Semakin Virus Covid-19 menyebar, makin banyak bisnis yang menanggung derita. Ada batas keluar dari rumah dan karantina membuat konsumen setia makin terkucil. Karenanya Anda membutuhkan strategi marketing ditengah-tengah pandemi covid-19 yang pas untuk produk Anda.

Kritis yang berjalan tekan beberapa pelaku bisnis UKM untuk selalu bertahan, hingga memerlukan strategi marketing produk UKM. Ada beberapa bisnis yang malah bertambah, sedang yang lain berusaha untuk cuman satu atau dua pemasaran.

Ini memiliki arti, Anda sebagai pelaku bisnis harus pikirkan kembali upaya apa yang bakal dilaksanakan supaya membuat bisnis masih tetap jalan. Berikut cara menjalankan strategi marketing produk UKM ditengah pandemi covid-19 yang bisa Anda lakukan.

Tunjukkan Dukungan di Masa Pandemi Bisnis Anda

Sebagai seorang pelaku bisnis perlu mempunyai strategi marketing produk. Tetapi pertanyaan paling fundamental di pemikiran umumnya, Bagaimana saya jual produk semakin banyak?. Bukannya pikirkan pemasaran secara terus-terusan, coba pikir hal seperti bagaimana bisnis saya bisa memberikan dukungan konsumen setia di tengah-tengah kritis Virus Corona?.

Realitanya, bila Anda cuman fokus pada keuntungan di tengah-tengah keadaan sekarang ini belum pasti hasilkan keuntungan pada bisnis Anda. Coba sesekali untuk tawarkan service atau produk Anda ke konsumen setia yang memerlukan kontribusi.

Gunakan Topik dan Kata Kunci untuk Penargetan yang Tepat

Strategi marketing produk ditengah-tengah wabah Virus Corona ialah informasi besar. Lumrah bila tiap orang mengulasnya. Bahkan juga konsumen setia mulai cari sendiri apakah itu Virus Corona dan beli produk sesuai keperluan mereka untuk beberapa minggu depan supaya membuat perlindungan diri dari penyebaran. Ini mendatangkan kesempatan untuk beberapa bidang bisnis seperti service kesehatan, produk klinis, minuman dan makanan dan keperluan yang lain.

Dengan memakai tools yang tepat seperti omnichannel, Anda bisa menganalisa data online untuk mengenali siapakah yang membaca content mengenai Virus Corona dan jenis content apa yang mereka baca. Kemudian, Anda bisa mengategorikan topik atau keyword yang mereka meminati supaya bisnis Anda bisa memberinya content yang pas dan sesuai keperluan mereka sekarang ini.

Melalui Aplikasi dan Konten Online

Salah satunya startegi marketing produk bila bisnis Anda mempunyai aplikasi, Anda bisa mengoptimalkan fitur dari aplikasi Anda. Fitur yang dioptimalkan bisa berbentuk fitur lama atau fitur baru yang sesuai keperluan konsumen setia. Anda bisa juga masukkan content yang sudah Anda bikin dengan cari topik dan keyword awalnya ke aplikasi. Tetapi content yang Anda bikin tetap harus berkaitan.

Seperti misalnya, saat Anda berjalan pada bisnis kesehatan atau kesehatan, Anda bisa membuat fitur khusus laporan tanda-tanda Virus Covid-19 atau Anda bisa membuat content mengenai olahraga simpel dan membuat makanan sehat dalam menolong konsumen setia melawan Virus Corona.

Pastikan Keamanan Produk Anda Diperlihatkan saat Promosi Penjualan

Anda perlu memberikan perhatian lebih pada semua promo atau pemasaran yang Anda pasarkan. Hindari semua kesan-kesan negatif yang bisa menghancurkan merek bisnis Anda. Anda dapat memberikan video ke konsumen setia bagaimana keamanan dan agunan produk sudah dilaksanakan. Ini akan menolong mereka makin yakin jika Anda memang meminimalisir semua resiko penyebaran Virus Covid-19.

Manfaatkan Berbagai Media

Bila bisnis UKM atau UMKM Anda sekarang ini mempunyai keinginan tinggi untuk produk tertentu tapi bisnis susah mendapatkan stock karena penutupan produksi sementara, ketertinggalan logistik atau masalah yang lain. Anda bisa memberitahukan beberapa hal itu ke konsumen setia.

Beri info mengenai prediksi waktu pengangkutan, berikan argumen mengapa produk sampai lebih lamban dari umumnya dan beritahu masalah yang Anda rasakan supaya mereka bisa kejelasan. Anda bisa memberitahukan dan menjawab semua keluh kesah konsumen setia di beberapa basis info. Baik itu lewat web, e-mail, sosial media, push notification atau pesan dalam aplikasi.

Targetkan Pelanggan Setia

Alih-alih Anda berusaha mendapatkan pelanggan baru, bisnis lebih bagus makin fokus pada konsumen setia yang sempat berbisnis dengan bisnis Anda. Konsumen setia Anda tentu sudah yakin pada produk yang Anda menghasilkan dan mereka terus akan setia walau sedikit ada masalah.

Stok stock yang cepat habis dan ketertinggalan pengangkutan semakin lebih dipahami oleh konsumen setia lama dalam menunggu produk UKM Anda.

Buat Strategi Marketing Produk yang Relevan

Dengan menimbang kritis Virus Corona, strategi marketing produk juga bisa dengan masukkan keyword dan visual yang berkaitan dengan kondisi saat ini dalam promosi marketing Anda bisa mengundang perhatian. Buatlah materi marketing dengan pesan yang berguna supaya konsumen setia berasa terpikat dan beli produk Anda.

Tetapkan strategi marketing yang mana pas dan bisa Anda kerjakan di masa saat ini supaya produk UKM masih tetap laris di pasar. Awalnya, Anda harus juga memerhatikan keuangan bisnis supaya strategi yang sudah dilakukan berkaitan dengan keadaan keuangan. Dengan mekanisme yang automatis dan cepat, Anda bisa dengan cepat sesuaikan marketing dengan semua peralihan di masa mendatang.

Nah, di atas ialah beberapa cara menjalankan strategi marketing pemasaran di masa pandemi atau strategi marketing produk yang efisien. Mudah-mudahan info strategi marketing ditengah-tengah pandemi covid-19 itu dapat bermanfaat buat anda, salam sehat dan produktif selalu!