Kalau bicarakan masalah Korea Selatan, apa yang pertama kalinya tebersit dalam benakmu? Tentu KDrama, KPop dan semua wujud tetek bengek hiruk-pikuk sibuknya perkotaan kekinian dan orang-orangnya yang selalu mengarah ke sana-sini. Tapi, tahu tidak sich, jika Korea Selatan tidak hanya masalah sibuknya kota Seoul, Busan atau romansa KDrama saja?

 Ada beberapa tempat perdesaan yang sebetulnya harus kamu datangi saat ada di Korea Selatan. Beberapa salah satunya, bahkan juga mengingatimu pada seri sinetron Hometown Cha Cha Cha. Dimanapun lokasi itu?

1. Jeonju

Jeonju adalah kota di Korea Selatan sisi barat. Wilayah ini dikenali karena Jeonju Hanok Heritage Village, sebuah tempat beberapa rumah tradisionil, beberapa toko kerajinan dan warung makanan. Di area pedesaaannya, ada Kuil Gyeonggijeon yang dibuat pada era ke-15 dan mempunyai foto raja-rajanya. Ada pula Museum Anggur Tradisionil Korea Jeonju yang memperlihatkan pembikinan anggur beras lokal pada beberapa pengunjung dusun. Omokdae dan Imokdae ialah paviliun bukit yang telah berumur beratus-ratus tahun dengan panorama memanjakan mata.

2. Namwon

Namwon adalah sebuah kota di Propinsi Jeolla Utara, Korea Selatan. Namwon memiliki jarak sekitaran 50 menit dari ibu-kota Propinsi Jeonju, yang memiliki jarak nyaris tiga jam dari Seoul. Bunga sah ciri khas Namwon ialah Royal Azalea dan burung ciri khas Namwon ialah burung layang-layang.

3. Taman Nasional Naejangsan

Taman Nasional Naejangsan berada di Provinsi Jeollabuk-do dan Jeollanam-do, Korea Selatan. Tempat ini diputuskan sebagai taman nasional kedelapan Korea Selatan di tahun 1971.

Taman Nasional Naejangsan dinamakan seperti gunung Naejangsan yang mempunyai tinggi 768 mtr.. Taman ini ialah rumah untuk keseluruhan 919 spesies tanaman dan 1.880 spesies hewan.

4. Damyang

Damyang ialah daerah yang berada di Jeollanam-do, Korea Selatan. Pariwisata ialah industri lokal khusus wilayah ini. Produk lokal yang populer ialah kerajinan barang bambu dan perkebunan strobery.

Jangan salah menyebutkan wilayah ini dengan Danyang, karena Danyang berada di timur Propinsi Chungcheong Utara.

5. Mokpo

Mokpo adalah sebuah kota di Propinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan, yang berada di ujung barat daya Semenanjung Korea, dekat sama Gunung Yudal. 

Mokpo mempunyai service kereta cepat berkecepatan tinggi ke Seoul dan sebagai terminal untuk beberapa rute feri yang layani beberapa pulau di Laut Kuning yang bersisihan dan Taman Maritim Nasional Dadohae.

6. Wolchulsan

Wolchulsan adalah gunung yang berada di Propinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan dan menghampar di ke-2 Kabupaten Gangjin dan Yeongam. Pada pucuknya, Cheonhwangbong pada ketinggian 808,7 mtr., menjadikan titik paling tinggi di Kabupaten Gangjin.

7. Desa Kereta Gokseong

Gokseong-gun, yang populer dengan dusun kereta, sudah dikenali karena selalu melangsungkan acara tahunan Festival Mawar Gokseong di Taman Mawar yang berada dalam kompleks dusun kereta. Banyak tipe mawar dari beragam penjuru dunia dipampang selama festival ini.

8. Gurye

Gurye ialah sebuah kabupaten di Propinsi Jeollanam-do, Korea Selatan. Gurye ialah kota pertanian kecil yang memanjakan mata yang berada antara Jirisan dan Sungai Seomjin.

9. Perkebunan Teh Boseong

Awalnya dikenali sebagai Daehan
Dawon, wilayah ini ialah perkebunan teh hijau terpopuler di Boseong, salah satunya arah perjalanan terkenal pada bagian selatan Korea Selatan dan sebagai salah satunya kebun teh paling tua.

Perkebunan teh hijau ini menjadi satu diantara seting dalam KDrama The Legend of the Blue Sea yang diperankan oleh Jun Ji-hyun dan Lee Min-ho.

Baca Juga : Nonton Drama Korea Sub Indo

10. Suncheon

Suncheon adalah sebuah kota di Propinsi Jeolla Selatan, Korea Selatan. Ini ialah kota industri dan pertanian yang memanjakan mata dengan komunitas sekitaran 250 ribu jiwa di dekat Teluk Suncheon. Berada di pojok tenggara Jeollanam-do, kota ini memiliki jarak lebih satu jam di samping tenggara Gwangju.

Itulah 10 perdesaan atau countryside Korea Selatan yang kemungkinan sedikit dijumpai orang. Kadang-kadang memanglah tidak ada kelirunya berlibur ke beberapa tempat yang tenang dan tidak begitu ramai, bukan ?