Tempat rekreasi nganjuk memiliki beberapa jenis macam tujuan. Dimulai dari objek rekreasi alam, rekreasi kulineran, Museum, serta Taman. Tempat rekreasi kota Nganjuk ini pun tidak kalah bagus dengan Tujuan rekreasi yang berada di Kota lain.

Sepintas Masalah Nganjuk Kabupaten Nganjuk bersebelahan dengan Kabupaten Bojonegoro di utara, Kabupaten Jombang di timur, Kabupaten Kediri serta Kabupaten Ponorogo di selatan, dan Kabupaten Madiun di barat. Nganjuk dikenal juga dengan panggilan Kota Angin.

Ke era Kerajaan Medang, Nganjuk diketahui dengan nama Anjuk Kebun yakni Tanah kemenangan.

Nganjuk di juluki kota angin sebab Nganjuk memiliki tingkat frekwensi Angin yang tinggi sekali. Anginnya terus berdesir cukup kuat dari pagi, siang, sampai malam. Bahkan juga jika malam hari Anginnya tidak makin mengecil tetapi malah akan makin bertambah kuat.

Komoditas favorit nganjuk, diantaranya bawang merah. Pasar Sukomoro diketahui selaku pasar yang mengutamakan diri ke transaksi bisnis jual beli bawang merah. Di tiap pojok pasar ini cuman akan didapati penjual serta konsumen bawang merah.

Nganjuk dilintasi jalan penting Surabaya-Yogyakarta dengan code Jalan Nasional 15. Jalan ini jadi persimpangan dengan jalan ke arah Kediri. Nganjuk dilintasi jalan kereta api Wilayah Operasi 7 Madiun dengan jalur Surabaya – Yogyakarta – Bandung /Jakarta.

Berikut 8 Tempat Rekreasi Nganjuk :

1. Air Terjun Sedudo.

Panorama ciri khas bukit-bukit yang hijau, benar-benar mengupload hasrat untuk berkunjung ke teritori ini. Apa lagi, air terjun ini bukan air terjun angin-anginan, yang hanya akan ada pada musim penghujan saja. Tetapi, di semuanya musim air terjun ini akan pancarkan keelokannya.

Debet air yang cukup deras, mendatangkan suara dentuman yang cantik, seperti dengarkan alunan musik yang membuat hati tenang, damai serta suka. Seperti itu yang kurang lebih dapat didatangkan di teritori ini.

Teritori tempat rekreasi Nganjuk ini mendatangkan sarana berbentuk kolam berenang untuk pengunjung yang pengin nikmati tempat ini secara lain. Berendam serta nikmati keadaan sejuk yang teduh ialah kemewahan yang didapat dalam tempat ini.

Kecuali mempunyai keelokan dari alamnya serta dari kebudayaannya, Air Terjun tempat rekreasi nganjuk ini, kabarnya mempunyai kelebihan yang memikat buat dibaca. Diantaranya ialah air terjun ini mempunyai manfaat dapat membuat tahan lama muda.

Di teritori air terjun sedudo tak perlu takut yang bernama kelaparan atau kehausan. Sebab, di sini telah banyak tersedia warung. Antiknya, jajanan yang dijajakan ialah jajanan tradisionil yang memikat lidah. Seperti nasi jagung, getuk, klepon, cenil

Posisi: Jl. Raya Sedudo, Rimba, Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

Ticket: Rp 10.000

jam membuka: 07.00-17.00

2. Air Terjun Roro Kuning

Air Terjun Roro Kuning ialah satu air terjun yang ada seputar 27-30 km selatan kota Nganjuk. Tempat rekreasi nganjuk ini ada di ketinggian 600 m dpl serta mempunyai tinggi di antara 10-15 m. Air terjun ini mengalir dari 3 sumber di seputar Gunung Wilis yang mengalir di antara bebatuan rimba pinus.

Kecuali keelokan alam, air terjun Roro Kuning mempunyai nilai riwayat. Di seputar posisi tempat rekreasi nganjuk ini ada monumen perjuangan Panglima Besar Jenderal Sudirman. Monumen ini dibuat untuk kenang kembali perjuangan Jenderal Sudirman waktu pimpin perang gerilya menantang Belanda di tahun 1949.

Air terjun tempat rekreasi nganjuk ini mempunyai wujud yang lain dari air terjun biasanya. Bila umumnya air yang turun di atas ketinggian turun dengan cara langsung, karena itu saluran air di Air Terjun ini menjalar. Hingga tidak kedengar bunyi kecipak air atau derasnya air yang mengalir dari ketinggian.

Beberapa anak yang bisa lakukan aktivitas berenang di tempat rekreasi nganjuk ini. Mereka dapat berenang di saluran sungainya yang dangkal. Di pinggir sungainya, sudah dibuat bangunan tetap yang bisa dipakai selaku tempat duduk santai tidak jauh dari air terjun.

