Kemunculan bintik merah di kulit terkadang dipandang remeh oleh pasiennya. Walau sebenarnya permasalahan ini kerap kali dibarengi dengan rasa gatal, perih, atau iritasi yang mengusik.

Faktanya, ada berbagai macam pemicu bintik merah di kulit, dimulai dari yang karakternya enteng sampai termasuk kronis.

Pada umumnya, berikut beberapa keadaan yang menjadi pemicu bintik merah gatal.

Untuk ketahui keterangan komplet sekitar penyebab-penyebab bintik merah, dan tanda-tanda dan penyembuhannya, baca keterangan dari rs primaya berikut ini.

Penyebab bintik merah di kulit

Bintik merah di badan yang dibarengi gatal dapat terjadi di tempat badan mana saja, seperti muka, punggung, perut, dada, lengan, kaki, atau permasalahan yang lain. Berikut beragam peluang pemicunya.

1. Gigitan atau sengatan serangga

Salah satu pemicu bintik merah di kulit ialah gigitan serangga. Saat Anda digigit oleh nyamuk, semut, kutu, dan tungau, atau disengat oleh lebah dan tawon, tanda-tanda ini bisa jadi ada.

Jenis gigitan serangga, atau sengatannya, dapat memunculkan bintik merah di kulit dibarengi gatal, ngilu, dan bengkak di tempat kulit yang terima gigitan atau sengatan serangga.

Bila perlu, Anda dapat menanganinya dengan obat antihistamin dan obat antinyeri. Pemakaian kompres dingin diperlukan untuk menentramkan kulit yang digigit serangga.

2. Biang keringat

Pemicu bintik merah gatal menebar berikutnya ialah biang keringat. Keadaan biang keringat atau miliaria tidak cuma dirasakan bayi, tetapi ke orang dewasa.

Biang keringat ialah kondisi yang terjadi saat keringat terjerat di bawah kulit, khususnya saat cuaca sedang panas. Keadaan ini mengakibatkan timbulnya gatal-gatal bintik merah yang kadang berisi cairan.

Biang keringat dapat lenyap sendirinya saat kulit mulai berasa dingin. Anda dapat memudahkan tanda-tandanya dengan cream dan salep, terhitung losion calamine untuk menentramkan kulit. Pemakaian cream steroid kemungkinan diperlukan pada kasus yang lebih kronis.

3. Dermatitis kontak

Dermatitis contact ialah masalah kulit yang bisa terjadi sesudah Anda sentuh satu zat yang memiliki sifat alergen atau iritan, seperti sabun, produk kosmetik, perhiasan, produk pencuci dengan bahan kimia kuat, tanaman, sampai bulu-bulu hewan.

Alhasil, kulit juga bereaksi pada zat itu hingga ada bercak-bercak merah di kulit yang dibarengi ruam kulit, gatal, bengkak, rasa sensasi terbakar, kulit mengeras, sampai lepuhan.

Untuk menanganinya, Anda dapat menghindari pemicu zat alergen atau iritan. Anda dapat konsumsi obat antihistamin dan cream tanpa resep dokter di apotek.

Akan tetapi, jika reaksi yang diakibatkan cukup kronis, seharusnya tanyakan sama dokter untuk mendapatkan penyembuhan yang akurat.

4. Dermatitis atopik

Dermatitis atopik ialah jenis eksim yang biasa terjadi. Keadaan ini termasuk juga salah satunya pemicu gatal-gatal di kulit bintik merah.

Tidak diketahui dengan cara tepat apa sebagai pemicunya. Tetapi, factor genetik dan lingkungan yang kurang bersih bisa tingkatkan resiko Anda terserang penyakit kulit ini.

Dermatitis atopik dapat mengakibatkan munculnya bintik merah gatal dan kering di kulit. Bila bintik ini kerap tergesek, infeksi bisa terjadi dan menimbulkan lepuhan yang keluarkan cairan kuning.

Untuk mengobatinya, Anda dapat jaga kelembapan kulit dengan memoleskan pelembap.

Anda bisa juga konsultasi sama dokter untuk memperoleh pengatasan yang akurat. Dokter bisa memberi resep cream tropis untuk kurangi tanda-tanda yang diakibatkan.

5. Alergi obat

Tahukah Anda kalau alergi obat bisa mengakibatkan bintik merah gatal menebar?

Alergi obat bisa terjadi jika badan Anda memperlihatkan reaksi alergi sesudah konsumsi atau memakai satu tipe obat.

Bintik merah alergi obat karakternya dapat enteng atau berat. Keadaan ini dapat juga dibarengi gatal yang mengakibatkan kulit mengelupas bila digaruk terlampau keras.

Anda dapat berkonsultasi sama dokter untuk memperoleh penyembuhan yang akurat. Bila ada ruam kulit pada sekian hari atau minggu sesudah penyembuhan, seharusnya Anda selekasnya kembali berkunjung dokter.

Dokter bisa tentukan penyebab timbulnya reaksi alergi itu, dan memberi resep steroid dan antihistamin untuk kurangi tanda-tanda tidak nyaman yang kemungkinan diakibatkan.

6. Demam berdarah

Demam berdarah ialah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk. Keadaannya sekitar dari enteng sampai berat hingga Anda selalu harus siaga.

Selain tubuh bintik merah dan gatal, keadaan ini kerap kali dibarengi ngilu persendian dan otot yang kronis.

Anda perlu konsultasi sama dokter untuk mendapatkan penyembuhan yang pas karena demam berdarah dapat beresiko.

7. Kudis

Pemicu bintik merah gatal menyebar setelah itu kudis. Kudis atau scabies ialah permasalahan kulit yang disebabkan karena tungau mikroskopis.

Kudis merupakan penyakit kulit menyebar yang gampang menebar lewat contact langsung dari pribadi ke pribadi yang lain.

Saat terserang kudis, tanda-tanda yang ada berbentuk bintik merah di tubuh, rasa gatal yang luar biasa, dan cedera disekitaran ruam kulit karena garukan.

Kudis bisa diobati dengan cream scabies yang diberi nama permethrin, yang mempunyai tujuan untuk membunuh tungau dan telurnya.

8. Cacar air

Cacar air jadi penyebab kulit bintik merah dan gatal. Cacar air ialah infeksi yang disebabkan karena virus varicella zoster.

Bintik-bintik merah gatal ini bisa menebar ke tempat badan lain, dan seterusnya berkembang jadi lepuhan yang hendak jadi kering.

Segera tanyakan sama dokter jika Anda curigai timbulnya bintik merah di kulit sebagai gejala cacar air.