Semenjak pertama kalinya dikeluarkan (2018), WhatsApp Business sering jadi bintang untuk aktor bisnis di Indonesia. Ini tidak terlepas dari kelebihan WhatsApp Business yang sudah menolong banyak konsumen setia untuk berbicara langsung dengan bisnis, tanpa ribet mengambil aplikasi yang lain.

Lantas apa sich ketidaksamaan WhatsApp Business dengan Messenger? Apa kekurangan dan kelebihan WhatsApp Business dan bagaimana cara membuat? Baca ulasan selengkapnya berikut:

Pengertian WhatsApp Business

WhatsApp Business ialah feature WhatsApp yang khusus direncanakan untuk keperluan pemilik bisnis. Feature ini mempermudah bisnis tersambung atau berbicara langsung dengan konsumen setia, hingga membuat pengalaman berbelanja yang kuat.

Kelebihan WhatsApp Business ialah memungkikan Anda untuk membikin daftar yang tampilkan produk dan service yang dijajakan, dan disokong feature mekanisasi yang bisa menyortir dan membalas pesan secara cepat. Oleh karenanya, kelebihan WA bisnis ini bisa digunakan sebagai service support dan sampaikan pernyataan penting ke konsumen setia.

WhatsApp mengeluarkan WhatsApp Business versus berbayar yakni WhatsApp Business API. Kelebihan WhatsApp berbayar ini mempermudah bisnis rasio menengah dan besar tersambung dengan konsumen setia lewat cara yang simpel, aman, dan reliabel.

WhatsApp API dapat secara mudah disambungkan dengan aplikasi yang lain digerakkan bisnis. Ini mempermudah bisnis mengurus tiap pesan dari konsumen setia dengan aplikasi pemasaran yang lain.

Perbedaan WhatsApp Business dan WhatsApp Business API

WhatsApp Business mempunyai versus up-grade yakni WhatsApp API. Ke-2 nya mempunyai ketidaksamaan berarti yaitu WhatsApp API bisa menyambungkan aplikasi pemasaran, baik dari basis yang serupa atau lintasi basis.

Berlainan dengan WhatsApp Business biasa yang tidak dapat diintegrasi atau diubah dengan feature hebat yang lain. Kelebihan WhatsApp API mempermudah bisnis menyesuaikan aplikasi WA dengan jalur kerja pada mekanisme lain dalam bisnis yang telah ada, seperti CRM (konsumen relationship manajemen) atau WhatsApp CRM. Berikut ketidaksamaan di antara WhatsApp Business dan WhatsApp Business API:

WhatsApp Business Biasa

  • Cuman dapat dipakai untuk 2 admin (1 HP dan 1 Netbook)
  • Penyelarasan dan simpan kisah chat manual
  • Simpan nomor dengan manual
  • Tidak dapat menyampaikan pesan blast
  • Jaringan terputus saat piranti khusus off-line
  • Tidak dapat diintegrasikan dengan aplikasi lain
  • Tidak ada contreng hijau

WhatsApp Business API

  • Jumlah admin tidak terbatas
  • Otomatis menyesuaikan dan simpan kisah chat
  • Nomor dan nama otomatis disimpan
  • Bisa menyampaikan pesan blast
  • Account WhatsApp selalu aktif sepanjang nomor masih aktif
  • Dapat integratif dengan aplikasi lain
  • Ada contreng hijau

Kelebihan WhatsApp Business

WhatsApp API sebagai versus terkini dari WhatsApp Business. Di mana WhatsApp API mempunyai feature tambahan yang hebat yang menolong bisnis memberinya pengalaman membahagiakan ke konsumen setia. Berikut kelebihan WhatsApp Business API yang bisa digunakan bisnis, salah satunya:

Menjalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

WhatsApp menolong bisnis berbicara secara individual dengan konsumen setia. Lewat feature Chatbot, bisnis sanggup memberi respon konsumen setia sepanjang 24/7 secara otomatis dan real time. Contreng hijau pada WhatsApp API membuat bisnis Anda lebih dipercayai kredibilitasnya. Ini membuat konsumen setia makin nyaman untuk berbicara kapan pun.

Pesan Lebih Cepat Dibaca

Hasil penelitian mengutarakan WhatsApp jadi basis pesan instant yang terbanyak didatangi di Indonesia yakni capai 85% dari 150 juta pemakai internet. Di mana sekitar 80% pesan dikirimkan lewat WhatsApp dibaca dalam 5 menit.