Posisi: Bajulan, Loceret, Plakat, Bajulan, Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

Ticket: Gratis

Jam Operasi: 08.00-18.00

3. Gua Margo Tresno

Rekreasi Goa Margo Tresno Nganjuk adalah tempat rekreasi yang ramai didatangi, sebab daya tarik keelokannya tidak ada duanya. Warga lokal wilayah Nganjuk juga ramah tamah pada pelancong lokal atau pelancong asing.

Tempat rekreasi nganjuk Goa Margo Trisno, berkesan benar-benar magic. Sejauh perut goa, gelap gulita. Cericit beberapa ribu kelelawar menambahkan horornya keadaan. Ditambah, posisinya goa tersebut ada di tengah-tengah belantara rimba jati Pegunungan Kendeng.

Nama goa tempat rekreasi nganjuk ini memilki arti. Margo bermakna jalan, serta tresno bermakna cinta. Goa Margo Tresno dipercayai bawa ketentraman serta kelanggengan rumah tangga untuk orang yang memasukinya. Kabarnya banyak orang- orang di luar daerah Ngluyu yang dapat merasakan.

Di teritori rekreasi ini ada juga sumber air alami Ubalan yang digunakan untuk pengairan sawah-sawah disekelilingnya. Objek Rekreasi Goa Margo Tresno diperlengkapi dengan fasilitas piknik berbentuk kolam renang dewasa serta anak. warung minuman dan makanan dan ajang bermain.

Pengunjung yang tiba ke tempat rekreasi nganjuk ini berpeluang untuk mencicip Kulineran Ciri khas Kecamatan Ngluyu. Yakni "Asem-asem Kambing Daun Kedondong".

Posisi: Rimba, Ngluyu, Nganjuk Regency, Jawa Timur

Ticket: Rp 5.000

Jam Operasional: 07.00-16.00

4. Waduk Bening

Waduk Bening dibuat dengan membendung saluran Kali Bening serta anak sungainya, Kali Petung. Hingga nama bendungan waduk ini namanya Bendungan Bening. Luas muka air waduk ini seputar 570 hektar dengan volume waduk normal 33 juta m3.

Di saat ini tempat rekreasi nganjuk ini diurus sama Layanan Tirta. Samping utara dari waduk bening widas ada satu gunung yang namanya Gunung Pandan. Gunung itu dengan status gunung api istirahat serta tidak aktif.

Tempat rekreasi nganjuk berbentuk waduk ini jadi salah satunya tempat wisata. Sarana rekreasi yang berada di waduk ini diantaranya Rekreasi Air Pemancingan, Taman Bermain Anak, Kios, Pelabuhan, Outbond, Banana Boat serta beberapa Perahu Speed Boot.

Yang membuat memikat kembali, tempat rekreasi nganjuk ini ada di tengah-tengah rimba. Seputar waduk widas banyak pohon-pohon yang mengitarinya, yang membuat waduk widas tambah semakin sejuk, dengan udara alaminya.

Di waduk bening kerap ada acara Orkes-orkes melayu, dari artis-artis jawa timur yang kerap isi acara dalam tempat waduk bening. Di situ juga disiapkan tempat untuk beberapa acara besar yang perlu penampung pengunjung banyak.

Posisi: Jl. Rekreasi Waduk Bening, Setren, Pajaran, Kec. Saradan, Madiun, Jawa Timur

Ticket: Rp 5.000

Jam Operasional: 07.00-18.00

5. Bukit Batu Songgong

Tempat rekreasi nganjuk ini adalah rekreasi hasil olahan dari masyarakat ditempat. Pas ada di tengah-tengah tempat selebar 1 hektar, diatur demikian rupa manfaatkan beberapa bebatuan antik, jadi tempat taman yang nikmat dilihat sama mata.

Ada skema berupa jalan setapak yang membuat lingkaran serta berbentuk huruf S diatur manfaatkan lempengan bebatuan, hingga wujud lingkaran yang dikelilingi sama beberapa batu ricing serta di bagian sedang satu monumen kecil dibuat dari bahan bebatuan sama.

Pengunjung tempat rekreasi nganjuk ini disuguhi keelokan panorama kota Nganjuk serta lereng dari gunung Wilis dari ketinggian. Saat hari matahari mulai terbenam, pengunjung akan dihidangkan keelokan sunset dibalik lembah segi timur tempat bukit Wilis.

Menurut masyarakat seputar, beberapa batu di tempat rekreasi nganjuk ini ditempatkan sama panglima besar Jendral Sudirman. Si Panglima Sudirman menyengaja menempatkan batu itu supaya memberi dasar saat pengangkutan bahan inti seperti kelapa, beras, gula dari wilayah Sawahan ke Ngetos atau kebalikannya.

