Penyakit kaki Charcot ialah satu kompleksitas yang jarang ada, tetapi sebagai keadaan kesehatan yang lumayan serius. Abnormalitas ini ialah satu abnormalitas saraf di bagian kaki yang dikenali dengan neuropati perifer, dan umum terjadi ke orang yang menanggung derita diabetes mellitus. Penyakit kaki charcot memengaruhi tulang, persendian, dan jaringan lunak pada kaki atau pergelangan kaki.

Saat seorang terserang penyakit kaki Charcot, tulang kaki jadi ringkih dan dapat patah. Disamping itu, penyakit ini bisa juga memengaruhi sendi, dan mengakibatkan sendi terkilir. Menurut Kurnia Putra Ortopedi , bila tidak diatasi pada step awalnya, penyakit ini dapat mengakibatkan kecacatan atau deformitas pada kaki. Penyakit ini dapat mengakibatkan cedera terbuka hingga mengakibatkan infeksi serta amputasi.


Apa Penyebab Seseorang Menderita Penyakit Kaki Charcot?

 

Meskipun Penyakit kaki Charcot disebabkan karena keadaan neuropati perifer yang dikuasai oleh penyakit diabetes melitus, tapi diabetes melitus bukan factor tunggal yang bisa mengakibatkan penyakit ini. Penyakit ini bisa dikuasai oleh beberapa keadaan kesehatan lain, misalnya :

  • penyimpangan alkohol
  • penyimpangan narkoba
  • kusta
  • sipilis
  • syringomyelia
  • polio
  • infeksi, trauma, atau kerusakan pada saraf pinggir (perifer)
  • HIV
  • Penyakit Parkinson
  • keadaan infeksi, seperti sarkoidosis atau psoriasis

 

Gejala kaki Charcot

 

Gejala kaki Charcot terdiri dari tiga step:

 

Step Satu: Fragmentasi dan keruntuhan

Step awalnya diikuti dengan tanda-tanda seperti kemerahan dan bengkak yang berarti pada kaki dan pergelangan kaki. Tempat ini bisa juga berasa hangat atau panas waktu dipegang jika diperbandingkan dengan sisi kaki yang lain.

Secara intern, terjadi bengkak jaringan lunak dan tulang patah kecil. Hingga mengakibatkan kerusakan persendian dan tulang disekelilingnya. Keadaan ini mengakibatkan raibnya kestabilan ikatan dan menyebabkan perubahan persendian.

Pada step ini, bila penyakit kaki Charcot tidak diobati, keadaan bisa berjalan sampai setahun.

 

Step Dua: Koalesensi

Pada step ini, badan berusaha untuk mengobati diri karena kerusakan yang terjadi sepanjang step pertama. Perusakan persendian dan tulang melamban, dan pertanda infeksi mulai menyusut.

 

Step Tiga: Rekonstruksi

Pada step ke-3 , infeksi persendian dan tulang kaki lebih baik seutuhnya. Sayang, keadaan persendian dan tulang kaki, tidak balik ke keadaan atau wujud aslinya sendiri.

 

Pada step tiga, meskipun tidak ada infeksi selanjutnya, Kaki mungkin saja lebih rawan pada pembangunan cedera, yang bisa mengakibatkan abnormalitas wujud selanjutnya atau dalam beberapa kasus bisa mengakibatkan seorang di amputasi.

 

Apakah Penyakit Kaki Charcot Bisa Dicegah?

 

Penyakit kaki Charcot bisa dihindari dengan mengurus penyakit yang kemungkinan mengakibatkan sejak awal kali. Sebagai contoh, Anda kemungkinan perlu lakukan perawatan teratur dan mengatur kandungan gula darah, bila Anda terserang penyakit diabetes.

 

Anda pun perlu selekasnya memeriksa diri ke dokter bila mulai ada permasalahan pada kaki Anda yang memberikan pertanda penyakit kaki Charcot. Karena bila diatasi pada step awalnya, peluang Penyakit ini mengakibatkan kompleksitas, bisa dihindari.

 

Bagaimana Penyakit Kaki Charcot Ditangani?

 

Diagnosis

Pada step awalnya, penyakit kaki Charcot kemungkinan susah didiagnosa. Pengecekan rontgen dan test laboratorium umumnya tidak memberikan abnormalitas. Bila ini terjadi, dokter bisa tentukan diagnosis berlangsungnya penyakit kaki Charcot dengan lakukan pengecekan pada keadaan kaki itu dan kisah keadaan kesehatan keseluruhannya.

 

Pengobatan

Penyembuhan bisa dilaksanakan dengan perawatan bedah dan perawatan non bedah. Perawatan non bedah untuk kaki Charcot pada step awalnya diperuntukkan untuk kurangi pertanda infeksi, dan memantapkan kaki dengan mengawasinya supaya tidak bergerak. Penting untuk kurangi beban atau penekanan pada kaki untuk hentikan berlangsungnya kerusakan.

 

Beberapa perawatan non-bedah untuk kaki Charcot yang bisa menolong hentikan perubahan penyakit ini mencakup:

·         kenakan perlindungan seperti gips , brace atau boot.

·         kurangi penekanan pada kaki yang sakit dengan memakai bangku roda atau tongkat saat berjalan.

·         memakai penyangga ortotik untuk membenahi kesesuaian kaki.

·         kenakan gips contact yang terpasang khusus pada kaki.

Dokter Anda bisa mereferensikan operasi bila kaki tidak konstan atau bila pemakaian penyangga tidak bisa membenahi tanda-tanda. Anda pun kemungkinan membutuhkan operasi bila ada cedera yang tidak juga pulih atau ada kematian jaringan. Tehnik pembandinghan yang bisa dilaksanakan mencakup:

 

Osteotomi rekonstruktif. Dikenal juga sebagai pembandinghan rekonstruksi tulang. Operasi ini mempunyai tujuan untuk membenahi wujud tulang yang alami kecacatan.

Fusi pergelangan kaki. Proses ini memakai skrup, atau plat untuk mengamankan persendian pergelangan kaki, dan kurangi pergerakan sementara untuk menahan berlangsungnya kerusakan pada susunan kaki selanjutnya.

Eksostektomi. Operasi pengangkatan tulang yang membuat taji yang bisa mengakibatkan cedera pada jaringan lunak seputar.

Amputasi dan penempatan prostetik. Proses amputasi yang dituruti dengan penempatan kaki palsu sebagai piranti prostetik