Akuntansi dan manajemen ialah dua hal yang terkait. Walau keliatannya mengulas hal sama sekali berlainan, tapi keduanya masih tetap ada di ranah yang serupa. Akuntansi manajemen ialah sebuah mekanisme akuntansi yang mempunyai hubungan dengan pemakaian informasi akuntansi oleh tingkat managerial satu organisasi.

Manfaat akuntansi manajemen ini akan memberinya dasar pembikinan keputusan dan taktik bisnis hingga manajemen dapat semakin siap untuk mengelola dan lakukan peranan pengaturan.

Pengertian Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen ialah proses analisis, pengukur, penumpukan, analitis, pengaturan, interpretasi, dan komunikasi info yang dipakai oleh manajemen untuk berencana, menilai, dan pengaturan pada suatu substansi dan untuk pastikan sama sesuai dan responsibilitas pemakaian sumber daya itu.

Akuntansi manajemen mencakup pengaturan neraca keuangan untuk barisan non-manajemen seperti pemegang saham, kreditur, tubuh pengontrol dan kewenangan pajak.

Fungsi dan Penerapan Akuntansi Manajemen

Berikut ini ialah fungsi-fungsi dan implementasi akuntansi manajemen di perusahaan.

Menghasilkan informasi keuangan untuk kepentingan manajemen

Info itu diperlukan manajemen sebagai bahan pemikiran ambil keputusan dan memandang hasil yang sudah diraih. Misalkan untuk Departemen Produksi, manager pada bagian produksi akan memerlukan data akuntansi manajemen berkenaan perincian ongkos produksi, berapakah harga dasarnya, sampai info detil berkenaan harga produk per unit.

Akuntansi manajemen nanti bisa juga dipakai sebagai tutorial rencana operasional berkaitan seberapa banyak ongkos yang perlu dikeluarkan untuk memproduksi pokok dan seberapa banyak ongkos overhead yang kiranya harus dibayar untuk mendukung operasional itu.

Mengidentifikasi,mengukur dan melaporkan informasi keuangan

Ini memungkinkannya ada penilaian dan keputusan yang terang dan tegas untuk manajemen yang memakai satu info itu di mana titik sentralnya untuk beberapa pihak pada suatu perusahaan organisasi. Misalkan hitung ongkos produk, hitung ongkos satu aktivitas, hitung ongkos satu departemen.

Baca Juga : Cara Melakukan Pengelolaan Keuangan dalam Bisnis Supaya Lebih Baik

Menyajikan suatu laporan sebagai satu kesatuan usaha

Untuk kebutuhan faksi intern dalam rencana jalankan proses manajemen yang mencakup rencana, koordinasi, pembimbingan dan pengaturan.

Orang yang Membutuhkan Akuntansi Manajemen

Manager Keuangan

Memerlukan akuntansi manajemen untuk mendapat info perusahaan yang terkait bermodal kerja, beban ongkos, tingkat pengembalian investasi, tingkat pengembalian modal, dan beragam jenis jenis info untuk keputusan pengelolaan keuangan perusahaan.

Manager Produksi

Memerlukan data info tentang perincian ongkos harga dasar produksi seperti keseluruhan ongkos produksi, ongkos per unit produk, beban tenaga kerja langsung, dan ongkos overhead yang lain yang langsung berperanan pada proses produksi.

Manager Pemasaran

Memerlukan informasi data semua elemen ongkos berkaitan dalam penentuan nilai jual produk, penetapan mekanisme pemasaran secara credit atau tunai, beban komisi pemasaran, marketing fee, dan info nilai potongan harga untuk produk tertentu dalam rencana kenaikan volume pemasaran.

Agar lebih gampang dalam penerapan akuntansi, perusahaan bisa mengandalkan software akuntansi. Software akuntansi untuk perusahaan yang mempunyai beragam feature akuntansi automatis. Anda akan mendapatkan keringanan dalam pengelolaan keuangan dan memberinya beragam info keuangan yang diperlukan perusahaan.

Lewat software akuntansi, keperluan info keuangan segera dapat didapat dengan gampang kapan saja dan di mana saja. Hingga mempermudah koordinir dari beragam manager seksi untuk membikin keputusan untuk perusahaan . Maka nantikan apalagi? peroleh keringanan akuntansi manajemen perusahaan, pakai software akuntansi saat ini juga.