Membuat donat empuk sangatlah mudah, berikut cara yang bisa Anda ikuti untuk membuat donat empuk dirumah dibagikan khusus oleh tim AshefaNews.



Pengantar

Tidak ada yang seperti donat yang empuk dan lembut. Dan meskipun Anda mungkin berpikir bahwa membuat donat adalah proses yang rumit dan memakan waktu, sebenarnya cukup sederhana! Pada postingan blog kali ini, kami akan membagikan resep cara membuat donat empuk lembut sendiri di rumah. 

Kami juga akan membagikan beberapa tips tentang cara mendapatkan hasil yang sempurna setiap saat. Jadi, apakah Anda sedang mencari proyek memanggang yang menyenangkan atau hanya ingin menikmati donat yang lezat, baca terus untuk semua yang perlu Anda ketahui!

Apa yang Akan Anda Butuhkan

Untuk membuat donat lezat ini, Anda membutuhkan bahan-bahan berikut:

-1 cangkir tepung serbaguna

-1 sendok teh baking powder

-1/4 sendok teh garam

-1/4 cangkir gula

-1 butir telur, kocok

-1/2 cangkir susu

-2 sendok makan mentega cair atau minyak sayur

-1 sendok teh ekstrak vanila

Anda juga membutuhkan penggorengan atau panci besar untuk menggoreng donat. Jika Anda tidak memiliki penggorengan dalam, Anda dapat mengisi panci besar dengan minyak hingga kedalamannya sekitar 3 inci. Panaskan minyak dengan api sedang hingga mencapai 365 derajat Fahrenheit. Gunakan termometer permen untuk memeriksa suhu minyak jika perlu.

Setelah Anda mengumpulkan semua bahan dan bahan, Anda siap untuk mulai membuat donat!

Resep

Resep donat ini sangat sederhana dan hanya membutuhkan beberapa bahan yang mungkin sudah Anda miliki di dapur. Pertama, Anda harus mengumpulkan:

-1 cangkir tepung serbaguna

-1/2 cangkir gula

-1 sendok teh baking powder

-1/4 sendok teh garam

-1 telur

-1/4 cangkir susu

-2 sendok makan mentega cair

-1 sendok teh ekstrak vanila

Sekarang setelah Anda memiliki semua bahan, mari kita mulai! Mulailah dengan memanaskan oven Anda hingga 350 derajat Fahrenheit. Selanjutnya, campurkan tepung, gula, baking powder, dan garam dalam mangkuk besar dan aduk hingga tercampur rata. Dalam mangkuk terpisah, kocok telur, susu, mentega cair, dan ekstrak vanila hingga tercampur rata. Tuang bahan basah ke dalam bahan kering dan campur semuanya sampai tidak ada gumpalan lagi. Adonan harus cukup kental tetapi masih bisa dituang.

Olesi wajan donat dengan semprotan memasak atau mentega cair (saya lebih suka menggunakan mentega karena memberikan rasa yang enak pada donat) dan isi setiap rongga sekitar 3/4 penuh dengan adonan. Anda seharusnya bisa mendapatkan sekitar 6 donat dari resep ini. Panggang donat selama 10-12 menit atau sampai berwarna cokelat keemasan dan kembali mengembang saat ditekan ringan dengan jari. Biarkan dingin selama beberapa menit di dalam panci sebelum memindahkannya ke a

Tip dan Trik

Untuk membuat donat di rumah, ada beberapa tips dan trik yang akan membantu Anda mendapatkan hasil yang sempurna setiap saat.

Pertama-tama, pastikan Anda memiliki semua bahan dan peralatan yang Anda butuhkan sebelum memulai. Ini termasuk loyang donat, kantong pipa atau kantong plastik zip-top, dan ujung kue bulat kecil.

Kedua, kalau soal adonan, jangan overmix. Aduk sampai semua bahan tercampur - terlalu banyak mencampur akan membuat donat Anda keras.

Terakhir, saat menggoreng donat, berhati-hatilah agar wajan tidak terlalu penuh. Goreng dalam kelompok 3-4 sehingga memiliki banyak ruang untuk memasak secara merata di semua sisi. Dan setelah matang, pastikan untuk mendinginkannya di rak kawat agar tetap enak dan lembut.

Cara Membuat Frostingnya

Dalam mangkuk berukuran sedang, kocok gula halus, susu, dan ekstrak vanila hingga campurannya halus. Tambahkan lebih banyak susu jika frosting terlalu kental atau lebih banyak gula bubuk jika terlalu encer. Celupkan bagian atas setiap donat yang sudah dingin ke dalam frosting dan sisihkan di rak kawat agar frosting mengeras.

Kesimpulan

Sekarang setelah Anda tahu cara membuat donat lembut yang empuk di rumah, saatnya berkreasi dan tampil dengan kombinasi rasa Anda sendiri. Pastikan untuk memberi tahu kami di komentar di bawah rasa apa yang telah Anda coba dan mana yang menjadi favorit Anda. Dan jika Anda merasa murah hati, bagikan juga resep rahasia Anda kepada kami!