Tiap negara memiliki masakan ciri khas yang umum dikonsumsi saat makan pagi. Di Indonesia, masakan untuk makan pagi umumnya bukan makanan yang diolah dengan proses yang susah. Sesungguhnya ada beberapa masakan Indonesia yang dapat dikonsumsi untuk makan pagi yang sehat.

Menu resep sehat ini banyak dijajakan dipenjuru indonesia, baik di desa maupun di kota besar. Tetapi sejumlah besar orang pilih makanan yang ringkas walau nutrisinya tidak imbang. Berikut beberapa masakan Indonesia yang dapat dikonsumsi untuk makan pagi yang sehat. 

sarapan

Beberapa hidangan Nusantara berikut dapat jadi menu makan pagi sehat setiap hari. Yok, baca idenya.

PECEL

Pecel adalah masakan Indonesia dengan bahan dasar sayur yang direbus dan disiram dengan bumbu kacang. Masakan yang ini ialah menu makan pagi yang terkenal dan gampang dijumpai dimanapun. Walau pecel terhitung masakan sehat untuk makan pagi, tetapi Kamu perlu memerhatikan jatahnya. Kebanyakan nasi atau bumbu kacang akan membuat masakan yang ini tak lagi sehat untuk dimakan. Disamping itu, jauhi lauk yang dimasak sebagai salah satunya menu pendamping pecel.

 BUBUR MANADO

Tidak hanya nasi, bubur adalah masakan yang umum dikonsumsi saat makan pagi. Bubur memiliki rasa yang renyah dan struktur yang halus hingga membuat perut nyaman. Ada beberapa tipe bubur yang dapat dikonsumsi untuk menu makan pagi. Tetapi bubur yang terbagus ialah bubur dengan beberapa sayur atau juga dikenal dengan bubur Manado. Kamu dapat menambah bermacam jenis sayur untuk bubur Manado seperti kangkung, bayam, jagung, jamur, dan lain-lain. Kecuali sayur, tambah suwiran daging ayam untuk sumber protein.

 URAP

Tidak cuman pecel, urap adalah masakan Indonesia yang pas dimakan saat makan pagi. Masakan yang ini memiliki bahan dasar sayur yang direbus dan digabung dengan bumbu yang dibuat dari kelapa parut dan rempah-rempah. Sayur urap ini pas disajikan dengan nasi putih dan lauk pauk. Jika Kamu sedang berdiet, Kamu dapat melahap urap sayur ini saat makan pagi tanpa nasi.

 SOTO

Soto adalah masakan Indonesia yang terkenal sebagai menu makan pagi. Masakan yang ini ialah tipe one meal bowl atau masakan yang komplet dalam semangkok. Dalam semangkok terbagi dalam nasi, daging, sayur, dan kuah yang renyah. Ada beberapa tipe soto yang dapat dimakan sebagai makan pagi, tetapi supaya lebih sehat tentukan soto yang tidak memakai santan.

 SUP SAYUR

Sup sayur adalah masakan Indonesia yang terkenal untuk menu makan pagi. Masakan yang ini benar-benar gampang dibikin dan memakai bermacam sayur sesuai dengan selera. Sebagian orang menambah potongan daging ayam atau bakso supaya rasa sup makin sedap. Masakan yang ini dapat dikonsumsi dengan nasi atau cuman supnya saja.