Baru-baru ini penyedia fasilitas pembayaran digital internasional, PayPal, sempat mengalami pemblokiran karena belum mendaftarkan diri sebagai Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) di Indonesia. Meski demikian, Kementerian Komunikasi dan informatika (Kemenkominfo) telah mengakses akses PayPal untuk publik.

Namun ternyata, tak sekedar PayPal tersedia langkah lain untuk lakukan transaksi pembayaran digital berasal dari dan ke luar negeri. Berikut ini tiga alternatif platform untuk mengirim duwit ke luar negeri yang sudah portal-uang.com suguhkan 

Dompet-digital

 

1. Dompet digital (Google Wallet, Apple Pay, dan sebagainya.)

Semakin banyak aplikasi yang mempermudah pembayaran secara digital, dan banyak pengguna yang mengandalkan dompet digital untuk transaksi luar negeri. Beberapa yang paling kondang adalah Google Wallet dan Apple Pay. Platform Google Wallet udah ada di lebih dari 40 negara dan pengguna dapat melaksanakan transaksi digital melalui smartphone.
Sebagai dompet digital, Google Wallet berfungsi untuk menyimpan teliti kartu kredit/debit ataupun instrumen pembayaran lain yang kompatibel, sehingga pengguna dapat menentukan instrumen pembayaran yang di idamkan untuk tiap-tiap transaksi.

2. Bank (BCA Outward Remittance)

Bank-bank konvensional terhitung bisa memfasilitasi pengiriman duit dari dan ke luar negeri. Misalnya, BCA Outward Remittance melayani transfer valuta asing untuk 16 mata uang. Namun, cara ini mengharuskan pengguna untuk ke kantor cabang BCA, mengisi formulir, dan mengirimkan dana secara offline. Untuk mampu menerima dana di hari yang sama, BCA pun memberlakukan cut-off time yang berbeda-beda.

3. Remitansi Online (TopRemit)

Alternatif ketiga adalah melalui remitansi online layaknya Topremit. Pengguna bisa menggunakan platform ini dari aplikasi maupun website, dan uang bakal hingga ke rekening penerima mulai dari hitungan menit. Biaya transfer yang dibebankan Topremit berupa flat, sehingga tidak memberatkan pengirim dana.
“Kami sedia kan sarana pengiriman duit ke luar negeri yang cepat, murah, dan aman. Sejauh ini, Topremit sudah sukses menopang lebih berasal dari 150.000 pengguna untuk mengirimkan lebih dari Rp5 triliun ke luar negeri,” kata Hermanto, CEO & Co-Founder Topremit.

Pada bulan Oktober 2019, Topremit udah mendapatkan penghargaan dari Bank Indonesia sebagai “Penyedia Jasa Pengiriman Uang Terbaik 2019”. Topremit tawarkan cost sampai 87 % lebih terjangkau dibandingkan bersama biaya layanan pengiriman uang melalui metode konvensional. Perusahaan terhitung menanggung transparansi cost dan tarif, agar terkecuali transaksi pengiriman gagal, maka seluruh dana bakal dikembalikan ke pengirim tanpa potongan apapun.

“Layanan Transfer Internasional yang tersedia di aplikasi Topremit memudahkan pengguna didalam mengirimkan uang ke lebih dari 60 negara. Sejauh ini, tiga destinasi terpopuler untuk pengiriman duwit dari Indonesia adalah: Filipina, Malaysia, dan India. Untuk itu, Topremit berkomitmen untuk konsisten memperluas kolaborasi kami bersama para mitra di luar negeri, untuk mengakses jalur-jalur remitansi ke bermacam negara lain,” memahami Henry Wirawan, CMO Topremit.