Kulineran serta tempat rekreasi itu tidak dapat dipisah demikian saja, 2 hal tersebut jadi satu daya magnet yang sama membuat satu tempat jadi populer. Banyuwangi yang ada di ujung Propinsi Jawa Timur mempunyai 2 magnet itu. Kulinerannya memikat serta tempat wisatanya elok. Disamping itu, posisinya yang dekat sama Bali sering dilalui pelancong dari Pulau Jawa yang pengin menghadiri Tanah Dewata.

Sebelumnya meneruskan perjalanan jauh, tidak ada kelirunya untuk singgah serta nikmati apa yang nikmat di situ. Kesempatan ini Travelingyuk akan membahas mengenai makanan sedap dan unik yang menjadi unggulan wilayah asal Tari Gandrung itu.

1. Pecel Pitik

Pecel Pitik satu diantara makanan ciri khas Banyuwangi yang kerap dicari sama beberapa pelancong. Kamu dapat mendapati penjulannya di Dusun Kemiren, wilayah sebagai rumah warga Suku Osing asli Banyuwangi. Warga di situ masih memakai langkah mengolah yang sesuai adat turun-temurun, terhitung dalam memproses menu pecel pitik ini. Umumnya makanan ini dibikin untuk kebutuhan tradisi yakni berbentuk ayam daerah yang diurap dengan bumbu serta parutan kelapa. Daging ayam lebih dulu disuwir-suwir selanjutnya kelapa yang dipakai pun tidak dibuat. Dalam kata lain, diurap mentah-mentah dengan bumbu.

Posisi : Dusun Kemiren, Kecamatan Glagah, Banyuwangi

2. Sego Cawuk

Sego Cawuk ini tidak bisa kamu terlewat bila tiba ke Banyuwangi. Harus singgah di lidah, agar kamu paham.kamu mengerti bagaimana kesedapannya. Menunya berbentuk gabungan di antara nasi serta kuah, selanjutnya ditambahkan dengan parutan kelapa. Kekhasan kulineran ini terdapat untuk kuahnya yang dibikin dengan bumbu-bumbu opsi. Disamping itu ada pula tambahan lauk seperti dendeng, telur, pepes ikan dan lain-lain. Bisanya 1 jatah Sego Cawuk dapat kamu tebus pada harga Rp6.000, itu belum terhitung tambahan lauknya ya!

Posisi : Sego Cawuk Bu Mantih, Jln. Top Hasyim, seputar 500 mtr. dari Stasiun Rogojampi

3. Sego Tempong

Tempong ini rupanya ini berarti tampar. Jadi bersiap ya waktu makan kulineran di warung Mbok Wah ini, rasa-rasanya betul-betul nampar bin nampol alias nikmat. Bila kamu orang Banyuwangi tetapi belum nyoba kulineran ini, pantas sayang sekali. Warung Mbok wah telah populer sejak dahulu serta ramai didatangi customer sehari-harinya. Mereka pengin mencicip wewangian serta rasa dari ikan-ikan goreng serta olahan lain seperti kepiting serta cumi. 1 jatahnya dipandang Rp7000, itu dapat nasi putih serta lauk berbentuk sayur rebus, ikan asin, serta 3 ekor teri jengki komplet dengan sambalnya.

Posisi : Jln. Gembrung no. 220, Banyuwangi

4. Rujak Soto

Bila dilihat orang Banyuwangi itu kelihatannya senang mengombinasikan 2 menu jadi sajian yang oke serta cocok. Misalnya ialah rujak soto ini, 2 menu yang sebetulnya berlainan sekali. Yang 1 tidak berkuah serta yang lain dihidangkan dengan kuah. Nah untuk cobanya, kamu dapat tiba ke warung simpel yang terdapat di tepi jalan Punya Mbok Mbret. Langkah pembikinannya seperti rujak biasanya. Nah sesudah bahan tercampur semuanya dengan bumbu rujak, tinggal disiram dengan kuah soto yang berisi daging, babat, telur puyuh. 1 jatah rujak Soto dipandang seputar Rp20.000.

Posisi : Samping sisa bangunan bioskop Sylva di teritori Benculuk, Cluring, Kabupaten Banyuwangi.

