Apakah yang kamu pikirkan saat pertama-tama dengar ucap Gresik? Semen? Ya, Gresik benar-benar diketahui selaku kota tempat pabrik semen besar di Indonesia. Posisinya tidak jauh dari Surabaya. Cuman 45 menit mengemudi, kamu bisa sampai di pusat Kota Gresik.

Dari sisi diketahui dengan kota pemroduksi semen, Gresik rupanya mempunyai beberapa tempat rekreasi yang memikat lho. Dengan topography bukit-bukit di tepi pantai, pemandangan alam Gresik tidak kalah dari kota lain di Indonesia. Inilah 11 tempat rekreasi di Gresik yang dapat kamu datangi.

1. Bertandang Ke Negeri Dongeng, Bukit Jamur

Di Gresik rupanya ada bukit yang memiliki bentuk serupa jamur lho. Bukit ini rupanya adalah sisa galian kapur yang sudah ditinggal. Karena pengikisan alami, batuan di daerah ini juga pada akhirnya tercipta seperti kelompok jamur. Saat yang pas untuk bertandang kesini ialah pagi atau sore hari saat panas matahari cukup berteman.

Cukup dengan 10,000 IDR kamu bebas berkeliling-keliling tempat bukit-bukit. Ada di Bukit Jamur ini akan memberi pengalaman berpetualang di negeri dongeng. Pas buat kamu yang suka berpose.

2. Sejuknya Oase Kota Gresik, Telaga Ngipik

Siapa sich yang tidak senang berekreasi ke satu telaga? Apa lagi telaganya sejuk serta asri seperti pada Telaga Ngipik. Tempat rekreasi di Gresik yang ini seakan jadi oase panasnya cuaca yang menimpa. Rimbunnya pohon-pohon dan bermacam tanaman jadi peneduh yang dapat mendinginkan otak serta pemikiran. Apalagi dengan keadaan tenang air telaga yang jernih.

Sarana yang ada untuk beberapa pelancong di Telaga Ngipik juga komplet, dimulai dari kamar kecil sampai tempat untuk belanja. Kamu bahkan juga dapat berkeliling-keliling telaga dengan sewa perahu atau memakai sepeda air. Ditanggung kamu akan kerasan begitu lama di sini.

3. Keelokan Bukit Kapur Sekapuk Yang Fantastis

Berlainan dengan Bukit Jamur yang telah ditinggal sama beberapa penambang. Di Bukit Kapur kamu masih dapat menyaksikan beberapa kegiatan beberapa penambang. Bukit ini jadi salah satunya tempat rekreasi di Gresik yang banyak disukai pelancong. Hadirlah di siang hari untuk menghindar truk-truk penambang yang berakhir-lalang.

Warna putih yang eksotis serta wujud bukitnya yang istimewa akan memperingatkanmu ke Bukit Jaddih di Madura yang populer. Di sini, kamu tidak kekurangan spot photo sebab tempatnya yang luas dengan bermacam jenis wujud bukitnya yang mempesona.

4. Santai Nikmati Alam Di Mangrove Ujungpangkah

Selaku kota yang ada di pesisir pantai utara Pulau Jawa, Gresik punyai rimba mangrove yang tidak kalah memikat – Mangrove Ujungpangkah. Di sini kamu dapat beri kesegaran pemikiran sambil telusuri rimba mangrove.

Bila mujur, kamu dapat menyaksikan kelompok burung yang menempati di dahan mangrove. Untuk dapat melingkari Rimba Mangrove Ujungpangkah ada perahu motor yang siap dicarter.

5. Rekreasi Hebat Meningkatkan Adrenalin, Bukit Larangan

Bukit Larangan benar-benar populer dengan narasi mistis serta mengerikan yang membuat orang takut untuk bertandang ke sana. Tetapi, siapa kira jika Bukit Larangan mempunyai pemandangan panorama yang cantik.

Tempat rekreasi di Gresik yang ini pas buat kamu yang menyenangi rintangan. Selain fasilitas prasarana yang belum komplet, kamu harus juga lakukan trackking dengan pojok kemiringan sampai 45 derajat. Wow.

