Cara Membuat Bonsai Kelapa dengan Mudah

Bonsai kelapa menjadi opsi pas untuk tumbuhan yang ditanamkan di dalam rumah. Langkah membuat dan menjaganya rupanya tidak susah. Kamu tentunya tahu berkenaan pohon bonsai, tanaman dibuat jadi kerdil tetapi kelihatan cantik.

Cara bonsai ini disengaja dan jadi sisi dari seni yang memerlukan kesabaran dan ketekunan. Mereka yang hoby dengan budidaya tanaman hias tentunya mengenali bonsai beringin, bonsai serut, dan bonsai kelapa.

Umumnya, bonsai memang dibikin dan dibuat dari tanaman berbahan kayu keras, karena itu bonsai kelapa beda kembali. Bonsai kelapa ini dibikin dari pohon kelapa, lebih persisnya dari buah atau batok kelapa, selanjutnya dibuat jadi bonsai.

Kemungkinan kamu tidak menduga jika pohon kelapa yang membubung tinggi rupanya dapat dibuat jadi bonsai. Beberapa pecinta tanaman bukan hanya dapat membuat bonsai, tetapi pahami langkah membuat bonsai bercabang.

Untuk bikin bonsai kelapa memang tidak gampang, memang memerlukan kesabaran dan ketekunan. Sesudah bonsai kelapa dapat dibuat, tanaman ini bukan hanya cantik tapi juga mempunyai harga jual tinggi.

Jenis Pohon Kelapa yang Dapat Dijadikan Bonsai Kelapa

Untuk membuat bonsai kelapa, ada tiga tipe pohon kelapa yang bisa jadi bonsai menurut bonsaikita.com yakni kelapa gading merah, kelapa gading susu, dan kelapa albino. Bonsai kelapa gading merah mempunyai beberapa beberapa ciri seperti warna merah kekuningan, memiliki wujud cantik dan unik.

Perawatan bonsai kelapa tipe ini menyusahkan karena harus menjaga warna merah dan membutuhkan pupuk yang lumayan banyak. Bonsai kelapa gading susu memiliki beberapa ciri-ciri seperti warna putih, dapat menyesuaikan di lingkungan tropis.

Disamping itu, bonsai kelapa tipe ini biasa ditempatkan sebagai hiasan taman atau tanaman hias di dalam rumah. Sementara bonsai kelapa albino mempunyai beberapa ciri seperti berikut warna putih tapi tidak pucat dan polos. Warna putih bonsai kelapa albino ini condong lebih jelas dan ke arah warna perak, nach itu ketidaksamaan ke-3 nya.

Bonsai kelapa memang tidak bisa berbuah, sesudah jadi bonsai dan tumbuh di antara 25-30 cm, pohon ini kehilangan kekuatan berbuah.

Cara Membuat Bonsai Kelapa

1. Pilih Jenis Kelapa

Tanaman dapat tumbuh secara baik bila dapat memperoleh bibit yang bagus, karena itu tentukan kelapa yang bagus. Seperti telah diterangkan di atas, opsi untuk bonsai kelapa ialah kelapa gading merah, kelapa gading susu, dan kelapa albino.

2. Pilih Bibit

Bibit yang digunakan ialah buah kelapa yang tua, bukan kelapa yang muda, disamping itu ada persyaratan lain. Buah harus diambil langsung dari pohon, bukan jatuh dari pohon, tentukan buah kelapa dengan akar yang banyak dan berbatok kecil.

3. Tempatkan Posisi Batok Kelapa

Tunas kelapa umumnya baru ada pada minggu kedua atau ketiga, karena itu tempatkan bibit harus juga disaksikan. Bila status bibit vertikal maka hasilkan batok yang disanggupi akar, jika bibit ditempatkan secara horizontal maka tumbuh seperti keong.

4. Bersihkan Sabut Kelapa

Selesai tunas kelapa tumbuh, membersihkan sabut kelapa dengan kupas batok kelapa dengan berhati-hati. Saat bersihkan sabut kelapa, kerjakan secara berhati-hati supaya tidak mengusik perkembangan tunas baru.

5. Bersihkan Bulu Halus Pada Batok

tahap selanjutnya ialah bersihkan bulu lembut pada batok kepala, sesudah bersih kamu dapat memakai amplas.

6. Tempatkan Kelapa Pada Media Tanam

Untuk tempat tanam, kamu dapat menggunakan pot yang sudah diisi oleh kombinasi tanah, air, dan pupuk kandang. Janganlah lupa tutup tunas baru memakai botol sisa supaya tunas dapat tumbuh dan tidak hancur.

7. Membentuk Bonsai Kelapa

Saat bibit bonsai sudah tumbuh seputar 15-20 cm, potong atau sayat sisi bawah supaya tidak busuk. Kamu dapat memakai tali kawat untuk membuat bonsai kelapa seperti keinginan, pohon ini dapat diikat dari pangkal tangkai.

Cara Merawat Bonsai Kelapa

Langkah menjaga bonsai kelapa rupanya lumayan gampang, sama dengan menjaga tanaman yang lain. Janganlah lupa untuk memberi keperluan tanaman seperti air dan pupuk dan cahaya matahari. Untuk memberi air, cukup 1x satu hari supaya tanaman bonsai kelapa tidak begitu lembap atau basah.

Sedang untuk memberi pupuk, cukup dua minggu sekali supaya bisa berkembang dan tumbuh secara baik. Supaya tanaman dapat terhindar penyakit, janganlah lupa untuk memberi herbisida dan insektisida yang cocok.

Setelah mengetahui langkah membuat bonsai kelapa, kamu berminat untuk membuat sendiri di rumah?