Instagram DM API sebuah feature yang memungkinkannya beberapa pemilik bisnis terutamanya di Instagram shop untuk tingkatkan servis dan pemasaran. Per Juni 2021, Facebook buka akses IG API untuk beberapa developer atau Partner Sah Bisnis dalam memperoleh akses ke Instagram DM API atau code akses ke Direct Message untuk diperkembangkan.

OneTalk by TapTalk.io sebagai Mitra Resmi Bisnis Instagram untuk Instagram DM API pertama dan terdepan di Indonesia. Berikut 7 cara untuk memperoleh Instagram DM API:

  • Daftar ke Mitra Resmi Instagram di Indonesia
  • Pastikan Mempunyai Account Facebook Business Manajer
  • Pastikan Mempunyai Facebook Page dan Role Admin
  • Pastikan Memakai Account Instagram Business
  • Sambungkan Facebook Page dengan Account Instagram Business
  • Mitra Resmi akan Set Up Instagram API
  • Instagram API Siap Dipakai

Instagram DM API

Instagram DM API ialah sebuah aplikasi yang bisa membuat hubungan di antara konsumen setia dan perusahaan atau bisnis lebih efektif. Kata API adalah Application Programming Interface yang berisi rangkaian code yang bisa diintegrasikan dengan software tertentu dan tersambung dengan account Instagram.

Oleh karena itu, API Instagram dapat terpadu dengan jalur kerja pada mekanisme lain dalam bisnis yang telah ada. Seperti aplikasi CRM (Konsumen Relationship Manajemen) dan aplikasi yang lain untuk layanan konsumen. Berlainan dengan Instagram biasa yang tidak dapat lakukan integratif atau diubah dengan sejumlah fitur hebat yang lain secara fleksibel.

Dengan Messenger API, Anda bisa memadukan Instagram shop dan IG Direct Message (DM) dengan aplikasi OneTalk by TapTalk.io seperti CRM hingga proses sales dalam bisnis Anda lebih ramping dan terdaftar secara baik. Disamping itu, Anda dapat memakai chat bot Instagram hingga bisa memberinya balasan automatis (auto reply) pada tiap Instagram DM yang masuk.

Manfaat Menggunakan Messenger Instagram API

Ada beberapa manfaat yang dapat Anda peroleh dari Messenger API, tetapi manfaat intinya adalah tingkatkan pengalaman konsumen setia dan menggerakkan semakin banyak pemasaran bisnis Instagram shop Anda. Berikut manfaat memakai Messenger Instagram API:

  • Dapat layani konsumen setia 24 jam non-stop karena ada chat bot Instagram yang sanggup memberinya tanggapan automatis dalam perhitungan detik.
  • Meningkatkan pengalaman konsumen setia dengan menyampaikan pesan balasan automatis (autoresponder bot Instagram direct message) sesuai pertanyaan atau keinginan yang kerap disodorkan konsumen setia.
  • Keamanan terjaga dengan mekanisme end-to-end encryption ditegaskan semua pembicaraan cuman bisa dijangkau oleh bisnis dan konsumen setia yang berhubungan.
  • Personalisasi pesan konsumen setia yang bisa dipakai jadi insight agar semakin pahami konsumen setia.
  • Integrasi dengan mekanisme CRM hingga automatis simpan database dan history pembicaraan DM dengan konsumen setia.
  • Hemat ongkos dibanding harus mengaryakan banyak team untuk lakukan laporan dan analitis pemasaran di Instagram shop dan pembicaraan.
  • Mudahkan konsumen setia belanja langsung dari basis Instagram shop.

Fitur Messenger Instagram API

Messenger API disokong sejumlah fitur hebat untuk menolong perusahaan dan bisnis merajut hubungan dengan konsumen setia lebih bagus dan menggerakkan pemasaran. Berikut sejumlah fitur Instagram Messenger API:

Pemakaian Instagram Multiple Agent atau Pemakai

Dengan memakai Messenger API, Anda bisa memakai satu account Instagram perusahaan atau bisnis Anda untuk banyak admin atau agen. Anda tak perlu membagi sandi account Instagram ke admin atau agen, karenanya memakai Messenger API.

Admin atau agen akan diberi username dan sandi yang lain dengan credential account Instagram perusahaan atau bisnis Anda. Ini akan membuat account Instagram shop Anda semakin aman.

Auto Reply Pesan DM dengan Bot Instagram

Balas pesan DM konsumen setia Anda secara automatis dengan memakai bot Instagram. Bot Instagram berperan sebagai autoresponder yang bisa lakukan auto reply pada semua pesan yang masuk.

Chat bot Instagram bekerja 24/7 sebagai mekanisme layanan konsumen hingga bisa menolong tingkatkan keproduktifan agent atau admin untuk membalasnya beberapa pesan DM yang kerap ditanya atau dikatakan konsumen setia.

Manajemen Pesan dengan Sistem Agen Routing

Tangani beberapa puluh sampai beberapa ratus pesan DM yang masuk setiap hari ke account Instagram shop akan susah bila tidak ada pembagian pesan yang adil ke admin atau agen. Dengan Messenger API, Anda bisa membagikan pesan DM yang masuk secara automatis dan adil ke semua admin atau agen. Anda dapat atur pembagian pesan secara kustom dengan bot Instagram.

Manajemen Database Prospek dan Pelanggan

Taruh semua data konsumen setia yang menyampaikan pesan DM ke account Instagram shop Anda lewat integratif CRM dari OneTalk by TapTalk.io. Anda dapat atur data konsumen setia itu untuk kebutuhan tingkatkan bisnis Anda.

Manajemen Penjualan Instagram Shop

Terima dan bereskan semua keinginan order dari konsumen setia secara mudah. Integratif Messenger API dengan aplikasi CRM onetalk bisa mempermudah bisnis atau perusahaan untuk mencatat dan memantau semua hasil pemasaran dari online shop Instagram (shop/toko) bisnis Anda.

Terintegrasi dengan WhatsApp, Facebook Messenger, dan Lainnya

Bisnis atau perusahaan Anda mempunyai nomor WhatsApp, account Facebook Messenger, Line, Telegram, dan Twitter untuk tangani pesan konsumen setia? Integratifkan Messenger API dengan aplikasi itu supaya Anda tak perlu ribet kembali berpindah account atau window untuk menjawab semua pesan dari beragam aliran itu. Chatbot juga bisa bekerja pada WhatsApp, Facebook, dan Instagram Anda.

Laporan dan Analisis Penjualan dan Percakapan

Peroleh laporan dan analitis detil tentang hasil pemasaran Instagram shop berdasar waktu, status order konsumen setia, detil detil pesanan konsumen setia, dan sebagainya. Anda dapat menyaksikan seberapa banyak pesan masuk berdasar waktu, berapa cepat tanggapan admin atau agen, status online/off-line admin atau agen, banyak pesan yang tersudahi, dan sebagainya.

Dengan ketatnya kompetisi antara bisnis sekarang ini, Messenger API menjadi taktik komunikasi dengan pelanggan untuk memberinya servis yang lebih bagus. Diperlengkapi dengan bot Instagram untuk Instagram shop Anda. 

OneTalk by TapTalk.io sudah memudahkan lebih dari 1000+ bisnis untuk mendapat manfaat di atas. Dengan memperoleh Messenger API lewat OneTalk by TapTalk.io, Anda bisa berbicara dengan konsumen setia lebih mulus dan memberinya servis yang lebih bagus.