Populer dengan website purbakalanya yang penuh bersejarah,jadikan Mojokerto selaku salah satunya tujuan rekreasi riwayat yang tidak bisa terlewati. Tetapi tidak itu saja saja yang dapat dicicipi di kota yang masuk ke Gerbang kertosusilo di Jawa Timur ini.

Tempat Rekreasi di Mojokerto.Agar lebih jelas, baca penjelasan beberapa tempat rekreasi di Mojokerto di bawah ini.

1. Website Trowulan

Saat jalanan ke Mojokerto, hal yang tidak bisa dilewati adalah berkunjung ke website purbakalanya yang berada di kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto. Di website ini minimal ada lebih dari 10 website purbakala warisan era kerajaan Majapahit.

Dari Candi Bajang Ratu, Candi Tikus, Kolam Segaran, Gapura Wringin Lawang sampai pusara Putri Campa dapat Anda dapatkan di website monumental ini. Tidak sekedar hanya belajar mengenai riwayat masa lampau, tempat rekreasi di Mojokerto ini dapat juga jadi spot photo yang instagramable

Info:

Nama: Website Trowulan

Alamat: Kecamatan Trowulan, Kab. Mojokerto – Jawa Timur

2. Maha Vihara Mojopahit

Bila pengin menyaksikan megahnya patung Budha tidur saat ini tidak perlu repot ke Thailand, karena di Mojokerto ada juga serta tidak kalah istimewa, lho! Berada di dusun Bejijong, kecamatan Trowulan, patung Budha tidur ini berada di tempat satu vihara namanya Maha Vihara Mojopahit.

Dibuat di atas tempat selebar 20 hektar, vihara ini mempunyai bangunan penting dengan style arsitektur Jawa serta atap bangunan berupa Joglo. Yang memikat pada vihara itu serta sekarang jadi simbol rekreasi di Mojokerto adalah sebab Patung Budha tidurnya yang di sebut-sebut jadi salah satunya yang termegah di Asia Tenggara kecuali yang berada di Nepal serta Thailand.

Info:

Nama: Maha Vihara Mojopahit

Alamat: Dusun Bejijong, Kec. Trowulan, Kab. Mojokerto – Jawa Timur

Jam membuka: 06.00 – 17.00 WIB

3. Gunung Penanggungan

Tempat rekreasi di Mojokerto yang seterusnya ini cukup antik sebab masuk ke 2 daerah, beberapa masuk kabupaten Mojokerto serta sebagiannya kembali masuk daerah kabupaten Psuruan. Tujuan ini adalah Gunung Penanggungan yang disebut selaku miniaturnya Gunung Semeru.

Karena dibagian pucuk gunung Penanggungan ada bentangan pasir bebatuan yang lumayan luas, sama seperti di Gunung Semeru. Mempunyai ketinggian 1.653 mtr. di permukaan laut, gunung ini termasuk cukuplah sedang serta pas untuk pendaki pemula yang baru belajar mendaki.

Untuk menelusuri keelokan gunung ini lewat Mojokerto, minimal ada 4 jalan pendakian yang dapat dilewati, yaitu lewat dusun Jolotundo, dusun Kedungundi, Tamiajeng dan dusun Ngoro.

Info:

Nama: Gunung Penanggungan

Alamat: Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Pasuruan – Jawa Timur

4. Musem Sanggar Gubug Wayang

Selaku kota yang mempunyai banyak warisan monumental, Mojokerto benar-benar penuh dengan tujuan memiliki nuansa riwayat. Seperti diantaranya Musem Sanggar Gubug Wayang ini misalkan yang akan membuat Anda kenal beberapa benda yang terkait dengan wayang.

Dimulai dari beberapa jenis wujud wayang, baik wayang kulit, wayang golek sampai wayang rumput serta wayang potehi dapat Anda dapatkan di sini, gamelan, keris, reog serta banyak lainnya. Berselfis dengan macam tipe wayang dapat juga jadi hal mengasyikan yang dapat di kerjakan di sini, lho.

Info:

Nama: Museum Sanggar Gubug Wayang

Alamat: Jl. R.A Kartini No.23, Kauman, Prajurit Kulon, Kauman, Prajurit Kulon, Mergelo, Kota Mojokerto – Jawa Timur

Jam membuka: 09.00 – 17.00 WIB (Selasa-Jum'at), 09.00 – 20.00 WIB (Sabtu-Minggu), Senin libur

5. Air Terjun Coban Canggu

Berada di Dusun Padusan kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto, air terjun Coban Canggu menyuguhkan daya tarik yang lebih mempersejuk sebab ada di lereng Gunung Welirang. Keadaan alamnya juga demikian memesona dengan bentangan pohon-pohon hijau di sepanjang mata melihat, berbeda jauh waktu ada di kota Surabaya yang sesak penuh gedung tingkat serta kendaraan yang macet.

Dari tempat parkirkan ke posisi air terjun, Anda harus melalui turunan anak tangga yang cukup melelahkan. Di sejauh jalan ada banyak gazebo yang dapat dipakai untuk istirahat waktu mulai capek. Tapi semua langsung akan terbayarkan sekejap setelah tiba di posisi air terjun Coban Canggu ini. Air terjun dengan ketingian 70 sampai 80 mtr. ini nampak demikian memikat dengan keadaan alam instagramable.