5. Sego Bungkus Bu Poer

Rindu dengan makanan rumah yang ramah di lidah? Tiba saja ke Warung Bu Poer. Tempat ini menyediakan menu nasi bungkus dengan beberapa lauk opsi. Ingin nasi putih, nasi jagung, nasi kuning sampai nasi merah juga ada. Sedang untuk pendampingnya, ada orak-arik, ayam goreng, olahan ikan dan gudeg. Nasi bungkusnya tidak harus dibawa pulang kok, juga bisa dikonsumsi dalam tempat. 1 jatah dipandang seputar Rp12.000 serta warung Bu Poer ini membuka dari jam 06.30. Kamu yang pengin makan pagi dengan kulineran menarik dapat tiba kesini.

Posisi : Jl. PB Sudirman Banyuwangi, seberang BNI Syariah,

6. Warung Kepiting

Warung Kepiting ini menyediakan menu seafood serta kulineran lain penuh cita-rasa penggugah hasrat. Tempat warung serta posisi parkirkannya luas, kamu dapat melangsungkan acara-cara bersama keluarga atau teman dekat di sini. Seru-seruan sekalian makan nikmat bersama. Menu unggulan di sini pastinya ialah kepitingnya, tetapi bila kamu tidak senang, masihlah ada penawaran menu yang lain tidak kalah nikmat.

Posisi : Jl. Kepiting no. 29B, Banyuwangi

7. Rawon Bik Atik

Rawon ini populer sekali di Banyuwangi dengan jatah yang banyak serta harga terjangkau semarak. Disamping itu, posisinya yang taktiks ada di tepi jalan raya tidak mempersulit orang yang pengin tiba kesini. Situasinya ramai khususnya waktu jam makan siang, tetapi jangan cemas kamu tetap dilayani dengan secepat-cepatnya. 1 jatah rawon dengan daging empal yang empuk dapat kamu gabungkan dengan paru, usus, tahu atau tempe. Harga 1 jatahnya sejumlah Rp. 27.000, harga yang lumrah untuk rasa serta jatah yang dihidangkan.

Posisi : Jl. Ahmad Yani 83, Banyuwangi, Indonesia

8. Mie Ayam Ahem

Makan dengan nasi lagi saja kemungkinan membuat kamu jemu, walau lakunya enak-enak. Selaku tukarnya, karena itu ada opsi seperti mie pangsit atau mie ayam. 1 jatah saja langsung bisa membuat kenyang, apa lagi bila rasa-rasanya seperti menu di Warung Ahem. Kamu akan memperoleh semangkuk mie yang teksturnya kenyal dengan daging ayam melimpah dan bumbu yang menyerap prima. Kamu dapat menyampurnya dengan bakso , oke kan?

Posisi : Dekat Hotel Berlin Barat, Jl. MT. Haryono No. 93, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi

9. Pecel Rawon

1 kembali menu gabungan dari 2 makanan yang lain ialah pecel rawon. Sama namanya, ada 1 jatah pecel yang ditambah lagi kuah rawong komplet dengan daging empalnya. Sudah pasti kamu dapat melahap sayur-sayuran yang biasanya ada pada menu pecel. Bumbu kacang serta kuah hitam rupanya sanggup jadi kesatuan yang cocok di lidah. Penjual Pecel Rawon di Banyuwangi yang dapat kamu kunjungi ialah Warung Ayu.

Posisi : Jalan Laksda Adisucipti No.60 Banyuwangi.

10. Botok Tawon

Tawon ialah nama untuk lebah yakni binatang yang bisanya dibudidayakan untuk diambil madunya. Tetapi, di Banyuwangi tidak hanya madu yang digunakan, tetapi sarag lebahnya diambil. Ada langkah spesial untuk memproses sarang lebah jadi makanan nikmat di Banyuwangi. Kedengar berlebihan sang, tetapi justru membuat ingin tahu. Menu ini mempunyai rasa yang lebih renyah. Sayang, tidak beberapa orang yang jual botok tawon. Pemicunya ialah kesusahan mendapatkan bahan baku. Kamu dapat menelusurinya di beberapa pasar tradisionil atau bertandang ke warung punya Bis Misnah di Dusun Kurang kuatbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi

Itu beberapa menu kulineran ciri khas di Banyuwangi, apa kamu sempat coba diantaranya? Bagi pengalaman kulinerannamu di kotak kometar ya guys!