Di zaman digital seperti saat ini, komik tidak cuma ada berbentuk bikin, tetapi ada berbentuk digital. Namun banyak sejumlah besar situs komik sediakan komik ilegal. Komik ilegal umumnya adalah dari hasil scanslation atau manga scan. Tentu saja manga scan dipandang seperti pembajakan dari komik aslinya dan bikin rugi beberapa komikus.

Untuk Anda yang pengin menghargai kreasi beberapa komikus, Anda bisa membaca mereka secara legal. Berikut 8 situs baca komik legal yang telah dikutip dari situs tales of demon and gods untuk beberapa fans komik:

1. Tapas

Tapas ialah tempat berkumpulnya beberapa komik yang sudah mengeluarkan 86.000 narasi. Anda dapat mendapati banyak narasi dengan bermacam jenis, dimulai dari humor, seram, slice of slice, romantis, sampai science fiction.

Tidak cuma itu, Tapas adalah basis penerbitan sosial untuk komik situs dan novel situs, tempat siapa saja bisa membaca narasi atau membuat dan share narasi.

Tapas sediakan banyak komik yang dapat dibaca dengan gratis dan premium berbayar. Untuk komik premium diikuti dengan simbol kunci gembok kecil dan bisa dibuka dengan Tapas Ink. Sekarang ini Tapas ada di situs sah, yakni tapas.io.

2. Manga Plus

Jika Anda pengin membaca manga online, gratis dan pengin menghargai komikus, Manga Plus ialah jawabnya. Situs ini disiapkan oleh peneribit majalah populer, yakni Shueisha. Tidak cuma itu, koleksi dari Manga Plus salah satunya tempat baca manga yang mengeluarkan setiap minggu. Hingga Anda tak perlu kembali menanti lama untuk membaca lanjutan dari komik kecintaan Anda.

Disamping itu, Anda bisa membaca seluruh tipe koleksi komik dengan gratis. Anda perlu mengaskes situs sah Manga Plus, yakni mangaplus.shueisha.co.jp

3. Marvel Unlimited

Berikutnya adalah basis digital dari Marvel Unlimited yang tawarkan lebih dari 28.000 komik Marvel. Komik yang ada sudah diputuskan selaku judul favorite. Marvel Unlimited menambah komik baru tiap minggu dengan judul baru yang ditambah tiap minggu.

Anda dapat membaca komik Marvel dengan gratis dan berbayar. Harga yang dijajakan beragam dimulai dari US$69/tahun sampai US$99/tahun dengan ditambahkan pajak. Marvel Unlimited bisa Anda ambil dari iTunes atau Google Play.

4. Crunchyroll

Situs ini adalah salah satunya penyuplai koleksi manga dan anime. Crunchyroll mempunyai banyak koleksi manga terkenal, seperti Attack on Titan, The Grim Reaper dan ada banyak yang lain. Crunchyroll sediakan komik dengan gratis. Tetapi, ada banyak komik dengan mekanisme abonemen premium berbayar, dimulai dari harga US$7,99 atau seputar Rp112 ribu untuk tiap bulannya.

Untuk Anda yang pengin cobanya lebih dulu, Anda dapat memakai free trial sepanjang dua minggu.

5. Ragasukma

Situs komik selanjutnya ialah Ragasukma. Rumah berkumpulnya beberapa karya yang mendongengkan cerita beberapa Pendekar di jagad persilatan Nusantara. Ragasukma memuat kreasi rupa seperti komik dan kreasi sastra seperti novel bermutu, dan menjualnya berbentuk fisik atau digital.

Sekarang ini, Ragasukma cuman sediakan komik hasil kreasi sebelas pendekar komikus baik yang berbayar atau yang bisa dibaca gratis.

6. Book Walker

Selanjutnya Book Walker yang disebut situs punya Kadokawa. Di situs itu, Anda dapat beli dan membaca digital manga dan light novel.

Anda dapat mendapati bermacam jenis dimulai dari sinetron, humor, tindakan, seram, sampai fantasi. Disamping itu, Book Walker menyediakan beberapa komik gratis. Anda perlu membaca lewat situs sah Book Walker atau mengambilnya di App Store dan Google Store.

7. Webtoon

Platform berikutnya ialah Webtoon. Pasti basis ini telah kenal kembali di kelompok fans komik. Webtoon ialah service komik digital gratis yang memungkinkannya Anda untuk nikmati bacaan yang bermacam dari kreator-kreator komik bagus di dalam atau luar negeri.

Untuk memakainya, Anda perlu mengambil program Webtoon yang ada di Apple App Store dan Google Play Store. Disamping itu, Anda bisa juga mengaksesnya lewat situs sah Webtoon.

Anda bisa mengambil adegan dengan program di piranti mobile supaya Anda bisa membaca Webtoon dimana dan kapan saja. Service baca komik asal Korea ini terdaftar telah lebih dari 64 juta pembaca dari penjuru dunia.

Bahkan juga karena sangat terkenalnya basis ini, banyak beberapa judul komik yang diadaptasi dari Webtoon, seperti Sweet Home, True Beauty, My ID is Gangnam Beauty dan ada banyak kembali.

8. KakaoPage

Paling akhir ialah KakaoPage yang memakai mekanisme point yang nanti dapat diganti untuk beli koin dan membaca komik. Sama dengan Webtoon, koleksi dari KakaoPage juga ada yang diadaptasi berbentuk sinetron, seperti Itaewon Class.

Demikian artikel terkait 8 Situs Baca Komik Online Legal Gratis Hingga Berbayar. Semoga bermanfaat.