Beberapa hal yang sudah di digitalisasi karena wabah. Banyak usaha yang awalannya off-line beralih menjadi online. Cukup banyak startup yang tercipta karena wabah ini. Tetapi digitalisasi bukan hanya terjadi di bagian bisnis saja tapi juga industri keuangan.

Walau semua kegiatan off-line berhenti sementara, tetapi keperluan keuangan masih tetap jalan dengan stabil. Hingga munculkan motivasi untuk mendigitalkan semua keperluan keuangan warga.

Fintech yang umum disebutkan dengan keuangan tehnologi sebagai pengembangan yang terbentuk karena tekanan kondisi dan keperluan. Dengan singkat, Fintech ialah jenis perusahaan yang beroperasi di sektor jasa keuangan yang berbasiskan tehnologi.

Pengembangan ini membolehkan kita untuk selalu lakukan aktivitas atau keperluan keuangan tanpa berasa terbatasi oleh kondisi. Aktivitas yang bisa dilaksanakan seperti pembayaran, pinjaman dana, transfer, dan lain-lain bisa dilaksanakan lewat cara online.

Dikutip dari 7evenlist.com, Indonesia jadi lokasi yang baik untuk mengembangnya Fintech karena jumlah komunitas warga yang tech savvy lebih memimpin. Ini berpengaruh ke jumlah pemakai internet, smartphone, dan piranti electronic yang lain. Menyaksikan perubahan ini, industri Fintech mulai berkembang dan menyesuaikan diri dalam masyarakat.

Jenis Fintech

Ada 2 kelompok Fintech yang dikelompokkan oleh Kewenangan Jasa Keuangan (OJK) yaitu Fintech 2.0 yakni service keuangan digital yang digerakkan oleh instansi keuangan. Dan Fintech 3.0 yakni startup tehnologi yang mempunyai produk dan atau jasa untuk pengembangan keuangan. Berdasar pengembangannya, Fintech sendiri digolongkan jadi 4 jenis, diantaranya ialah seperti berikut:

Peer To Peer Lending Service

Berperan sebagai service pinjaman uang. Menolong warga yang memerlukan dana untuk penuhi tuntutan hidup, seperti membuat sebuah usaha. Fintech ini jadi tempat tatap muka di antara peminjam dan pemberi utang.

Payment, Clearing dan Settlement

Layani mekanisme pembayaran baik dari Bank Indonesia atau industri perbankan yang lain. Fintech ini menolong customer membayar secara mudah.

E-aggregator

Menolong customer dalam memutuskan lewat penghimpunan dan pemrosesan data. Lewat Fintech ini, customer ditolong dalam memutuskan yang pas berdasar data. Seperti memberinya perbedaan harga, feature, produk sampai faedah.

Manajemen Risiko dan Investasi

Memberikan service rencana keuangan, basis e-trading, dan e-insurance. Fintech ini bisa menolong saat lakukan rencana keuangan di masa datang dan memberikan opsi investasi.

Baca Juga : Penyebab Kegalalan Bisnis yang Perlu Anda Pahami

Fungsi Fintech

Dilihat dari tiap-tiap fungsi Fintech yang sudah diterangkan dengan singkat di atas bisa disebutkan jika Fintech sudah jadi sebuah keperluan sekarang ini. Tetapi ada banyak manfaat yang cukup meyakinkan bawah Fintech diperlukan untuk sekarang ini. Setidaknya ada 3 manfaat yang kami kutip dari laman 7evenlist.com, antara lain ialah:

Membantu perkembangan startup di bagian teknologi

Fintech berperanan sebagai simpatisan untuk startup tehnologi untuk semakin berkembang lewat permodalan dan semua keperluan pemenuhan keuangan. Dengan memberikan dukungan startup di bagian tehnologi yang sekarang ini tumbuh subur, bisa menolong buka peluang kerja untuk beberapa orang. Meluaskan lapangan pekerjaan bisa berpengaruh pada bertambahnya kemajuan ekonomi satu negara.

Meningkatkan taraf hidup masyarakat

Dengan bertambahnya jumlah warga yang memperoleh tugas, bertambah juga tingkat hidup mereka. Disamping itu karena dilaksanakan secara digital, Fintech bisa mencapai warga yang tidak dapat dijangkau oleh perbankan konservatif.

Ini memudahkan warga dari beragam wilayah untuk penuhi keperluan keuangan mereka. Bila telah banyak warga yang dapat dijangkau oleh Fintech karena itu bisa berpengaruh pada bertambahnya ekonomi makro. Keringanannya bisa menolong tingkatkan pembelian di e-commerce.

Penurunan bunga pinjaman

Pinjaman yang terbuka, gampang, dan tidak tinggi bunganya menjadikan Fintech sebagai bintang keuangan oleh warga. Dengan menawarkan keringanan dan kenyamanan, perusahaan Fintech menjadi salah satu industri yang paling berkembang sekarang ini dan kemungkinan untuk sesaat di depan.