Untuk lakukan pengukuran tanah, dibutuhkan beberapa alat yang mendukung supaya memperoleh penghitungan yang pas. Nanti hasil penghitungan itu bisa bermanfaat untuk kebutuhan seperti survey penskalaan untuk permukaan bumi.

Sama seperti yang kita ketahui, wujud relief permukaan bumi tidak rata, telah selayaknya bila kita membutuhkan alat – alat yang pas untuk hitung serta mengenali besarnya sudut serta jarak untuk permukaan bumi. Beberapa alat yang dipakai terhitung alat yang simpel tetapi ada pula yang membutuhkan alat dengan tehnologi yang lebih modern.

Menurut Jual GPS Geodetik terbaik, tingkat kesulitan alat yang dipakai bergantung dari langkah pemakaian serta elemen yang berada di alat itu. Berdasar modenya, alat ukur tanah bisa digolongkan jadi 3 jenis yakni alat ukur simpel, alat ukur optik, serta alat ukur elektronik.

Alat ukur sederhana bisa dipakai untuk menghitung satu jenis ukuran, alat ukur optik memakai bantuan lensa optik untuk memperoleh hasil pengukur, sedangak alat ukur elektronik adalah alat ukur tanah yang mempunyai keakuratan kecermatan tertinggi karena dalam pemakaianya memiliki elemen berbentuk infra merah. Untuk pahami alat ukur tanah lebih dalam, di bawah ini nama – nama alat ukur tanah dan langkah pemakaiannya.

 

Alat Ukur Sederhana

Disebutkan simpel sebab dalam memakai alat ini lumayan gampang serta sederhana, dan pemakaian alat ukur ini cuman dipakai untuk menghitung satu jenis ukuran saja. Alat – alat itu yakni:

 

Meteran

Meteran atau pita ukur umumnya seperti pita yang mempunyai panjang spesifik. Meteran bisa juga disebutkan dengan rol mtr., sebab waktu tersimpan atau pada kondisi tidak dipakai, meteran akan digulung atau dirol.

Peranan dari meteran untuk menghitung panjang serta jarak. Umumnya unit yang dipakai ada 2 ukuran yakni ukuran unit metrik (mm, cm, m) serta unit inggris (inch, feet, yard). Pembacaan angka 0 ada yang dibaca pas diujung meteran adapula yang dipastikan untuk jarak spesifik di ujung meteran. Langkah memakai meteran cukup hanya melebarkan meteran dari satu titik di titik yang lain dalam satu object sektor yang akan diukur.

 

Kompas

Komponen penting yang berada di alat ukur ini yakni jarum serta lingkaran bertaraf, di mana salah satunya ujung jarum itu dibikin dari magnet atau besi berani, sisi tengah jarum terpasang satu sumbu hingga jarum bisa bergerak bebas menuju horisontal sesuai arah medan magnet bumi yakni utara serta selatan.

Sebaiknya memakai kompas yang mempunyai cairan nivo yang berperan memantapkan pergerakan jarum dan alat pembidik atau visir. Peranan dari kompas yakni tentukan arah dari mata angin serta petunjuk arah khususnya utara serta selatan.

 

Klinometer

Salah satu alat ukur sederhana ini dipakai untuk menghitung pojok elevasi di antara garis datar dengan garis yang menyambungkan satu titik yang ada di garis datar dengan titik pucuk satu object. Keseluruhannya klinometer untuk menghitung ketinggian atau panjang satu object dengan manfaatkan pojok elevasi.

Peranan klinometer untuk tentukan besaran pojok elevasi waktu menghitung tinggi object otomatis. Langkah pemakaian alat ini seharusnya dikerjakan oleh dua orang.

Baca : Pengertian Total Station Alat Ukur Konstruksi Bangunan

Alat Ukur Optik

Alat ini dilengkapi dengan peralatan optik hingga memperoleh hasil penghitungan yang pas serta lebih detil bila dibanding dengan alat ukur simpel. Alat ukur optik ini umumnya terbagi dalam beberapa alat yang dirangkai pada sebuah buah alat, hingga bisa menghitung lebih satu pengukur.

