Tidak komplet rasa-rasanya jika berekreasi ke Jawa tengah tiada singgah ke Kota Semarang. Kota yang dikasih panggilan Venetie van Java (Venesia di Pulau Jawa) ini bukan hanya tawarkan keberagaman tujuan rekreasi yang memikat, dan juga makanan ciri khas yang akan membuat kamu tidak berhasil diet. Tidaklah aneh bila di tahun 2015, Semarang dikukuhkan selaku satu diantara tujuan rekreasi kulineran favorit sama Kementrian Pariwisata.

Beberapa jenis makanan buatan ayam, sapi, serta ikan dengan cita-rasa yang unik bisa dengan gampang kamu jumpai tiap pojok kota Semarang. Beberapa salah satunya adalah kulineran legendaris yang sudah berdiri semenjak tahun 1940an. Ingin tahu dengan makanan ciri khas apa yang harus kamu coba waktu bertandang ke Semarang? Di bawah ini daftarnya!

1. Olahan Babat yang Sedap – Nasi Goreng Babat serta Babat Tumis

Babat adalah satu diantara sisi dari dalaman sapi yang jadi banyak olahan makanan di Indonesia, diantaranya ialah nasi goreng babat serta babat tumis ciri khas Semarang ini. Warung Pak Sukarmin adalah satu diantara yang paling tua di Semarang. Dibuka semenjak tahun 1971, warung simpel Pak Karmin ini terus laku diserang pengunjung. Di sini, babat diproses dengan tehnik spesial hingga tidak akan bau saat dihidangkan. Babat Pak Karmin populer empuk serta renyah karena bumbu rahasia yang diturunkan dari orang tuanya.

Posisi: Jl Pemuda (dekat Jembatan Berok), Semarang (cabang Telaga Mas serta Jl Gadjah Mada)

Harga: Dimulai dari 20,000 IDR per jatah

2. Kulineran Ayam Daerah Maknyus – Nasi Ayam

Bila di Jogja ada nasi gudeg, di Solo ada nasi liwet karena itu di Semarang ada nasi ayam. Nasi dengan kuah kuning opor ini diperlengkapi sayur labu yang manis, suwiran ayam daerah dan telur, tahu serta krecek berbumbu ciri khas. Kamu juga dapat memutuskan tambahan lauk seperti sate telur, sate usus, serta sisi lain dari ayam seperti dada, paha serta sayap. Bumbu santan serta rempahnya membuat nasi ayam ini jadi renyah serta tidak terelakkan kesedapannya.

Untuk nikmati sajian spesial ini,langsung ke arah depot makan Nasi Ayam Bu Wido yang membuka start pukul 17.00 sampai 23.00 WIB sehari-harinya.

Posisi: Jl Melati Selatan, Brumbungan,Semarang

Harga: Mulai 10,000 IDR per jatah (tiada tambahan lauk)

3. Gurihnya Kulineran Bumbu Petis – Tahu Gimbal

Mengingat status Semarang yang terdapat di pesisir utara Jawa, tidak komplet rasa-rasanya bila tidak mencicip makanan berbumbu petis seperti pada Surabaya, Lamongan serta Tuban. Di Semarang, makanan dengan bumbu petis yang populer ialah tahu gimbal.

Tahu gimbal berisi potongan lontong, bakwan udang (gimbal), potongan kol serta tauge yang disiram dengan sauce kacang berbumbu petis. Rasa-rasanya adalah kombinasi di antara manis, renyah serta asin yang nikmat. Tahu Gimbal Pak Edi adalah satu diantara tempat referensi untuk coba kulineran ciri khas Semarang ini.

Posisi: Jl Mentri Supeno, Mugassari, Semarang (samping kantor Gubernur)

Harga: 14,000 IDR per jatah

4. Enaknya Sajian Olahan Burung – Burung Belibis

Olahan bebek serta ayam goreng menjadi hal yang wajar didapati di rekreasi kulineran beberapa kota di Indonesia. Tetapi sudah pernahkah kamu mendengan mengenai sajian olahan burung? Di Warung Pak No ini kamu dapat mendapati beberapa jenis olahan burung, diantaranya ialah burung belibis.