Posisi: Sembung, Margopatut, Sawahan, Nganjuk, Jawa Timur.

Ticket: Rp 5.000

Jam Operasional: 08.00-18.00

6. Museum Anjuk Kebun

Museum Anjuk Kebun Terdapat di kota Nganjuk, persisnya samping timur Terminal Bis Kota Nganjuk. Didalamnya tersimpan benda serta cagar budaya di era Hindu, Doho serta Majapahit yang ada di wilayah Kabupaten Nganjuk. Selain itu di taruh Prasasti Anjuk Kebun yang disebut cikal akan berdirinya Kabupaten Nganjuk.

Museum ini terdiri jadi bagian-bagian bangunan. Sisi depan berupa joglo tempat simpan prasasti Anjuk Kebun, bangunan induk selaku area untuk menyimpan guci, mangkuk, wayang kulit, genta, kedok dan lain-lain.

Masuk gedung museum pengunjungdapat menyaksikan, beberapa arca yang dibuat dari batu terjajar rapi. Didekat Arca-arca itu, ada info tentang arca yang dapat pengunjungbaca. Serta beberapa arca diletakkan di dalam kaca.

Pengurus membuat beberapa tempat permainan atau playground. Arah agar warga atau beberapa anak kecil yang bertandang ke sini dapat damai. Serta ada di belakang museum , telah mempersiapkan perpustakaan mini. Perpustakaan itu sebetulnya diutamakan untuk riwayat. Tetapi tidak tutup peluang ada pelajaran umu serta yang lain.

Posisi: Jalan Gatot Subroto Ringin Anom, Ringin Anom, Kauman, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

Ticket: Gratis

Jam Operasional: 08.00-16.00

7. Agrowisata Perkebunan Mawar

Kebun mawar yang cantik yang memesona ini bisa didapati di sejauh jalan ke arah tempat rekreasi nganjuk air terjun Sedudo, persisnya di dusun Ngliman kecamatan Sawahan. Dengan kualitas yang baik ini, Bunga mawar yang dibuat dusun itu ditawarkan sampai ke luar kota.

Rekreasi Agro Bunga Mawar Nganjuk ialah tempat rekreasi yang ramai pelancong di hari hari biasa atau ke weekand atau hari libur. Tempat benar-benar cantik serta dapat memberi keadaan yang menghibur kejenuhan akan kegiatan kita setiap hari.

Selaku posisi rekreasi, tempat rekreasi nganjuk ini Termasuk sangatlah murah. Tapi jangan salah memandang daya tarik keelokan yang di sajikan sama Rekreasi Agro Bunga Mawar Nganjuk, bukan hal yang murahan.

Kecuali dipasarkan selaku bunga batang, mawar hasil produksi tempat rekreasi nganjuk ini juag diproses jadi wujud lain. Salah satunya ialah minyak mawar. Disamping itu ada pula yang diproses sama warga ditempat jadi sirup sari mawar.

Posisi rekreasi nganjuk penuh bunga ni benar-benar pas untuk ambil photo. Photo yang diambil akan kaya warna serta berkesan benar-benar cantik.

Posisi: Dusun Ngliman, Kecamatan Sawahan,Nganjuk, Jawa Timur.

Ticket: Gratis

Jam Operasional: 08.00-17.00

8 Alun-Alun Nganjuk

Ada di teritori pemerintah Kabupaten Nganjuk, Alun-alun tempat rekreasi nganjuk ini jadi taman kota posisi santai bersama-sama keluarga. Disamping itu alun-alun Nganjuk jadi selaku teritori car free day atau teritori bebas kendaraan motor tiap minggunya.

Taman di alun-alun Nganjuk ini didesain demikian rupa dengan tata atur yang bagus. Ini membuatnya lokasi yang damai untuk jadi selaku tempat bergabung baik dengan keluarga, rekan, atau bahkan juga dengan pasangan.

Di tengah-tengah taman tempat rekreasi nganjuk ini ada 1 ruang kecil yang disebut taman baca yang disiapkan untuk pengunjung serta warga umum. Di taman ini ada tempat air mancur yang di tengah-tengahnya ada monumen bermotif pahlawan.

Untuk pengunjung yang bawa beberapa anak tak perlu cemas sebab di teritori alun-alun ini ada tempat bermain untuk anak. Tempat playground dibuat demikian rupa dengan beberapa warna yang mengundang perhatian beberapa anak.

Dikawasan ini ada beberapa penjual kaki 5 yang menawarkan makanan ciri khas Nganjuk. Hingga untuk anda yang akan bertandang ke Nganjuk tidak ada kelirunya sekedar untuk berkunjung ke taman tengah kota ini.

Posisi: Mangundikaran, Mangun Dikaran, Kec. Nganjuk, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur

Ticket: Gratis

Jam Operasional: 24 jam

x

x