6. Rekreasi Sekalian Berpose Riang Di Rekreasi Alam Gosari

Rekreasi Alam Gosari atau yang lebih diketahui dengan nama Wagos ini satu diantara tempat rekreasi di Gresik yang termasuk baru. Walau demikian, tempat ini lumayan ramai didatangi beberapa pelancong. Kamu bebas masuk keluar Wagos sebab tiketnya gratis. Kamu perlu keluarkan uang untuk parkirkan dimulai dari 3,000 IDR saja.

Di sini kamu tidak pernah jemu untuk berpose sebab banyak spot bagus yang instagramworthy. Dalam posisi Wagos kamu dapat juga mendapati tempat wisata Sendang Pancuran yang konon dapat mengobati beberapa penyakit lho.

7. Melihat Daerah Vintage Di Gresik, Daerah Paket

Nama Paket di daerah ini rupanya tersambung dengan satu marga di Gresik yakni marga Bungkus. Yang antik dari daerah ini ialah jejeran bangunan yang berpenampilan Eropa serta Cina.

Bila bertandang kesini, janganlah lupa sediakan cameramu untuk berpose di muka bangunan classic yang instagramworthy. Ditanggung membuat timeline instagrammu semakin canggih.

8. Antiknya Cagar Budaya Sunan Giri, Website Giri Kedaton

Giri Kedaton adalah salah satunya bangunan cagar budaya yang berada di Gresik. Website ini jadi spesial sebab posisinya yang ada di atas bukit serta bangunannya terbagi dalam 7 tingkat. Tempat ini dipercaya selaku salah satunya warisan ceramah Sunan Giri.

Walau sekarang cuman sisa beberapa puing-puing, tetapi panorama dari pucuk bangunannya benar-benar cantik. Apa lagi bila malam hari ada lentera yang menyengaja terpasang ke tangga ke arah puncaknya.

9. Island Hopping Ke Pulau Bawean, Tempat Penangkaran Rusa Yang Berteman

Pulau Bawean rupanya adalah sisi dari Kabupaten gresik lho. Pulau ini sangat populer dengan penangkaran rusanya. Selain itu banyak bermacam tempat wisata alam yang dapat kamu jumpai di sini. Salah satunya yang populer ialah Pantai Mombhul, Pantai Pulau Cina sampai air terjun yang memesona.

Untuk ke arah Pulau Bawean kamu dapat memakai kapal cepat dari Gresik dengan biaya dimulai dari 150,000 IDR per orang. Waktu pintas perjalanan lebih kurang 3,5 jam. Bila pengin bertambah cepat kamu dapat naik pesawat pelopor dari Surabaya dengan agenda penerbangan tiap Selasa serta kamis. Click di sini untuk info agenda penerbangan ke Pulau Bawean.

10. Snorkeling Asyik Di Pulau Gili Noko

Siapa ngomong tidak dapat snorkelling di Gresik? Kenyataannya, Gresik punyai pulau dengan batuan koral yang tidak kalah cantiknya yang berada di lain tempat. Untuk ke arah sini kamu perlu sewa perahu cepat dengan range harga 300,000 IDR dari Pulau Bawean. Perjalanan akan dilakukan lebih kurang 15 menit saja.

Kecuali snorkelling kamu dapat juga telusuri pantai pasir putihnya yang tidak kalah elok. Pulau Gili Noko akan membuat kamu lupa bila sedang ada di Gresik.

11. Nikmati Panorama Senja Di Pulau Noko Selayar

Tidak jauh dari Pulau Bawean ada kembali 1 pulau dengan keelokan alam yang mempesona. Namanya Pulau Noko Selayar. Jaraknya cuman 20 menit dari pulau Bawean memakai kapal motor cepat.

Di sini kamu akan mendapati bentangan pasir putih yang luas dan panorama pantai yang tiada batasan. Senja jadi saat yang jangan kamu terlewat bila bertandang kesini. Pulau Noko Selayar sendiri adalah pulau tidak berpenghuni. Walau demikian kamu selalu diperkenankan kemping serta menginap di sini. Hebat sekali, kan?

Nah, saat ini tidak bingung kembali kan ingin jalanan ke mana jika sedang di Kota Gresik? Pemandangan alamnya yang cantik dapat menjadi tempat untuk beri kesegaran jiwa serta pemikiran. Yok, berlibur ke Gresik.

x