Dengan struktur tidak jauh lain dengan ayam, tetapi lebih empuk sebab dibuat dengan api yang kecil dalam waktu lama. Bumbunya juga beragam bisa diputuskan sesuai dengan selera yang kamu kehendaki.

Posisi: Jl Sawojajar I no.44 Semarang

Harga: Dimulai dari 25,000 IDR per jatah/ per ekor

5. Kulineran Kuah Lezat serta Fresh – Nasi Pindang

Pindang di sejumlah wilayah adalah nama semacam ikan. Berlainan dengan di Semarang, nasi pindang adalah masakan daging sapi yang digabungkan dengan kuah rempah kluwek serta daun melinjo. Dengan performa, nasi pindang nyaris serupa seperti rawon di Jawa Timur, tetapi tidak begitu pekat serta lebih berasa fresh.

Warung Pak Ndut yang menyediakan sajian ciri khas Semarang ini termasuk juga yang menjadi legenda sebab sudah berdiri semenjak tahun 1973 serta sudah turun temurun diturunkan sampai angkatan ke-4. Dibuka tiap hari start pukul 07.00 sampai 15.00 WIB, nasi pindang Pak Ndut terus habis diserang konsumen. Jadi jika ingin coba, jangan tiba begitu terlambat ya!

Posisi: Jl Stadion Selatan (depan Tubuh Kepegawaian Wilayah), Karangkidul, Semarang

Harga: 11,000 IDR per jatah

6. Kulineran Olahan Kambing Spesial – Sate Bungkus serta Pepes Opor

Beberapa pencinta kambing harus singgah ke rumah makan olahan kambing yang telah berdiri semenjak tahun 1945 Sate serta Gule Kambing 29. Banyak menu variasi yang dijajakan sama rumah makan ahli kambing ini, seperti sate bungkus serta pepes olor. Sate bungkus adalah hidangan daging kambing cacah berbumbu yang dibalut dengan gajih tipis lalu dibakar seperti sate. Jika dipikirkan saja telah membuat ngiler ya. Sedang pepes olor dibuat dari sumsum tulang belakang (olor) yang dibuat seperti pepes. Sedap serta tentu saja lebih sehat.

Posisi: Jl Letnan Jend. Suprapto no.29,Purwodinatan, Semarang

Harga: Gule dimulai dari 30,000 IDR per jatah, Sate mulai 50,000 IDR per jatah

7. Memburu Kulineran Hangat – Wedang Tahu

Kulineran antik ini benar-benar cocok buat kamu yang tengah memburu minuman hangat serta beri kesegaran. Wedang tahu dibuat dari kombinasi gula jawa, jahe serta kembang tahu yang dari sari kedelai. Rasa dari wedang tahu ini condong manis serta memiliki sifat menghangatkan.

Disamping itu, wedang tahu dipercayai berguna untuk kesehatan seperti memperlancar ASI, turunkan tekanan darah tinggi, melakukan perbaikan metabolisme, serta turunkan cholesterol dan tidak membuat kantong bolong sebab harga benar-benar dapat dijangkau! Cus langsung ke arah Wedang Tahu Pak Pardi untuk menikmatinya.

Posisi: Depan Swiss House Ngaliyan Semarang

Harga: 6,000 IDR

8. Lezatnya Makanan Ciri khas Semarang – Nasi Gandul

Walau sebenarnya kulineran ini berawal dari kota Pati, tapi rasa-rasanya yang mengagumkan sudah membuat sajian nasi gandul menebar ke beberapa kota lain terhitung Semarang. Dengan performa, nasi gandul ini serupa dengan nasi yang dikasih kuah gulai sapi. Tetapi dengan rasa yang lain.

Kuah gulai yang disebutkan kuah gandul ini disiramkan ke nasi panas serta dihidangkan dengan lauk opsi yang disiapkan seperti babat, ati, paru serta lidah. Rasakan sendiri bedanya di dalam rumah makan Nasi Gandul Pak Memed saat bertandang ke Semarang.

