Kayu gaharu untuk beberapa orang dipercayai sebagai kayu ajaib yang dari surga. Karena sangat populer, kayu nusantara ini bahkan juga punyai harga fenomenal dan disukai sampai luar negeri. Tidaklah aneh jika bermacam negara seperti Saudi Arabia, Yaman, Singapura, Korea, sampai Jepang benar-benar meminatinya.

Karisma pohon gaharu ini searah dengan bermacam faedah yang dipunyainya. Mulai dari faedah kayu gaharu sebagai bahan kosmetik, shampo, minyak wangi, sampai dipercayai berguna untuk penyembuhan klinis dan mistik. Bermacam keunggulan itu membuat harga gaharu juga naik tinggi, bahkan juga, dapat capai beberapa ratus juta rupiah!

Disamping itu, ada banyak fakta-fakta yang lain masalah kayu surga ini. Ingin ketahui selanjutnya? Berikut tipandroid.com akan memberi beberapa fakta soal kayu gaharu yang wajib kalian ketahui:

 

1. Dianggap Sebagai Kayu dari Surga

Untuk warga penganut agama Islam, kayu gaharu dipercayai sebagai kayu suci yang dari surga. Ini sesuai Sabda Rasulullah dari Abi Hurairah Radliyalahu'anh dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori yang berbunyi:

"Golongan penghuni surga yang pertama kali masuk surga ialah berbentuk rupa bulan pada malam bulan purnama…(sampai ucapan beliau)…nyala perdupaan mereka adalah gaharu."

Imam Abul Yaman menerangkan jika gaharu yang diartikan adalah kayu gaharu.

 

2. Bernilai Ekonomi Tinggi

Dengan karakternya yang unik, dan bermacam macam faedah yang dikandungnya, tidak boleh bingung jika kayu gaharu berharga ekonomis tinggi. Menurut beberapa pembudidaya pohon gaharu, di pasar harga kayu ini per kilogramnya sangat mahal.

Rerata, harga kayu yang berupa gelondongan dan chip dapat capai beberapa ratus ribu rupiah per kilogramnya. Bahkan juga, untuk kayu berkualitas super, harga per kilogramnya dapat capai sampai Rp450 juta, lo!

 

3. Sebagai Bahan Baku Berkualitas Tinggi

Kualitas yang dipunyai kayu ini dan wewangian ciri khas yang ditimbulkannya membuat dipandang seperti bahan baku berkualitas tinggi. Mulai dari produsen kosmetik, shampo, sampai minyak wangi semua memakai gaharu sebagai bahan dasarnya.

Disamping itu, kayu pohon gaharu juga bagus untuk dipakai sebagai bahan bangunan atau perlengkapan interior rumah karena mempunyai karakter yang unik. Tidaklah aneh jika ketertarikan dan keinginan dari bermacam negara akan kayu ini selalu tinggi tiap tahunnya.

 

4. Memiliki Aroma Khas

Wewangian khas dari pohon gaharu ini berawal dari zat resin atau gabul yang dibuat oleh semacam mikroba khusus sejenis fusarium sp. Harum ciri khas itu membuat olahan gaharu kerap jadi semacam lilin wewangianterapi untuk rileksasi.

Sebenarnya, jika dibuat dengan alamiah resin gaharu baru dapat dibuat oleh pohon yang berumur 15 sampai 25 tahun saja. Tetapi, sekarang beberapa orang yang mengaplikasikan eksperimen genetik melalui proses inokulasi (suntik mikroba) supaya resinnya cepat berproduksi.

 

5. Semua Bagiannya Dapat Dimanfaatkan

Tidak cuman resin atau gubalnya saja yang dapat digunakan dari pohon ini karena rupanya semua sisi dari pohon gaharu dapat digunakan. Mulai dari resinnya, batangnya, sampai daunnya semua mempunyai manfaat dan faedahnya tertentu. Tangkai gaharu misalkan, dapat dibuat jadi minyak atsiri dan daunnya bisa juga diproses sebagai teh herbal yang paling bermanfaat.

 

6. Bermanfaat untuk Medis

Ini adalah salah satunya argumen paling besar mengapa beberapa orang memakai beberapa bagian dari pohon gaharu untuk bermacam arah. Ini karena faedah kayu gaharu secara klinis untuk kesehatan memang banyak.

Mulai dari penyakit enteng seperti mual dan stress sampai penyakit berat seperti tumor dan kanker semua dapat diobati dengan olahan gaharu. Sangat banyak dasarnya faedah pohon gaharu ini!

 

7. Sebagai Penangkal Jin dan Hal Mistis Lainnya

Paling akhir, warga Indonesia yakin jika pohon gaharu benar-benar baik untuk mencegah bermacam masalah mistik. Keyakinan akan faedah kayu gaharu ini berawal dari keyakinan berkenaan pohon gaharu yang dari surga.

Mereka juga yakini gaharu dapat dipakai untuk mencegah gempuran jin sampai menetralkan gempuran pengetahuan hitam atau teluh. Ingin tahu? Silahkan cobanya sendiri!

 

Nah, Itu barusan beberapa bukti unik mengenai kayu gaharu yang penting kalian kenali. Kecuali harga nya yang mahal, kayu ini rupanya benar-benar berguna untuk keperluan dunia medis. Mudah-mudahan tulisan ini berguna, terima kasih.