Sebagai ibu kota Negara Republik Indonesia, Jakarta memang mempunyai daya magnet tertentu. Walau semua memahami ongkos hidup di kota metropolitan yang repot dan padat ini tinggi sekali, tidak memepengaruhi niat dan kemauan beberapa urban legend untuk mengadu nasib. Rumah jadi hal yang terpenting untuk dipunyai. Ongkos hidup yang tinggi membuat beberapa pendatang ini harus memeras otak untuk dapat hidup di ibu-kota.

Bagi pelajar dan mahasiswa atau karyawan kontrak, umumnya mereka cenderung pilih sewa rumah. Bila ingin sewa, harga apartemen di Jakarta sekitar di antara 190.000 - 250.000 IDR per malam atau 4 - 16 juta /bulan. Harga ini tidak ramah kantong untuk mayoritas perantau, khususnya siswa dan mahasiswa. 

7. cara cari kostan murah dan nyaman di jakarta


Sebagai alternatif, mereka umumnya akan cari kontrak atau kost-kostan yang murah, tapi nyaman dihuni. Pada harga kos bervariatif di antara 950.000 - 3.500.000 IDR, Sahabat bisa sewa sebuah kost-kostan untuk satu bulan. Tambah murah dibanding apartemen, kan?

Nah, untuk mendapatkan kost jakarta yang murah, kamu harus memerhatikan informasi penting berikut:

1. Menentukan budget


Hal pertama yang harus dilaksanakan ialah tentukan bujet untuk sewa kos, karena murah itu relatif untuk beberapa orang. Beda hal jika membeli apartemen misalkan, karena itu kita dapat melunasinya dengan mencicil atau kontan. Sesudah tentukan bujet, baru Sahabat dapat selekasnya cari informasi sebanyaknya mengenai kos yang murah di Jakarta.

2. Melakukan survei


Di zaman digital saat ini, informasi mengenai kost-kostan murah di Jakarta benar-benar gampang didapat. Pemilik kos umumnya telah banyak yang memakai jasa web untuk mempromokan Kost-kostan mereka. Kunci sukses dari survey ini ialah tidak boleh malas membaca! Jala sebanyak-banyaknya info sebagai alternative opsi.

Setelah melakukan survey online, Sahabat harus lakukan survey lapangan atau memeriksa sexara langsung informasi yang sudah didapatkan untuk memperoleh kejelasan lokasi, fisik rumah, lingkungan, kemanan, kenyamanan, dan sarana yang disiapkan.

3. Fokus pada fasilitas


Ragan harga dan sarana yang ada jadi point utama untuk tentukan opsi, bergantung keperluan Sahabat. Bila ada yang tawarkan harga sewa sama dengan sarana yang lain, pilih yang memberi sarana lebih. Terutamanya untuk siswa mahasiswa, ketersedian wifi menjadi point untuk dipertimbangkan. Karena ini akan memudahkan dan memudahkan ongkos pengeluaran untuk kerjakan pekerjaan. Harga kos Jakarta Barat sekitar di antara 950.000 - 3.500.000 IDR /bulan, telah banyak yang mengikutkan WIFI sebagai sarana yang dapat Sahabat peroleh.

4. Jadilah mata-mata


Eits, mata-mata di sini tidak spionase ala-ala militer, ya. Tujuannya ialah Sahabat harus buka mata dan telinga lebar-lebar untuk memperoleh informasi sekitar harga sewa kos yang murah di Jakarta. Banyak pula pemilik kos yang tidak mengunggah informasi kost-kostan mereka di sosial media, mereka umumnya tempelkan dengan lebaran informasi di pintu gerbang, pagar, atau dinding luar rumah kos.

So, ketika sedang jalan ke mana saja, yakinkan mata Sahabat lebar terbuka untuk membaca dan tangkap informasi penting ini. Selainnya tempelkan dengan lebaran, iklan mulut ke dalam mulut umumnya jadi gelaran promo yang dapat dipercayai. Karena itu, selainnya buka mata, Sahabat harus juga memasangkan telinga tajam-tajam, supaya tidak ketinggalan up-date mengenai kost-kostan murah.

5. Pilih lokasi yang cukup jauh dari sekolah atau universitas


Biasanya, semakin kost-kostan itu dekati lokasi universitas, harga makin tidak teratasi. Yang harus diingat dalam tentukan lokasi ialah tidak boleh yang terlampau jauh dari universitas atau sekolah, yang membuat Sahabat justru boros di ongkos transport nanti. Mencari yang dapat dicapai dengan 1x jalur naik kendaraan atau dapat dilakukan dengan jalan kaki.

6. Cari partner


Dengan adanya mitra, Sahabat dapat tekan ongkos sewa kos tambah murah kembali, karena ongkos sewa dapat dijamin bersama atau mungkin patungan. Yang perlu jadi perhatian ialah, pilih mitra yang dapat dipercayai.

7. Cari kost-kostan yang pemiliknya meluluskan Sahabat untuk bawa perlengkapan masak sendiri, minimum rice cooker


Hal ini penting dilakukan untuk mengirit pos pengeluaran ongkos makan. Karena cukup banyak pemilik yang larang penyewanya untuk bawa peralatan lain dengam beragam argumen, kalaulah dipeebolehkan, umumnya dikenai ongkos tambahan.

Nah, semoga 7 langkah mencari kosan murah dan nyaman di Jakarta atas dapat berguna. Selamat datang di Jakarta.