Jasa pelayanan dan pengiriman barang ada banyak istilah yang dipakai seperti pengangkutan ekspedisi dan pengangkutan logistik atau yang umum disebutkan dengan kargo. Pada intinya kedua pengangkutan ini mempunyai arah servis yang serupa yakni mengirim barang baik itu document dan barang-barang yang lain. Sebetulnya kedua jasa pengangkutan itu tidak ada perbedaannya hanya saja pandangan masyarakat yang memandang keduanya berlainan.

Pegiriman barang dengan jumlah yang banyak atau kecil ini kerap dilaksanakan pelaku bisnis untuk lebih memajukan usaha yang dipunyainya. Dengan adanya banyak transportasi dengan lajur yang lain membuat pengangkutan barang jadi lebih efisien dan efektif. Walau tidak ada ketidaksamaan yang menonjol dan mempunyai arah sama, tetapi ada ketidaksamaan jasa logistik dan ekspedisi dari jenis layanan yang diberikan oleh masing-masing jasa ekspedisi tersebut.

Ekspedisi

Jasa pengiriman ekspedisi umumnya tidak ada minimum berat, beratnya dihitung dimulai dari 1 kg dan kelipatan saja. Bahkan juga barang sama ukuran kecil juga dapat dikirim dengan memakai jasa ekspedisi. Disamping itu yang membuat jasa ekspedisi ini berlainan ialah terima service door to door yang dapat dijemput dari tempat pengirim selanjutnya dapat diantarkan ke arah tempat yang menerima. Untuk harga sendiri diterapkan kelipatan per Kg. Bila barang lebih dari 1 kg karena itu hitungannya sudah mencapai 2 kg.

Logistik atau Cargo

Sesuai dengan namanya, jasa logistik atau kargo ini akan mengirim barang dengan jumlah yang besar. Umumnya ada berat minimum yang perlu diraih untuk ekspedisi itu yakni minimum 10 kg atau 50 kg untuk sekali pengangkutan. Disamping itu harga kargo tambah murah karena pengangkutannya dengan jumlah besar sekalian. Barang sama ukuran yang besar juga kerap di kirimkan lewat kargo ini.

Walau harga lebih murah, tetapi ada banyak service ekspedisi yang tidak dipunyai oleh kargo seperti service jemput paket hingga Anda harus mengantarkannya sampai ke agen paling dekat. Disamping itu beberapa kargo atau logistik banyak memakai service darat memakai truk, kereta, atau bus. Bila Anda merencanakan untuk mengirim barang dengan kargo waktu perkiraannya lebih lambat dibandingkan dengan ekspedisi.

Simak Juga : ekspedisi jakarta ambon

Jasa Ekspedisi Lebih Beragam

Jasa pengiriman barang bukan hanya meliputi pada aktivitas akseptasi dan pengangkutan barang saja, tetapi meliputi aktivitas yang lain seperti sortir, penandaan, pengepakan, pengukur penimbangan, pengurusan document, penerbitan document, hitung biaya atau ongkos, claim asuransi, dan ada banyak kembali yang lain berlaku untuk logistik dan ekspedisi. Ketidaksamaan jasa logistik dan ekspedisi yang paling berasa ialah pada tipe jasa ekspedisi yang lebih bermacam. Ekspedisi ada yang dipisah jadi reguler, khusus, dan specialist. Ke-3 jasa itu mempunyai servis yang lain dalam membagikan barang dan document.

Untuk ekspedisi khusus dan specialist ini pengangkutannya dapat mencakup daerah atau kota tertentu karena ada kegiatan pengangkutan pada daerah tertentu saja hingga semakin lebih tepat. Ekspedisi itu mempunyai model transportasi khusus di daerah tujuan. Dalam kata lain ialah supplier atau partner itu mempunyai ikatan kerja-sama yang kuat hingga tidaklah heran bila memberi harga terbaik dan harga yang lebih murah.

Untuk ekspedisi reguler dapat meliputi semua daerah tetapi pengangkutan jadi tidak tepat. Contoh service ekspedisi khusus dan ekspedisi specialist ialah ekspedisi specialist Banten, specialist Bandar Lampung, ekspedisi specialist Pontianak, specialist Sulawesi, specialist Kalimantan, dan masih banyak lagi lainnya.