Medical check up sebagai salah satunya penyiapan yang perlu kamu lalui saat sebelum masuk kerja. Untuk beberapa perusahaan, pengecekan kesehatan sebagai sisi dari penyeleksian pegawai.

Beberapa yang lain mengharuskan medical cek up sebagai sisi dari tujuan pegawai. Biasanya medical cek up mencakup pengecekan pertanda penting, pengecekan fisik, dan pengecekan laboratorium. Kadang, pengawasan ini mencakup pengecekan rontgen dan buta warna.

Medical cek up ini dapat diharuskan untuk tiap pegawai, untuk pastikan jika mereka pada kondisi sehat dan tidak mempunyai penyakit yang bisa menghalangi performanya. Lantas, apa yang perlu kamu persiapkan sebelum medical cek up? Simak delapan tips berikut ini

1. Tidur


Nah, salah satu aspek yang dicheck dalam medical cek up ialah tekanan darah. Untuk jaga penekanan darahmu masih tetap normal saat medical cek up, coba untuk santai dan tidur yang memadai saat malam awalnya.

Tidur yang memadai akan menolong mekanisme sarafmu untuk santai dan turunkan tingkat hormon depresi. Dengan demikian, mekanisme sarafmu tetap sehat dan penekanan darahmu ada pada batasan normal . Maka, yakinkan kualitas dan jumlah tidurmu baik, ya! Jauhi beraktivitas yang lain saat malam saat sebelum test kesehatan.

2. Minum air putih yang cukup


Salah satu aspek medical cek up yang umumnya dilaksanakan ialah test darah dan test urine. Karena itu, minumlah air putih yang cukup saat sebelum lakukan medical cek up. Konsumsi air yang cukup akan mempermudah dokter atau laboran untuk ambil contoh darah dan urine. Disamping itu, konsumsi air penting juga untuk kesehatan ginjal.

3. Hindari olahraga yang berat


Menurut Medical Exam, olahraga yang berat dan mengambil alih tenaga akan tingkatkan tekanan darah. Karena itu, menghindar olahraga yang berat satu hari sebelum serta saat pagi hari saat sebelum medical cek up perlu masuk daftar penyiapan. Ubahlah kegiatan rutin olahragamu dengan berolahraga enteng yang dapat dilaksanakan saat sebelum lakukan medical cek up.

4. Hindari makanan yang berminyak dan asin


Garam dan lemak bisa memengaruhi tingkat cholesterol dan penekanan darahmu. Maka dari itu, jauhi konsumsi makanan dengan beberapa kandungan itu minimal dalam 3 hari saat sebelum medicak cek up. Seharusnya, kamu menghindar makanan tipe ini sepanjang satu minggu awalnya. Namun, batasan minimalnya ialah 24 jam sampai 3 hari.

Bila kamu terlatih konsumsi makanan ini, coba menukarnya dengan beragam makanan yang lebih sehat. Akan lebih bagus bila kamu bisa menjaga mengonsumsi makanan sehat sesudah lakukan medical cek up.

Simak Juga : medical check up

5. Berpuasa sebelum melakukan medical cek up


Jika salah satu aspek medical cek up yang kamu kerjakan ialah test kandungan gula darah, kamu akan dianjurkan untuk berpuasa minimum 12 jam saat sebelum lakukan test. Arah puasa ini untuk menghindar peluang kandungan gula darahmu bertambah karena makanan yang dimakan saat sebelum lakukan pemeriskaan kesehatan.

6. Hindari rokok dan minuman berkafein


Rokok dan minuman mengandung kafein bisa mengakibatkan penekanan darahmu turun. Ini bisa membuat susah untuk ambil contoh test darah. Bila kamu terlatih merokok atau minum kopi pada pagi hari, coba untuk menundanya sampai medical cek up usai.

7. Usahakan melakukan medical cek up di pagi hari


Medical cek up seharusnya dilaksanakan pada pagi hari, saat sebelum kamu beraktivitas yang lain. Ini untuk memberimu waktu lakukan puasa saat malam awalnya. Disamping itu, waktu pagi hari umumnya kamu ada pada keadaan yang lebih santai dibanding pada siang hari. Dengan demikian, keadaan fisikmu ada pada keadaan maksimal.

8. Pastikan semua berkas persiapan medical cek up kamu lengkap


Tentunya, sebelum melakukan medical cek up, ada banyak arsip yang perlu kamu siapkan. Seperti surat pengantar dari perusahaan dan kartu asuransi. Maka dari itu, saat sebelum lakukan pemeriskaan, yakinkan arsip apa yang diperlukan telah komplet. Kamu dapat mengendalikannya dengan klinik/rumah sakit tempatmu melakukan medical cek up atau ke sisi HR tempatmu bekerja.