juga terhalang dan terjadi gumpalan darah. Keadaan ini sebagai keadaan fatal karena jantung tidak terima suplai oksigen yang cukup dari saluran darah yang ke arah jantung.

Penyakit serangan jantung atau heart attack tidak langsung membunuh pasiennya. Sepanjang berlangsungnya penyakit serangan jantung, sisi jantung yang tidak terima oksigen terus akan alami kerusakan berbentuk kematian otot jantung. Bila tidak selekasnya mendapatkan pengatasan, keadaan ini bisa mengakibatkan kematian.

3. Henti Jantung


Henti jantung atau cardiac arrest adalah keadaan saat jantung stop berdetak secara mendadak karena ada masalah style listrik pada otot jantung. Keadaan ini membuat jantung tidak bisa berdetak dengan normal.

Berlainan dengan penyakit serangan jantung yang terjadi dalam hitungan waktu. Henti jantung betul-betul jantung stop berdetak. Keadaan ini umumnya terjadi tanpa peringatan. Ini dipacu karena kerusakan pada jantung hingga menyebabkan aritmia atau detak tidak teratur. Bahkan juga, dalam perhitungan detik, orang dapat kehilangan kesadaran dan tidak mempunyai renyut nadi.

4. Katup Jantung


Selanjutnya, jenis penyakit jantung yang penting kalian kenali yakni katup jantung. Jantung mempunyai empat katup yang buka dan tutup saluran darah langsung di antara empat ruangan jantung, paru-paru, dan pembuluh darah. Cacat dapat membuat katup susah untuk buka dan tutup secara benar. Saat itu terjadi, saluran darah dapat mampet atau darah dapat bocor. Pemicu katup jantung yaitu infeksi seperti demam rematik, penyakit jantung bawaan, tekanan darah tinggi, penyakit arteri koroner, atau karena penyakit serangan jantung.

Baca Juga : gejala jantung

5. Gagal Jantung


Jenis penyakit jantung seterusnya yakni tidak berhasil jantung. Keadaan ini di mana saat pompa jantung jadi menurun, hingga tidak sanggup menyalurkan darah yang cukup ke semua badan. Tidak berhasil jantung bisa disebabkan karena hipertensi, anemia, dan penyakit jantung.Tanda-tanda tidak berhasil jantung yang penting kalian kenali yakni napas sesak, cepat capek, dan bengkak pada tungkai dan pergelangan kaki. Tanda-tanda ini dapat mengalami perkembangan dengan bertahap atau terjadi secara mendadak.

6. Penyakit Jantung Bawaan


Jenis penyakit jantung yang seringkali terjadi yakni penyakit jantung bawaan. Biasanya, penyakit ini disebabkan karena abnormalitas semenjak lahir. Abnormalitas yang tersering dijumpai salah satunya ialah abnormalitas pada penyekat atau dinding ruangan jantung atau defek Septum Atrium, defek Septum Ventrikel, dan duktus arteriosus paten.Disamping itu, jantung bawaan disebabkan oleh masalah pembangunan saat janin dan beragam abnormalitas jantung yang lain yang lebih jarang ada.

7. Perikarditis


Perikarditis merupakan jenis penyakit jantung karena iritasi dan infeksi pada susunan tipis berupa kantong yang melapis jantung atau perikardium. Perikardium berperan untuk jaga supaya jantung tidak beralih status, dan membuat perlindungan jantung dari gesekan atau penebaran infeksi dari jaringan lain. Tanda-tanda dari penyakit ini yakni berbentuk rasa ngilu dada yang seperti tertusuk di sisi tengah atau segi kiri, napas sesak, jantung berdebar-debar, demam, dan lemas.