Sementara tiap pemakai rerata mengecek WhatsApp lebih dari 23 kali dalam satu hari. Ini sebagai cara efisien untuk bisnis untuk yang sampaikan info penting atau promo massal tetapi cepat sampai ke konsumen setia.

Menjamin Keamanan dan Privasi

Aplikasi WhatsApp diperlengkapi dengan mekanisme enkripsi end-to-end dan two-factor-authentication (2FA). Feature ini jamin keamanan identitas dan kisah pembicaraan baik konsumen setia atau bisnis Anda. Dengan demikian menghindar kebocoran data, konsumen setia semakin nyaman untuk berbicara.

Komunikasi Lebih Interaktif

WhatsApp sediakan beragam opsi untuk selalu merajut dengan konsumen setia misalkan lewat story, display picture dan status. Tiap pesan yang dikirim dari WhatsApp dapat diselipi gambar, video, document sampai sharing live location untuk mempermudah konsumen setia ketahui detil produk. Ini, membuat komunikasi bisnis lebih interaktif, tidak monoton seperti media yang lain.

Meningkatkan Pelayanan dan Penjualan

Feature Chatbot menolong bisnis memberi respon banyak konsumen setia sekalian dalam kurun waktu bersama, bahkan juga di luar jam operasional. WhatsApp API diperlengkapi feature blast atau bluk yang bisa digunakan sebagai media marketing efektif, dengan menyampaikan pesan tayangan ke banyak contact sekalian.

Dilengkapi dengan Laporan Analisis

WhatsApp API diperlengkapi feature dasbor report yang bakal tampilkan laporan analitis. Laporan itu dipakai mencari pembicaraan yang masuk, berapa cepat team memberi respon pembicaraan dan performa masing-masing agen. Ini mempermudah Anda dalam mengawasi semua kegiatan hubungan bisnis dengan konsumen setia secara real-time.

Mudah Diintegrasikan dengan Aplikasi Lain

WhatsApp API benar-benar fleksibel. Pasalnya API WhatsApp bisa secara mudah disambungkan dengan mekanisme yang dipunyai bisnis seperti aplikasi CRM. Dengan demikian, semua percakapan yang masuk bisa ditanggapi secara tepat oleh agen karena data konsumen setia terintegrasi dalam satu mekanisme.

Kekurangan WhatsApp Business

Selainnya kelebihan, WA bisnis API mempunyai sedikit kekurangan. Di mana kekurangan WhatsApp Business bukan hal fundamental yang bakal memengaruhi kegiatan bisnis Anda. Kekurangan WhatsApp Business API yang diartikan salah satunya seperti berikut:

Nama Account Abadi

Nama account WhatsApp API yang Anda daftarkan tidak dapat diganti untuk selama-lamanya. Info ini akan ada sesudah Anda mengambil aplikasi WhatsApp Business di Play Toko atau App Toko. Untuk menghindar kemauan mengganti nama dilain hari, seharusnya Anda betul-betul percaya jika nama yang diputuskan akan pas digunakan selanjutnya.

Perlu Menyediakan Nomor Khusus untuk WhatsApp Business

Pemakaian nomor untuk WhatsApp Business jangan sama dengan WhatsApp Messenger. Maknanya Anda harus mempunyai nomor berlainan dari yang dipakai untuk WhatsApp Messenger. Seharusnya pakai nomor baru khusus untuk WhatsApp Business. Dengan demikian baik WA Messenger atau Business bisa Anda pakai dalam satu piranti handphone.

Penyalahgunaan Data Pribadi

Kebocoran data mungkin terjadi pada WhatsApp. Di mana kekuatan ini ada selalu sepanjang ada pelaku yang tidak bertanggungjawab ingin manfaatkan basis yang terkenal. Tetapi faksi WhatsApp jamin jika basis pesan instant kepunyaannya benar-benar aman. Semua identitas dan pembicaraan cuman bisa disaksikan faksi yang berhubungan. Bahkan juga WhatsApp sendiri tidak bisa terhubung info itu.


Jika dilihat kekurangan WhatsApp Business di atas, tidak sesuai dengan kelebihan WA bisnis API yang bakal didapat bisnis. Hingga WhatsApp API benar-benar pas dipakai oleh beberapa pelaku bisnis untuk meningkatkan usahanya lebih bagus. Selain sebagai layanan konsumen, WhatsApp API dapat digunakan untuk media marketing efisien tingkatkan pemasaran.