Bermain games, biasa dilaksanakan saat Anda sedang mempunyai waktu senggang atau perlu selingan. Tapi untuk sedikit orang, bermain games ialah sebuah pekerjaan. Menyaksikan beberapa pemain esports professional berlaga di kompetisi besar dan mempunyai banyak fans, pasti hal itu jadi mimpi beberapa gamer.

Beberapa orang yang kebingungan bagaimana triknya jadi seorang pemain esports professional. Jika Anda memikir telah mempunyai semua kekuatan yang diperlukan menjadi pemain esports professional, berikut beberapa cara yang dapat Anda kerjakan untuk dapat masuk di team esport professional

 

1. Jadilah Top Global

Climbing rank atau push rank yang umum disampaikan saat ini oleh beberapa gamer adalah step awalnya untuk menunjukkan ketrampilan Anda bermain games itu. Masuk ke tier rangking terbaik di tiap games yang anda gemari sekarang ini , seperti Master/Heroic di Game Free Fire, Immortal di Dota 2 atau Glorious Mythic di Mobile legends.

Dengan Anda bermain di rank paling tinggi itu, makin perbanyak peluang untuk berjumpa pemain professional betulan. Bermainlah segenap hati, supaya nampak oleh beberapa pemain professional ini. Pokoknya ialah pembuktian jika Anda memang mempunyai kekuatan yang diperlukan menjadi pemain professional. Biasanya, salah satunya langkah team esports professional cari anggota pemainnya dengan referensi dari pemain yang lain yang telah terlebih dahulu tergabung.

Disamping itu, usahakanlah masuk di rangking paling tinggi seperti Hebat Global untuk MLBB. Sering , team-team esports cari beberapa pemain muda berpotensi dari menyaksikan rangking Hebat Global.

 

2. Ikuti dan Menangkan Turnamen Esport Lokal

Selain dari referensi pemain professional, team-team professional mempunyai pihak yang khusus cari talenta beberapa pemain pemula. Beberapa pencarian talenta ini mengawasi beberapa pertandingan esports yang berjalan dengan detail. Mereka akan menyaksikan langkah bermain Anda, kecepatan dan keakuratan saat memutuskan saat laga, psikis dan sikap saat berlaga, dan lain-lainnya.

Maka Anda harus keluarkan semua kekuatan Anda saat berlaga, tidak cuma untuk memenangi kompetisi tapi juga untuk mengundang perhatian beberapa pencarian talenta itu.

 

3. Lakukan Live Streaming

Jika Anda telah mempunyai potensi yang diperlukan untuk berkompetisi di dunia bersaing esports dan mempunyai tier rank paling tinggi di games yang Anda mainkan, langkah yang tidak kalah efisien untuk mengundang perhatian ialah lakukan streaming langsung. Daftarkan diri Anda di basis streaming langsung seperti Youtube Gaming, Facebook Gaming atau Nimo TV. Dengan ini, makin beberapa orang akan menyaksikan kekuatan Anda saat bermain games.

Kalaulah Anda gagal untuk di-notice oleh team professional, minimal Anda dapat meneruskan karier Anda jadi seorang live-streamer. Ada banyak contoh live-streamer sebagai pemain esports professional, seperti Alex "Entruv" Prawira yang saat ini jadi pelatih PUBGM dan Free Fire untuk team Aura Esports.

 

4. Ikuti Akademi Esports

Beberapa team esports professional melangsungkan sekolah tinggi esports sendiri. Misalnya RRQ Academy PUBGM dari team Rex Regum Qeon. Di RRQ Academy PUBGM, pemain akan dilatih oleh beberapa pemain dan pelatih RRQ seksi PUBGM yakni Michael "StMichael" Chandra. Kesempatan kali ini benar-benar bernilai untuk beberapa pemain pemula karena Anda akan dilatih oleh beberapa figur-toko professional dan berpeluang untuk masuk ke organisasi esports jadi pemain professional.

Jika Anda telah diberi penawaran untuk tergabung dengan team esports professional, umumnya akan dilaksanakan periode eksperimen atau try out. Periode eksperimen ini umumnya akan memerlukan waktu beberapa bulan untuk menyaksikan kesesuaian permainan dengan team yang telah ada.

 

5. Daftar Ke Team Esport

Cukup banyak team esports yang buka lowongan pemain di sosial medianya. Jadi Anda harus rajin untuk melihat account media sosial beberapa team esports untuk mendaftarkan lowongan mereka.

Sayang, balik lagi, tanpa reputasi prestasi atau rank tinggi di games, kemungkinan, Anda tidak dilirik. Maka lowongan ini hanya sebagai tambahan info saja bila Anda sudah kantongi ketrampilan atau pengalaman.

Disamping itu, Anda bisa juga follow beberapa petinggi atau aktor di industri esports seperti AP dari RRQ, Aldean Tabah dari EVOS, Owljan dari BOOM Esports, atau pejabat atau player yang lain dari Bigetron, Alter Ego, dan teman-temannya untuk dapat memperoleh info lebih. 

 

Karena jadi pemain esports professional ialah sebuah pekerjaan, tidak boleh kira Anda cuman akan bersenang-senang di sini. Menjadi pemain pro itu seperti karier yang lain yang menuntut tanggung jawab, tekad belajar, dan kekuatan untuk dapat bekerja bersama dengan kawan-kawan Anda.

Bila Anda memang telah mempunyai kekuatan, 5 hal barusan dapat Anda pakai sebagai lajur untuk ke arah tingkat professional. Akan tetapi, bila Anda belum juga punyai kekuatannya, sebaiknya Anda mempertajamnya lebih dulu.