Beternak ayam petelur lebih sama dengan pemakaian kandang baterei. Bila beternak dalam jumlah sedikit, karena itu tanpa memakai kandang baterei menjadi referensi paling baik untuk mengirit bujet peternak. Sistem ini dikenali dengan beternak ayam petelur mekanisme umbaran.

Mekanisme umbaran ialah biarkan ayam bergerak bebas tanpa kandang. Berikut ialah sejumlah keuntungan dan rugi ternak ayam petelur dengan sistem umbaran yang penting Anda kenali. Baca pembahasan lengkapnya berikut ini :

 

Keuntungan Ternak Ayam Sistem Umbaran

Untuk peternak yang baru kesempatan ini coba ternak ayam petelur tanpa kandang, Anda bisa mendapatkan bibit ayam dari sejumlah penyedia yang jual DOC ayam broiler maupun petelur. Dan berikut keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat ternak ayam dengan sistem umbaran :

 

Ayam Lebih Lincah

Ayam petelur yang di umbar makin lebih gesit, sehat dan produktif dibanding dengan ayam yang dikandangkan atau intens. Disamping itu, mereka tidak kehilangan karakter alaminya yakni mengais tanah untuk cari pakan dan lain-lain.

 

Daging dan Telur Lebih Sehat

Beternak dengan mekanisme umbaran bisa hasilkan daging dan telur yang lebih sehat. Hal tersebut karena langkah beternak ayam petelur masih memiliki sifat alami, yang mana terlepas berbahan kimia. Bila ayam yang dipiara terlepas dengan obat dan vaksin, ataupun lebih memakai herbal dalam penjagaan dan penyembuhan penyakit karena itu hasil ayam ini disebutkan ayam organik.

 

Biaya Pakan dan Kandang Dapat Ditekan

Ayam yang diternakkan dengan diobral atau tanpa kandang makin lebih gampang mendapati pakan alami dengan mengais tanah memakai ceker mereka. Salah satu perihal ini dapat mendesak ongkos pakan walau prosentasenya masih tetap sedikit. Kecuali bisa mendesak ongkos pakan, ongkos pengerjaan kandang juga irit, karena tidak memerlukan kandang pentas dan kandang baterei.

 

Membantu Kesuburan Tanah

Karakter alami ayam ialah menceker dan mengais tanah untuk memperoleh pakan. Dengan menceker dan mengais tanah itu ayam bisa menolong menyuburkan tanah dan kotoranya dapat dipakai sebagai pupuk penyubur tanah.

 

Kerugian Ternak Ayam Sistem Umbaran

Sisi kerugian yang dapat dirasa oleh peternak lebih menguasai pada gempuran penyakit yang disebabkan karena cuaca. Cuaca yang tidak pasti akan mengakibatkan ayam mempunyai ketahanan badan yang rendah. Ditambah lagi bila sang ayam telah terserang penyakit karena itu penebarannya akan gampang sekali terjadi.

Peternak harus pastikan kandang tempat berlindung ayam dibikin bersih secara periodik, supaya ayam petelur tidak gampang terkena penyakit yang menghalangi proses produksi telurnya.

 

Nah, bila peternak memilih untuk jalankan bisnis ayam petelur tanpa kandang (mekanisme umbaran), karena itu selalu harus mempertahankan kesehatan ayam. Untuk menghindar dari cuaca yang tidak pasti.

Peternak dapat memberi vitamin, vaksin atau kombinasi herbal khusus ayam yang diterapkan ke makanan atau minumannya. Hal itu bisa perkuat ketahanan badan ayam tersebut supaya tidak gampang sakit. Mudah-mudahan ulasan kami kesempatan ini berguna untuk Anda, terima kasih.