Nah, tapi tentunya wajar mempertanyakan apa peranan dan manfaat taman kota, khususnya untuk mereka yang tidak pahami. Secara nyata, tempat ini statis, kosong, dan tidak "diperlukan" beberapa orang. Berlainan tentu saja pada jalan raya di mana kendaraan tiap hari melalui di atasnya.

Tidak kelihatan fungsinya di mata beberapa orang (yang malas belajar saja sich dan berpikir sempit hingga peranan atau faedah cuman suatu hal langsung dapat disaksikan atau dirasa saja).

Walau sebenarnya, kehadiran taman kota penting untuk kota dan tentu saja masyarakatnya. Semua karena peranannya di kehidupan perkotaan akan memberinya banyak faedah.

Beberapa dari manfaat itu dapat dilihat dari rangkuman situs jasa tukang taman berikut ini :

1) Peranan dan Manfaat Secara Ekologis

Peranan ekologis ialah peranan yang terkait dengan alam sendiri. Salah satunya peranan dan faedah taman kota tidak langsung dirasa oleh masyarakat kotanya, tapi peranannya jadi pembantu supaya transisi di alam berjalan baik dan pada akhirannya hasilkan situasi keadaan yang semakin nyaman untuk manusia.

2) Peranan dan Manfaat Sosial

Peranan dan faedah taman kota dengan cara sosial terkait dengan imbas positif yang diberi untuk kehidupan manusia. Dapat berasa atau kelihatan, tapi juga bisa tidak.

3) Peranan Estetika

Taman kota memberinya nilai seni sendiri untuk suatu kota. Dia jadi ornament percantik dan memberinya keelokan yang dapat dicicipi oleh masyarakat kota atau wisatawan yang kebenaran tiba.bKota bisa menjadi elok dengan kehadiran sebuah taman yang hijau.

4) Peranan Lain-lain

Landmark atau Icon sebuah kota : taman kota dapat menjadi sebuah icon yang bawa keunikan sebuah kota, misalnya Taman Kencana di mana beberapa orang langsung akan berpikiran mengenai Bogor jika dengar namanya

Jadi daya magnet rekreasi : taman kota juga dapat menjadi satu diantara daya pikat buat mengundang pelancong, baik luar dan dalam negeri, misalnya Taman Pelintasan Bogor di mana ada tulisan B.O.G.O.R dalam ukuran besar dan baik untuk jadi background ber-selfie riang

Panduan Arah : lokasi Macaroni Panggan berada 10-20 mtr. dari Taman Kencana. Kehadiran sebuah taman kota menjadi dasar panduan arah untuk mendapati sebuah tempat

Pentas terbuka : jika dibuat secara eksklusif, sebuah taman kota menjadi pentas terbuka yang dapat digunakan untuk pagelaran seni atau atraksi yang lain atau mengumandangkan opini. Contoh dari yang ini ialah Taman EKSPRESI Bogor di mana tiap minggu bakal ada perlihatkan film atau dialog didalamnya

Cagar budaya : beberapa dari taman yang berada di Bogor dibuat pada periode pemerintah Belanda. maka ada nilai bersejarah yang terdapat didalamnya. Contoh dari peranan ini berada di Taman Kencana dan Taman Air Mancur di Bogor yang dibuat pada era ke-19 dan awalnya era ke-20. Ke-2 nya sebagai cagar budaya Bogor karena sebagai warisan monumental dari masa lampau

Kurang lebih itulah peranan dan manfaat dari taman kota.

Sesudah membaca ini, apa masih kita melihat jika pembangunan sebuah taman kota sebetulnya tidak berguna dan sebuah kesia-siaan? Semoga tidak. Karena kehadiran sarana umum/khalayak yang ini menolong memberinya kehidupan yang lebih bagus, nyaman untuk masyarakat sebuah kota.

Bila, pemda kota di mana Anda tinggal membuat suatu taman kota, karena itu yang perlu dilaksanakan bukan ngedumel dan ngomel, tapi syukurlah. Banyak faedah yang bisa kita alami sebagai masyarakat kota itu.