Aktivitas ceramah kemungkinan bukan hal yang asing kembali untuk Anda. Ya, ceramah ialah satu aktivitas selaku usaha untuk sampaikan satu pesan yang mempunyai arah untuk memberi saran, petuah, atau panduan ke beberapa pendengarnya secara lisan.

Dalam masalah ini pendengarnya dapat berarti luas, dimulai dari warga, atau publik umum. Aktivitas ceramah umumnya dikatakan oleh beberapa orang yang mempunyai pengetahuan agama yang banyak.

Nah, untuk Anda yang pengin belajar ceramah, tentu saja Anda memerlukan contoh text ceramah supaya lebih mempermudah proses ceramah yang dikerjakan. Di bawah ini ialah contoh-contoh teks ceramah yang dilansir dari pendidikanpedia yang dapat Anda buat jadi rujukan dan dengan temannya.

4 Teks Ceramah yang Bisa Dijadikan Ide

1. Teks Ceramah Tentang Sabar

Untuk Anda yang pengin mengusung ceramah dengan topik sabar, tentu saja kita sudah mengetahui jika yang bernama sabar sebuah amalan yang paling gampang untuk disampaikan tetapi benar-benar susah untuk dikerjakan.

Ya, kata sabar mempunyai arti yang besar sekali dalam satu kehidupan. Contoh text ceramah ini dapat Anda berikan di majelis-majelis atau acara pengajian kelas baik di mushola atau acara keagamaan.

2. Teks Ceramah Tentang Sholat

Bila di atas telah diulas mengenai contoh text ceramah mengenai sabar, karena itu kesempatan ini akan diberi contoh ceramah mengenai solat. Solat ialah tiang agama, karenanya solat sangat penting dan hal yang paling penting untuk seorang muslim.

Karenanya, memberi ceramah mengenai solat ialah hal yang paling bagus untuk dikatakan.

3. Teks Ceramah Tentang Pentingnya Sebuah Pendidikan Moral

Pengajaran kepribadian satu warga sekarang ini sangat penting. Bahkan juga, sekarang ini pengajaran kepribadian jadi selaku parameter perkembangan satu bangsa. Saat satu bangsa mempunyai kepribadian yang bagus, karena itu kehidupan bangsa itu akan baik.

Karenanya, pengajaran kepribadian itu sangat penting, khususnya untuk beberapa angkatan muda. Nah, karenanya, Anda dapat mengusung ceramah mengenai keutamaan pengajaran kepribadian.

4. Teks Ceramah Tentang Narkoba

Narkoba menjadi momok untuk bangsa Indonesia atau bangsa di dunia. Selaku angkatan muda, tentu saja telah sepantasnya kita perduli dengan permasalahan narkoba ini. Bahkan juga, semestinya kita melawan narkoba lebih dari siapa saja untuk selamatkan angkatan muda di bangsa ini.

Ceramah mengenai narkoba ini dapat dikatakan di beberapa sekolah. Ingat sekolah sebuah tempat berkumpulnya angkatan muda.

Contoh-contoh teks ceramah di atas dapat Anda buat jadi ide saat Anda harus jadi pembicara dalam satu acara dan memberi ceramah. Ada beberapa topik yang dapat diangkat bagus di dalam hal agama atau dalam sektor umum yang tentu saja memberi banyak faedah untuk yang dengarnya.

Karena, hakekatnya ceramah ialah memberi saran dan petuah ke seseorang untuk bertambah lebih baik. Bila ini sukses, karena itu Anda yang akan memperoleh pahala dari Allah sebab telah menebarkan kebaikan dari muka bumi ini.