Salah satunya wilayah pesisir selatan Propinsi Jawa Timur ialah Kabupaten Trenggalek. Beberapa orang mungkin berasa asing dengan kabupaten ini sebab memanglah bukan satu pusat kota atau pemerintah di Jawa Timur seperti di Surabaya atau kota lain. Tetapi bila disaksikan dengan geografis, Trenggalek ini mempunyai daya tarik alam yang memikat terutamanya pantai.

Trenggalek bersebelahan dengan Pacitan yang berada di samping barat, Tulungagung yang berada di sisi timur serta segi utara dengan Ponorogo. Terletak beginilah yang membuat Trenggalek tawarkan keelokan alam yang pantas untuk didatangi. Tidak cuman pantai, ada pula tujuan yang lain tidak kalah menariknya dapat Anda dapatkan di Trenggalek. Berikut referensi tempat rekreasi di Trenggalek yang sayang bila dilewati.

1. Pantai Damas

Posisi: Dayung, Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Pantai cantik yang pertama kali yang dipunyai Trenggalek ialah Pantai Damas. Nuansa alami yang demikian kental dengan lingkungan asri ini pas untuk mereka yang perlu ketenangan. Anda dapat berlindung di bawah pohon-pohon dengan nikmati ada keelokan pantai. Sesaat bagian keluarga lain dapat memburu spot bagus di seputar posisi.

Posisi Pantai Dimas ini berada di Dusun Karanggandu, Kecamatan Watulimo. Situasi alam yang tetap terlindungi di posisi rekreasi ialah daya magnet paling besar yang dipunyai.

2. Pantai Konang

Posisi: Sukorejo, Nglebeng, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Pantai selanjutnya ialah Pantai Konang yang mempunyai garis pantai benar-benar luas serta menganakemaskan mata dengan keelokan alam yang dipunyainya. Anda dapat santai sekalian nikmati panorama sunset sekalian bermain di bibir pantai. Tidak itu saja, ada pula kulineran ciri khas ikan bakar yang membangkitkan hasrat untuk siapa saja yang tiba.

Posisi pantai ini ada di Sukorejo, Nglebeng, Panggul. Anda dapat berekreasi kulineran sekalian nikmati keelokan pantai dengan sunset yang mengagumkan.

3. Rimba Bakau Pancer Cengkrong

Posisi: Jl. Pantai Cengkrong, 66382, Tirto, Karanggandu, Kec. Watulimo, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Tujuan rimba memang lumayan memikat buat didatangi. Seperti ada bentangan rimba bakau yang asri serta nampak semakin menarik ditambah dengan view pegunungan dan sungai yang ada di muka mata. Nanti di teritori rimba bakau ini Anda dapat menelusuri itiap pojok keelokan dengan melalui jembatan kayu.

Tidak itu saja, pengunjung dapat mengeksplor keelokan Pantai Cengkrong memakai perahu. Anda dapat memburu spot bagus untuk photografi. Terletak ada di Karanggangu, Kecamatan Watulimo.

4. Gunung Prongos

Posisi: Kemiri, Bendoagung, Kec. Kampak, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Namanya ialah Gunung Prongos yang ada pada ketinggian seputar 550 mdpl. Gunung ini mempunyai panorama cantik mengagumkan di atas ketinggian. Ada bentangan rimba pinus yang asri serta memberikan kesejukan tertentu. Anda dapat juga nikmati pesonanya dari gardu pandang yang dibarengi view pegunungan.

Di Gunung Prongos ada tempat spesial untuk dapat tempelkan kunci gembok keinginan yang namanya Hope Lock. Bahkan juga seringkali spot ini jadi favorite beberapa pelancong. Posisinya ada di Dusun Timahan, Kecamatan Kampak.

5. Bukit Banyon

Posisi: Widoro, Kw. Kebun, Karanganyar, Kec. Gandusari, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Tempat rekreasi di Trenggalek selanjutnya ialah Bukit Banyon. Nanti di bukit ini Anda dapat menyaksikan eksotisme alam pegunungan seperti negeri di atas awan dengan bermacam keelokan yang dipunyainya. Anda dapat menyaksikan panorama matahari keluar dan lautan kabut yang cukup epic. Menyaksikan sunset di sini tidak kalah eksotisnya.

