Radang usus buntet, atau dikatakan sebagai apendisitis, ialah masalah pencernaan berbentuk infeksi pada appendix (usus buntet). Organ usus buntet sebuah usus kecil yang tidak mempunyai peranan, berupa jemari yang menempel pada usus besar di samping kanan bawah rongga perut.

Meskipun tidak mempunyai peranan, tapi saat mampet akan beresiko. Bila tidak selekasnya diatasi, usus buntet yang telah meradang, dapat pecah. Mengakibatkan, bakteri, feses atau tinja, bisa tumpah ke rongga perut. Ini sangat beresiko dan kadang berpengaruh fatal. Untuk itu, penyakit radang usus buntet jadi keadaan genting yang perlu memperoleh pengatasan klinis.

Ingat apendisitis ialah keadaan yang memerlukan pengatasan selekasnya, karena itu penting untuk mengenalinya lebih dalam. Bila radang usus buntet telah dijumpai lebih awal, pasti tingkat pengobatannya semakin tinggi. Berikut bukti-bukti penting sekitar radang usus buntet yang bisa Teman dekat MIKA kenali.

1. Serang berbagai umur


Infeksi usus buntet jadi keadaan umum yang bisa terjadi kesemua umur, baik itu anak-anak atau orang dewasa. Tetapi, penyakit ini paling biasa terjadi pada pasien berumur 8-25 tahun.

Radang usus buntet diketemukan pada anak di bawah dua tahun. Bahkan juga, peluang seorang anak berumur di bawah delapan tahun terserang penyakit usus buntet, 2x semakin tinggi, dibandingkan anak berumur lebih dari delapan tahun

2. Seringkali serang wanita


Disaksikan dari tipe kelaminnya, wanita semakin besar peluangnya terserang penyakit usus buntet dibandingkan lelaki dengan prosentase 50%.

Resiko radang usus buntet bisa juga serang ibu hamil. Pada ibu hamil, merasa sakit kemungkinan terlihat datang dari perut sisi atas. Saat infeksi pada usus buntet didiamkan tanpa penyembuhan, karena itu bisa beresiko kelahiran prematur sampai kematian janin.

3. 98.000 kasus tidak tertangani tiap tahunnya


Angka pasien penyakit usus buntet di Indonesia termasuk tinggi. Bahkan juga, tiap tahun sekitaran 700.000 pasien masuk ke ruangan genting untuk memperoleh penyembuhan usus buntet. Ada 98.000 kasus penyakit usus buntet yang tidak teratasi tiap tahunnya.

30% dari keseluruhnya pasien penyakit usus buntet ialah perforated appendix atau usus buntet yang berlubang. Keadaan ini sebagai salah satunya kompleksitas dari radang usus buntet kronis, di mana 5%-nya mempunyai potensi tidak dapat ditolong

Sinak Juga : usus buntu

4. Tanda awal sering kali tidak diketahui


Usus buntet ialah penyakit kronis dan kerap tidak dikenali oleh pasiennya. Baru pada usia 40 keluh kesah penyakit ini dirasa. Tetapi, keadaan ini sebetulnya bisa dikenal dengan tanda-tanda atau pertanda radang usus buntet berikut ini:

Ngilu mendadak yang diawali disebelah kanan perut sisi bawah
Ngilu mendadak yang diawali disekitaran pusar dan kerap beralih ke perut kanan bawah
Ngilu yang lebih buruk bila batuk, jalan atau lakukan pergerakan menggelegar yang lain
Muntah dan mual
Kehilangan nafsu makan
Demam enteng yang bisa lebih buruk bersamaan perubahan penyakit
Sembelit atau diare
Perut kembung

5. Terjadi ketika usus buntu tersumbat


Pemicu khusus radang usus buntet ialah saat ada benda kecil atau keras (fecaliths) yang menutup organ usus buntet (appendix) dan tidak dapat keluar.

Benda yang menutup usus buntet bervariatif dimulai dari kotoran, benda asing (suatu hal pada tubuh yang tidak semestinya ada), atau sel kanker. Selanjutnya, penyumbatan dapat disebabkan karena infeksi hingga usus buntet bisa membesar sebagai tanggapan pada infeksi yang ada pada tubuh itu.

6. Mayoritas kasus diatasi dengan operasi usus buntet


Radang usus buntet sebagai kondisi genting klinis yang nyaris selalu memerlukan operasi selekasnya untuk mengusung usus buntet. Berita baiknya, meskipun usus buntet Anda diangkat, Teman dekat MIKA masih tetap dapat baik saja. Keluarkan usus buntet sebagai proses khusus yang sudah dilakukan oleh dokter untuk menghindar resiko pecahnya usus buntet itu.

Tetapi, bila pasien mempunyai abses berbentuk nanah atau cairan, karena itu dapat keringkan abses itu baru selanjutnya proses keluarkan usus buntet dilaksanakan. Adapun bila radang usus buntet termasuk kronis, karena itu membutuhkan antibiotik hingga penyakit ini bisa lebih baik tanpa operasi.