Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai Usaha Catering Rumahan. Kecuali buka warung makan, ada pula dengan wujud satu catering. Usaha Catering sendiri lebih ke arah ke servis pada pemesanan minuman dan makanan untuk kepentingan seperti acara pesta pernikahan atau acara.

Meskipun usaha catering nampak gampang. Tetap banyak halangan yang akan Anda menghadapi saat coba meniti usaha sendiri dari 0. Beberapa orang yang tidak berhasil dan berserah sebab tidak sanggup hadapi rintangan dalam mengawali usaha rumahan yang kembali tren ini.

Lalu seperti mana ya buka catering yang baik seperti di Bandung ada nasi box bandung yang murah dan bermodal kecil.  Anda tak perlu cemas, sebab kesempatan ini saya akan membahas selengkapnya bagaimanakah cara untuk mengawali usaha catering yang memberikan keuntungan.

Tips Sukses Usaha Catering Rumahan Bermodal Kecil

1. Menentukan usaha jenis catering

Langkah mengawali usaha catering rumahan yang pertama adalah dengan tentukan lebih dulu tipe usaha catering Anda. Karena ini akan punya pengaruh pada jalannya usaha Anda. Apa lagi bila modal yang Anda punyai tidak besar. Hingga Anda harus dapat sesuaikan sasaran customer pertama Anda.

Berikut tipe catering yang perlu anda pelajari.

A. Catering rumahan

B. Catering hajatan

C. Catering makanan anak

D. Catering kantoran

2. Melakukan riset pasar

Cara ke-2 dalam mengawali usaha catering ialah lakukan penelitian pasar lebih dulu. Karena usaha seperti catering tidak cukup dengan modal makanan yang nikmat saja. Tapi anda pun perlu taktik yang pas supaya usaha catering Anda dapat memperoleh banyak pesanan.

Perihal ini pula yang jarang-jarang dikerjakan oleh beberapa pelaku bisnis pemula. Tiada penyiapan yang masak dan lakukan penelitian skala kecil. Pada akhirnya usaha mereka tidak berjalan secara lancar. Keuntungan lakukan penelitian pasar pasti benar-benar banyak. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lihat waktu lakukan penelitian pasar :

A. Tingkat kompetisi

B. Sasaran customer

C. Cari vendor

3. Persiapan modal dan perlengkapan

Sesudah Anda lakukan penelitian pasar, cara ke-3 dalam mengawali usaha catering rumahan seterusnya yakni menyiapkan modal. Modal jadi suatu hal yang penting yang perlu Anda penuhi.

Bila di rasa modal yang Anda punyai masih tidak cukup, Anda dapat cari modal usaha dengan pinjam bank atau ke keluarga Anda. Janganlah sampai minimnya modal menghalangi usaha Anda nantinya. Berikut keperluan peralatan dan modal untuk buka usaha catering rumahan.

A. Modal usaha

Dalam usaha apa saja, modal jadi aspek khusus untuk kelancaran usaha itu. Tidak kecuali usaha catering rumahan. Untungnya, usaha ini bisa Anda awali dengan modal kecil. Bahkan juga dari artikel-artikel yang pernah saya baca. Usaha catering terhitung kelompok kesempatan usaha modal 1 juta. Dengan catatan Anda cuman layani catering partai kecil.

Tetapi, berlainan bila Anda mempunyai gagasan untuk dapat layani catering partai besar seperti acara pesta pernikahan atau acara sukuran. Pasti modal yang Anda perlukan lumayan besar. Tetapi tenang saja, toh Anda pun tidak bisa langsung layani customer semacam itu. Sebab usaha Anda tentu belum diketahui oleh mereka.

Oleh karenanya, modal bagus untuk mengawali usaha catering rumahan sekitar di antara Rp 3 juta – Rp 5 juta rupiah. Modal ini tidak keseluruhannya dipakai untuk beli bahan makanan saja. Anda pasti perlu beli beberapa perlengkapan catering yang tidak ada di rumah Anda.

B. Perlengkapan Catering

Bila Anda layani satu pesanan untuk partai besar. Tentu saja Anda memerlukan beberapa peralatan catering yang komplet. Dan harga juga lumayan mahal. Tetapi, pada awal membuat usaha catering rumahan. Anda tak perlu begitu memaksain untuk beli perlengkapan itu. Sebab akan menambahkan pengeluaran modal Anda.

Jika untuk penuhi pesanan partai kecil seperti arisan, acara sunatan, pengajian yang pemesanannya sekitar di antara 100-200 jatah. Semestinya perlengkapan di dapur Anda cukup. Anda dapat memakai mesin packing kardus supaya gampang untuk bawa catering dan mengantarkannya.

4. Mencari pelanggan

Sesudah seluruh penyiapan oke, mulai untuk cari konsumen setia. Sesungguhnya cari konsumen setia dapat dikerjakan secara fleksibel. Tidak harus menanti sampai punyai modal yang cukup maupun perlengkapan yang ideal. Sebab Anda dapat ambil pesanan-pesanan kecil lebih dulu.

Konsumen setia pertama yang termudah dipepet sudah pasti famili, tetangga maupun rekan-rekan Anda. Untuk langkah pertama ini, Anda tak perlu begitu memburu jumlah.

Tetapi lebih ke kualitas dari masakan Anda sendiri. Bila masakan Anda memberikan kepuasan dan dicintai beberapa orang. Tiada diminta juga, tentu mereka akan mereferensikan usaha catering Anda.

5. Promosi dan pemasaran

Sesudah Anda memiliki beberapa beberapa konsumen setia, saat ini Anda dapat jadi besar usaha catering itu. Untuk bikin usaha Anda berjalan mulus dan ramai. Karena itu cara yang perlu Diambil yakni menyiapkan taktik marketing.

Itulah 5 konsep yang bisa kalian coba untuk memulai bisnis catering. Semoga bermanfaat. Terima kasih.