Jenis kayu untuk decking outdoor berlainan tipe dengan kayu untuk furniture secara umum. Apa beberapa jenis kayu yang pas untuk kebutuhan decking outdoor?

Banyak orang memakai kayu untuk lantai hunian atau perkantoran. Tidak cuma di tempat indoor, tempat outdoor juga banyak yang menggunakan material kayu untuk penutup lantai. Lantai kayu untuk outdoor atau decking outdoor ini dapat menambahkan nilai seni pada tempat rumah Anda. Decking outdoor dapat dipakai untuk halaman, podium atau yang ada di lingkungan luar rumah Anda.

Penggunaan material kayu sebagai bahan untuk flooring decking outdoor dapat memberikan kesan-kesan alami yang paling kuat. Bahan ini benar-benar pas untuk dipadukan dengan berbagai corak memiliki nuansa alam, misalkan batu alam, mebel dengan bahan kayu yang difinishing warna alami, marmer atau floral garden.

Tetapi, tidak semua tipe kayu dapat dipakai untuk decking outdoor ini. Seharusnya Anda pilih kayu yang tahan lama, tahan pada semua cuaca dan tahan pada serang jamur atau serangga. Anda perlu cermat pilih tipe kayu yang hendak dipakai untuk kebutuhan itu.

Keunggulan Memakai Decking Outdoor Berbahan Kayu

Apa keunggulan memakai bahan kayu untuk decking kayu outdoor? Berikut beberapa keunggulan decking dengan bahan kayu:

Performa yang lebih alami

Rumah yang menggunakan lantai kayu akan kelihatan lebih menawan, eksklusif dan alami. Lantai kayu fleksibel diaplikasikan pada banyak tipe rumah.

Memiliki dampak bagus untuk kesehatan

Kayu sanggup menyerap panas hingga permukaan kayu jadi lebih hangat. Keadaan hangat pada kayu memberi dampak positif untuk kesehatan.

Tingkat keawetan dan daya tahan yang baik

Dengan perawatan yang benar dan baik, lantai kayu bisa bertahan sampai 20 tahun. Salah satunya langkah perawatan yang bagus ialah dengan rutin melakukan re-coating tiap tiga bulan sekali.

Investasi jangka panjang

Selain bisa meningkatkan nilai seni sebuah bangunan atau property, lantai kayu dapat dikatakan sebagai investasi periode panjang karena bisa tingkatkan harga jual sebuah property. Nilai jual bangunan bahan kayu atau gabungan kayu akan berlainan dengan nilai jual bangunan yang bahan kesemuaannya berupa beton.

Perawatan Cukup Mudah

Membersihkan permukaan lantai kayu tidak sesusah yang dipikirkan, cukup hanya menggunakan penghisap debu dan sapu dengan bulu lembut untuk membersihkan rumah dari kotoran yang menimbun.

Mengenal Tipe Kayu Untuk Decking Outdoor yang Kuat pada Perubahan Cuaca

Lalu, tipe kayu seperti apa saja yang pas untuk dipakai di tempat outdoor yang notabene kerap terserang hujan dan cahaya matahari langsung? Umumnya kayu yang dipakai untuk kebutuhan outdoor ialah tipe kayu dengan ketahanan yang tinggi pada cuaca ekstem.

Kayu yang mempunyai detail itu, di antaranya.

Kayu Ulin

Siapa yang tidak paham kayu yang ini? Kayu yang biasa disebutkan kayu bulian atau kayu besi ini ialah kayu yang umum dipakai untuk decking. Kayu yang tidak disangsikan kembali kualitasnya ini masuk di 10 besar kayu keras di dunia.

Untuk tingkat keras kayu ulin ini, ada di kelas I. Karena sangat kerasnya, kayu ini tidak dapat dipaku langsung. Tetapi harus dibor terlebih dahulu untuk dapat menembus. Kayu ulin ini makin terkena air susunan kayunya akan makin padat.

Kayu Bengkirai

Kayu ini adalah tipe kayu yang dibuat dari Kalimantan. Kayu ini gampang diolah seperti diserut, dipotong, dibuat dan lain-lain. Oleh karenanya, banyak orang yang masukkan kayu bengkirai ini ke kelompok beberapa jenis kayu pertukangan.

Kayu bengkirai ini terhitung tipe kayu yang memiliki tingkat keawetan kelas I, II, III (bervariasi mungkin karena dikuasai oleh ketuaan kayu tersebut), dan tingkat kemampuannya, masuk ke kelas I , II. Kayu keras ini mempunyai tesktur yang sedikit kasar, tergantung pada umur kayunya. Warna kayu bengkirai umumnya kuning kecoklat-coklatan dengan warna lebih muda.

Kayu Merbau

Kayu yang memiliki kualitas di kelas nomor 1 ini tahan pada cuaca dan gempuran jamur. Warna kayunya coklat kemerahan dan kerap digunakan untuk lantai teras. Kayu ini mempunyai tingkat penyusutan yang rendah hingga saat dikeringkan penyusutannya tidak begitu menimbulkan cacat pada kayu.

Namun, kayu tipe ini bisa keluarkan getah merah jika terkena air, maka bila Anda ingin memasangkan decking kayu memakai kayu merbau sebaiknya ditaruh di tempat yang tidak sering terkena air.

Kayu Jati

Jenis kayu yang ini tidak diragukan kembali kemampuannya. Kayu jati ialah tipe kayu dengan tingkat keras nomor 1 dan tingkat keawetan nomor 1.

Salah satunya keunggulan dari kayu jati, selainnya dari tingkat keras dan keawetannya ialah corak substrat kayunya yang paling unik. Beberapa orang tertarik sama kayu jati karena keindahan substrat kayunya.

Kayu jati semakin banyak digunakan untuk keperluan mebel atau dinding kayu karena argumen keelokan dan keawetannya ini. Harga yang mahal jadi pemikiran tertentu ketika akan memakainya untuk keperluan decking outdoor.

Kayu Kruing

Tipe kayu yang memiliki struktur serupa dengan kayu merbau ini pas dipakai untuk keperluan decking outdoor. Kayu dengan tingkat kekerasan kelas II dan keawetan kelas III ini terang kurang bila dibanding dengan kayu jati.

Namun tidak boleh cemas, kayu kruing cukup andal untuk dipakai sebagai penutup lantai outdoor. Kayu kruing banyak diketemukan di tempat Jawa, Sumatera atau Kalimantan. Lantai kayu outdoor kruing lumayan diminati karena secara harga di bawah 4 kayu yang lain yang disebutkan di atas.