Perawatan air conditioner atau AC secara teratur bisa membuat masih tahan lama. AC yang keadaannya selalu sempurna membuat Anda berasa nyaman. Kecuali mempersejuk ruang, AC kurangi tingkat kelembapan. Selain itu, AC memperlancar perputaran udara dengan memfilter partikel seperti berbau dan tungau.

Nah, sama dengan perlengkapan elektronik yang lain, AC perlu dipiara dan diservis secara periodik untuk jaga performanya. Silahkan baca pembahasan dari Alifia Service Ac, mengapa menyervis AC itu penting, dan langkah mengenali waktu service yang tepat.

Pentingnya Menyervis AC

Memastikan AC Berfungsi dengan Baik

Anda perlu pastikan jika AC selalu berperan secara baik. Khususnya, peranan khusus AC sebagai pendingin ruang. Bila diservis dengan pas karena itu AC bekerja lebih maksimal, hingga bisa mempersejuk temperatur ruang. Pasti cukup mengusik bila AC tidak berperan dengan seharusnya saat temperatur ruang sedang panas.

Meningkatkan Kinerja AC

Teratur menyervis AC tingkatkan performa AC Anda. Bila dalam tiap tahun AC dipakai tetapi tidak diservis, karena itu performa AC akan turun sampai 5%. Jadi, bila dalam tiga tahun beruntun AC tidak diservis, performanya akan menyusut sampai 15%. Bila tidak selekasnya diservis, karena itu hal itu dapat mempersingkat umur AC.

Segera Mengatasi Masalah pada AC

Pembaruan AC secara reguler menolong mendapati dan menangani permasalahan yang terjadi. Masalah sekecil apa saja pada AC, bila didiamkan semakin lama menjadi permasalahan yang semakin besar kembali. Ongkos pembaruannya juga makin lebih mahal. Jadi, bisa lebih cepat menangani permasalahannya, akan lebih bagus faedahnya untuk AC Anda.

Waktu untuk Melakukan Service AC

Servis Secara Berkala

Menurut pakar mesin pemanas dan pendingin seperti AC, bila tidak ada pertanda kerusakan pada AC, karena itu minimal kerjakan pengujian dan service 1x dalam satu tahun. Ini untuk pastikan AC berperan secara optimal. Jadi, AC dapat mempersejuk ruang rumah atau kantor kapan saja dibutuhkan.

Dampak AC yang tidak Pernah Diservis

Saat mesin bekerja, AC condong mengakibatkan debu dan kotoran menimbun pada bagian penting, seperti penyaring udara dan kondensor AC. Bila tidak dibikin bersih, performa AC bisa menyusut sampai 5%. Hal itu membuat AC tidak dapat mempersejuk ruang sampai temperaturnya dingin optimal, seperti saat body AC bersih.

Mencuci Kondensor AC Secara Berkala

Kondensor adalah elemen AC yang berperan buang kotoran dan debu yang sudah diserap oleh refrigan lewat evaporator. Kondensor yang kotor merintangi udara melalui, hingga temperaturnya naik terus. Saat AC mulai berasa tidak dapat mendinginkan dengan maksimal, karena itu waktunya service AC dengan membersihkan kondensor.

Mengubah Filter AC Setiap Bulan

AC perlu memperoleh pergantian filter secara teratur. Service itu ialah perawatan AC paling minimum yang bisa Anda kerjakan. Anda perlu menukar filter AC minimal minimum 1x, tiap 30 hari atau sebulan.

Menyervis AC Saat Mesin Berbunyi

Saat Anda hidupkan AC dan kedengar suara yang tidak biasa dari mesinnya, karenanya bermakna ada yang sisi mesin yang memiliki masalah. Selain itu, bila AC tidak bisa hasilkan saluran udara yang dingin, karena itu waktunya Anda panggil tukang service AC untuk melakukan perbaikan.

Bila Anda mengetahui bahwa unit AC di dalam rumah atau kantor Anda perlu diperbarui atau ditukar, jadi tidak perlu cemas. Gunakan service dari Alifia Service Ac untuk service AC Anda. Alifia Servis Ac siap lakukan pembaruan atau pergantian AC kapan saja Anda memerlukannya.