Nanti di waktu malam hari, Bukit Banyon akan nampak demikian cantik dengan kerlap-kerlip lampu yang berada di pemukiman warga. Ada keadaan romantis yang terbentuk. Posisi Bukit Banyon ini ada di Tepian Dusun Widoro serta Karanganyar, Kecamatan Gandusari.

6. Bukit Tunggangan

Posisi: Bukit Tunggangan, Kec. Durenan, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Spot rekreasi Bukit Tunggangan ada pada ketinggian seputar 250 mdpl yang mempunyai akses jalan cukup curam. Supaya bisa nikmati peristiwa sunrise pada pagi hari, Anda dapat camping dengan keadaan malam yang syahdu di sini. Di Bukit Tunggangan ini kerap dipakai untuk tempat paralayang.

Untuk Anda yang menyukai berlibur dengan kegiatan berlebihan, karena itu Bukit Tunggangan adalah opsi terhebat yang dapat Anda tentukan. Posisi Bukit Tunggangan ini ada di Talun, Kendalrejo, Kecamatan Durenan.

7. Bukit Bendil

Posisi: Tlasih, Parakan, Kec. Trenggalek, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Tetap dengan tempat rekreasi bukit, kesempatan ini Trenggalek tawarkan Bukit Bendil yang mempunyai udara sejuk. Bukit ini ada pada ketinggian 350 mdpl yang dibarengi dengan bentangan kabut menyelimutinya bukit. Keadaan alamnya semakin mengagumkan bila Anda liburan bersama-sama orang tercinta.

Panorama di Bukit Bendil tidak kalah elok dengan bukit yang lain. Karena Anda dapat menyaksikan negeri di atas awan. Posisinya ada di Dusun Parakan, Kecamatan Trenggalek.

8. Air Terjun Pelang

Posisi: Rimba, Wonocoyo, Kec. Panggul, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Air terjun eksotis ini ada di pesisir Pantai Pelang yang mempunyai panorama semakin asri. Ada saluran air terjun yang mengalir antara tebing bebatuan dan bersumber ke laut. Keadaan yang masih alami ini pasti membuat Anda semakin damai. Ada posisi serta spot bagus yang dapat Anda dapatkan.

Bermacam aktivitas cukup membahagiakan dapat dilaksanakan di air terjun pelang. Namun janganlah lupa untuk bawa bekal sepanjang perjalanan. Posisi ada di Wonocoyo, Kecamatan Panggul.

9. Jurug Waru Dongko

Posisi: Krajan, Watuagung, Kec. Dongko, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Jurug Waru Dongko adalah air terjun yang dipunyai Trenggalek. Ada panorama antik di sini yang berbentuk tebing eksotis. Airnya demikian jernih serta fresh untuk pemikiran serta tubuh kita. Khususnya untuk mereka yang menyukai photografi, beberapa spot dari beberapa tebing cantik ini dapat Anda potret.

Posisi Jurug ada di Dusun Watuagung, Kecamatan Dongko. Beberapa pengunjung yang tiba di tempat rekreasi ini memakainya untuk pre wedding.

10. Pantai Ngadipuro

Posisi: Peden, Craken, Kec. Munjungan, Kab. Trenggalek, Jawa Timur.

Selanjutnya ialah rekreasi pantai yang dipunyai Trenggalek serta tawarkan daya tarik alam berlainan. Ada 9 rekreasi pantai di Trenggalek serta rupanya nyaris menyebar di semua dusun atau kecamatan yang berada di Trenggalek. Seperti Pantai Ngadipuro. Pantai ini kerap dikatakan sebagai pantainya beberapa nelayan. Karena, ada pasir putih serta Anda dapat menemui beberapa nelayan yang tengah melakukan aktivitas disitu.

Posisi Pantai Ngadipuro ini ada di Dusun Craken, Munjungan. Benar-benar belumlah ada sarana yang komplet tapi masih juga dalam step peningkatan. Berkunjung ke Pantai Ngadipuro untuk berekreasi saat berlibur ialah opsi yang pas.