 

Theodolit

Alat ukur optik ini dibikin untuk tentukan tinggi dari tanah pengukur pojok yang berbentuk pojok tegak (pojok vertikal) serta pojok mencatatr (sudut horisontal). Peranan dari theodolit untuk pengukur polygon, penskalaan keadaan dan penilaian matahari. Tidak itu saja, theodolit bisa juga berperan seperti PPD bila pojok vertikalnya dirubah jadi 90o.

Teropong yang berada di theodolit, membuat bisa mengincar ke semua arah. Untuk konstruksi bangunan, theodolit bisa berperan untuk tentukan pojok siku –siku untuk fondasi dan menghitung ketinggian bangunan bertingkat.

Untuk memakai theodolit yakinkan statuskan tripod atau penyangga panjang untuk lokasi yang datar serta mengatur ketinggiannya seputar tinggi dada. Mengencangkan sekrup pengunci untuk kaki penyangga panjang. Harga Jual Theodolite sendiri sangat beragam dipasaran untuk sekarang ini.

 

Waterpas

Termasuk ke dalam alat ukur optik yang berperan untuk menghitung beda tinggi dari 1 titik atau bisa lebih, pemakaian waterpas sekarang ini benar-benar luas. Ada banyak ketentuan dalam memakai waterpas, yakni ketentuan aktif (sumbu 1 vertikal) serta ketentuan statis (garis yang mencatatr di bagian diafragma sejajar sumbu 1, garis nivo tegak lempeng sumbu 1, garis incar untuk teropong sejajar dengan garis arah nivo).

Langkah memakai waterpas ini seharusnya memakai tripod atau kaki tiga selaku penyangga serta statuskan di titik koordinat yang telah dipastikan.

 

Alat Ukur Elektronik

Sesuai namanya, alat ini memakai metode elektronik berbentuk gelombang infra merah. Hingga pengukur dengan memakai alat ini memperoleh hasil penghitungan yang pas, tepat serta prestisi.

 

Global Positioning System (GPS)

GPS adalah satu metode yang terdiri dari bentuk satelit radio navigasi dan fragmen kontrol tanah yang berperan mengurus operasi satelit serta pemakai dengan yang menerima spesial, memakai data satelit untuk penuhi kriteria dari status. Hasil yang diberi gambar permukaan bumi berbentuk 3 dimensi (3D).

Peranan GPS bukan hanya untuk kebutuhan militer, survey penskalaan atau geodesi saja, dan juga untuk riset geofisika (geodinamika, studi atmosfer, meteorologi dan lain-lain). Dibalik kelebihan yang dipunyai oleh GPS, alat ini mempunyai kekurangan yakni tidak bisa dipakai untuk lokasi yang tidak sanggup terima signal GPS oleh antena alat yang menerima yang ada dalam tempat, bawah terowongan atau di bawah air.

 

Total Station

Merupakan alat ukur elektronik yang dari peningkatan theodolit. Tetapi alat ini diperlengkapi oleh pengukur jarak serta pojok secara elektronik dengan kontribusi dari reflektor selaku sasaran serta alternatif rambu ukur. Untuk memudahkan pemakaian, keseluruhan station perlu disambungankan dengan computer.

Peranan total station yakni bisa dipakai untuk hitung jarak, arah, titik koordinat dan beda tinggi secara elektronis. Untuk memakai keseluruhan station yakinkan status tripod telah konstan serta kuat untuk menopang total station serta terletak di titik koordinat yang sudah dipastikan.

Atur nivo di kedua sumbu supaya pas untuk status di tengah-tengah lingkaran serta sejajar dengan status kita waktu berdiri. Bila telah sama serta semuanya ada untuk status yang pas (gelembung nivo ada di tengah), total station siap dipakai.

Itulah tadi beberapa alat yang dipakai dalam lakukan pengukuran tanah. Kami jual Total Station terbaik yang dapat Anda pakai untuk membantu pekerjaan dalam satu proyek kontruksi. Semoga info ini bermanfaat serta terima kasih.