Info:

Nama: Air Terjun Coban Canggu

Alamat: Pacet, Kabupaten Mojokerto – Jawa Timur

Jam membuka 08.00 – 16.00 WIB

Harga ticket: Rp 7.000,- (weekday), Rp 10.000,- (weekend)

6. Pacet Mini Park

Masih ada di daerah Pacet, ada lagi satu tempat rekreasi di Mojokerto yang harus didatangi waktu akhir minggu atau libur datang. Mengangkat ide one setop servis, Pacet Mini Park tawarkan bermacam sarana bagus yang akan menganakemaskan Anda waktu merencanakan berlibur ke Mojokerto.

Dimulai dari fasilitas outbond dengan bermacam opsi permainan seperti flying fox, Cross Conter, Bunmper Boat serta banyak lainnya. Lalu menelusuri tempat taman dengan naiki ATV, atau berekreasi kulineran di restoran apungnya. Bila berasa masih tidak cukup Anda pun habiskan malam di pondokan dengan sarana memikat. Semuanya dapat Anda cicipi cuman pada sebuah tempat saja, jadi tidak perlu ribet kemanapun.

Info:

Nama: Pacet Mini Park

Alamat: Jl. Raya Mojosari Pacet Km. 55, Warugunung, Pacet, Mojokerto, Jawa Timur

Jam membuka: 09.00 – 17.00 WIB

Harga ticket: Rp 10.000,-

7. Petirtaan Jolotundo

Berada di teritori kompleks Candi Jolotundo, Petirtaan Jolotundo jadi 1 tujuan bagus yang harus didatangi waktu jalanan ke Mojokerto. Diprediksikan taman pemandian ini sudah ada semenjak 997 masehi yang dipakai selaku tempat pemandian beberapa keluarga kerajaan Majapahit.

Kekhasan yang dipunyai tempat rekreasi di Mojokeryto ini adalah sebab mempunyai pancuran yang bertingkat, hal itu seperti memvisualisasikan nama Jolotundo tersebut yang bermakna pancuran bertingkat. Pasti ini bisa saja spot photo yang instagramable sekali buat diabadikan.

Disamping itu, daya tarik alam di seputar kolam pemandian ini juga eksotis karena terletak yang ada di lereng Gunung Bekal. Anda dapat juga coba kehebohan mandi di pemandian beberapa raja ini, lho. Tetapi tidak diperkenankan menggunakan sabun atau shampoo, cuman main air saja. terarik coba?

Info:

Nama: Petirtaan Jolotundo

Alamat: Dusun Seloliman, Trawas, Mojokerto – Jawa Timur

8. Air Terjun Dlundung

Masih disekitar Trawas, tempat rekreasi di Mojokerto ini dapat juga jadi tujuan bagus yang dapat didatangi waktu libur mendekati. Ada di kaki gunung Welirang, air terjun Dlundung tawarkan daya tarik yang tidak kalah asyik buat ditelusuri. Dengan ketinggian 14 mtr., air terjun ini mempunyai debet air yang tidak begitu deras sehingg aman bila pengin mencapainya lebih dekat.

Ada di teritori rimba lindung, di sini Anda tidak cuman dapat nikmati cantiknya air terjun alami ini tapi dapat juga habiskan waktu untuk kemping di alam terbuka. Benar-benar pengalaman yang mengagumkan untuk sesaat melepas diri dari kegiatan kota yang padat serta penuh hiruk pikuk.

Info:

Nama: Air Terjun Dlundung

Alamat: dusun Ketapanrame, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto – Jawa Timur

9. Duyung Trawas Hill

Berada di tengah-tengah rimba yang jauh dari keramaian, Duyung Trawas Hill menyediakan daya tarik alam yang sayang bila disia-siakan demikian saja. Mengangkat ide rekreasi keluarga, Anda akan disajikan berbagai aktivitas memikat dengan sarana yang mengasyikan untuk habiskan waktu berlibur.

Dari bermain air di kolam renang, kenal satwa di mini zoo-nya, seru-seruan di play ground serta tempat outbond yang menyenangkan, ditanggung waktu Anda serta keluarga akan habis tiada berasa. Bila telah senang, Anda dapat juga menelusuri air terjunnya yang beri kesegaran dengan arus yang cukup aman. Tidak jauh dari pintu masuk, Anda akan dituntun papan info bila pengin ke arah posisi air terjun bikinan ini.

Info:

Nama: Duyung Trawas Hill

Alamat: Jalan Raya Duyung Trawas Hill, Buntal, Duyung, Trawas, Mojokerto –Jawa Timur

Jam membuka: 08.00 – 17.00 WIB

Harga ticket: Rp 10.000,-

10. Rekreasi Dusun BMJ Mojopahit

Berada di kecamatan Dlanggu, tempat rekreasi di Mojokerto ini menyuguhkan serunya bermain di kolam renang serta beberapa jenis sarana outbond hebat. Disamping itu di dusun rekreasi ini ada daerah cokelat yang akan ajak Anda belajar membudidayakan tanam cokelat dan langkah pemrosesannya.

Jadi tidak sebatas main saja Anda dapat juga sekalian meningkatkan diri di tempat rekreasi yang ini, memikat kan?

Info:

Nama: Rekreasi Dusun BMJ Mojopahit

Alamat: Sudirman number No.2, Jlaget, Randugenengan, Dlanggu, Mojokerto – Jawa Timur

Jam membuka: 07.30 – 16.00 WIB

Nah itu barusan referensi tempat rekreasi di Mojokerto yang bisa saja pilihan untuk isi waktu berlibur. Walau populer dengan website purbakala warisan kerajaan Majapahit, kenyataannya Mojokeryo menyimpab banyak tujuan memikat buat dikunjungi bersama-sama keluarga. Mudah-mudahan berguna.