Posisi: Jl Dr Cipto no 12, Kebonagung, Semarang

Harga: 15,000 IDR per jatah (lauk daging)

9. Nikmati Kulineran Pedas Semarang – Mangut Welut

Belut adalah hewan air tawar yang mempunyai kandung protein lumayan tinggi. Disamping itu, belut populer dengan rasa-rasanya yang renyah apa lagi bila dimasak sampai kering. Mangut ikan air tawar kemungkinan seringkali kita temui, tetapi mangut welut jadi makanan ciri khas semarang tidak dapat kita temui di sembarangan tempat.

WM Welut Bu Nasimah ini sudah mendatangkan menu mangut welut semenjak tahun 1985 serta jadi bintang tertentu untuk konsumen setiaya. Rasa renyah belut dipadukan dengan kuah mangut yang fresh serta pedas membuat gabungan kulineran yang antik serta tentu membuat kamu suka.

Posisi: Jl Kyai Saleh no.10 Semarang

Harga: Dimulai dari 10,000 IDR (per jatah mangut welut)

10. Kulineran Baru Semarang – Sate Kalak

Kulineran ini adalah kulineran ciri khas Semarang yang relatif baru. Sate Kalak memiliki bahan landasan ayam walau tentu saja bukan seperti sate ayam biasa. Sate Kalak mempunyai rasa rempah yang antik serta menjadi macam kulineran tertentu buat kamu yang kerap bertandang ke Semarang.

Cuman ada 1 rumah makan yang menyediakan sate kalak, yakni Grill On Semarang. Grill On sekalian mengolah bumbu spesial sate kalak yang cuman ada 1 di Indonesia.

Posisi: Jl Sisingamangaraja no.27, Semarang

Harga: Dimulai dari 24,000 IDR (per jatah)

11. Kulineran Vegetarian – Mie Kopyok

Penampilan mie kopyok sepintas akan memperingatkan kita untuk mie kocok Bandung. Tetapi, mie kopyok ini dibikin tiada benar-benar memakai masakan daging. Kuah mie dibuat dari kaldu rempah rempah. Sedang isiannya berbentuk potongan lontong, potongan tahu pong, daun seledri, tauge serta kerupuk remah dari kerak (gendar).

Hidangan simpel berikut sebagai keunikan mie kopyok, 100 % nabati, pas untuk kamu yang memutuskan gaya hidup vegan. Walau simpel, tetapi mie kopyok selalu sedap di lidah apa lagi mie nya benar-benar halus tetapi kenyal. Buat kamu beberapa vegetarian,langsung ke arah Mie Kopyok Pak Dhuwur untuk cobanya ya!

Posisi: Jl Tanjung, Jl Kyai Saleh, Jl Pelopor Kemerdekaan Banyumanik, Semarang

Harga: Dimulai dari 10,000 IDR

12. Memburu Makanan Fresh Berkuah – Soto Serta Ayam Goreng Bangkong

Bangkong sebetulnya adalah nama lain dari katak (swike), tetapi jangan salah, di sini kamu tidak mendapati katak didalamnya. Soto Bangkong diberi nama begitu sebab posisinya yang bersisihan dengan kantor pos Bangkong.

Hidangan penting Warung Soto serta Ayam Goreng Bangkong ini ialah soto ayam dengan kuah kecoklaktan yang unik atau yang akrab disebutkan soto bangkong. Di sini, soto dihidangkan dengan lauk pendamping seperti perkedel, sate telur burung puyuh, tempe serta sate kerang. Kuahnya yang fresh serta panas membuat nafsu makan jadi makin tidak tertahannya.

Posisi: Jl Bridgen Katamso no.1 (Kantor Pos Bangkong)

Harga: Dimulai dari 13,000 IDR (per jatah tiada lauk tambahan)

Itu barusan 12 daftar makanan ciri khas Semarang yang dapat kamu buat jadi rujukan rekreasi kulineranmu selanjutnya. Selamat mempraktikkan serta selalu menjaga kesehatan ya sebab rekreasi kulineran lainnya masih menunggumu!