Selaku kota paling besar di Indonesia, Jakarta simpan banyak kulineran sedap serta bagus yang dapat kamu eksplor. Dimulai dari soto Betawi sampai es cream dapat kamu dapatkan di Jakarta. Beberapa kulineran Jakarta bahkan juga ada yang telah berdiri sepanjang berpuluh-puluh tahun, hingga diketahui legendaris sekali di kelompok masyarakatnya.

1. Sate dan Sop Kambing H. Mansyur

Jika mengulas masalah sate serta sop kambing, H. Mansyur ialah jagonya. Tidak cuman harga yang dapat dijangkau, rasa makanan di Sate dan Sop Kambing H. Mansyur ini populer sedap sekali. Untuk kamu yang ingin kesini, sudah pasti harus untuk coba 2 menu itu. Tapi jika kamu tidak ingin mencoba yang kambing, juga bisa mengambil menu sate ayam. 1 jatahnya kamu dapat

menyantap 10 sate sedap dengan bumbu ciri khas H. Mansyur.

Alamat tempat makan ini berada di Jalan KH Abdullah Syafei RT 12/RW 9, Bukit Duri. Kamu yang ingin mendatanginya minimal harus bawa serta uang Rp100.000 untuk 2 orang. Soalnya, menu di restaurant ini harga benar-benar tidak dapat disebutkan murah. Untuk per jatah sate kambing kamu harus mengambil kantong sebesar Rp40.000, sedang untuk sate ayam serta sop

kambingnya, kamu dapat mempersiapkan Rp35.000. Hadirlah untuk jam 11:00 – 22:00 untuk cobanya.

Foodies yang ingin kesini seharusnya tiba cukup pagi sebab tempat ini benar-benar ramai.

2. Gado-gado Bonbin

Terdapat di Jakarta Pusat, persisnya di Jalan Cikini 4 No 5, Gado-gado Bonbin ialah tempat makan yang pas sekali untuk makan pagi. Apa lagi sesudah kamu olahraga pagi bersama keluarga atau rekan. Walau namanya Gado-gado Bonbin, makanan yang sangat bisa peringkat tinggi dalam tempat ini ialah asinannya. Jadi, kecuali pesan gado-gado sebaiknya kamu coba asinan untuk dikonsumsi bareng-bareng di restaurant yang membuka mulai 10:00 – 17:00 ini.

Per jatah makanan di sini tidak dapat disebutkan murah untuk ukuran restaurant kecil, jadi seharusnya jangan bawa uang cocok. Untuk kamu yang ingin coba kulineran Jakarta ini, minimal sediakan uang Rp100.000 untuk 2 orang. Tetapi jika kamu kurang bernafsu makan gado-gado atau asinan, mi ayam serta lontong dalam tempat ini populer sedap.

3. Soto Betawi H. Ma'ruf

Jika ada di Komplek Taman Ismail Marzuki, tidak ada kelirunya untuk singgah ke Soto Betawi H. Ma'ruf. Tempat makan ini populer legendaris sebab telah berdiri lumayan lama di Jalan Cikini Raya No 73. Rasa sotonya cukup sedap pada harga Rp44.000 saja. Walau tempatnya tidak begitu besar, kamu tidak perlu takut akan berbaris. Jadi, aman kok dikunjungi bersama-sama keluarga kapanpun start pukul 09:00 – 23:00.

Menu unggulannya ialah laksa serta sate Betawi. Semasing dikasih harga Rp30.000 serta Rp50.000. Jadi, kamu minimal harus mempersiapkan uang Rp100.000 per 2 orang. Benar-benar tidak termasuk murah, kamu ditanggung tidak akan menyesal cobanya.

4. Mie Ayam Gondangdia

Walau nama restaurantnya memiliki kandungan mi ayam, di Mie Ayam Gondangdia kamu dapat melahap lebih dari 2 puluh tipe masakan. Rerata menunya ialah chinese food pada harga dimulai dari Rp20.000 sampai Rp50.000. Untuk mi ayamnya yang populer dapat dicoba pada harga Rp24.000. Jadi, jika ingin tiba ke tempat makan ini, minimum kamu harus bawa serta Rp80.000 per 2 orang.

Terdapat di Jalan Cikini IV No 12A, Mie Ayam Gondangdia telah populer juara dengan rasa yang dijajakannya. Tetapi, sebab situasinya bukan seperti cafe modern, seharusnya kamu tidak memutuskan tempat ini untuk kencan.

5. Gandy Steak House

Fans steak di Jakarta tidak bisa keterlaluan makan di restaurant ini. Soalnya, Gandy Steak House bukan hanya tawarkan steak nikmat, dan juga keadaan vintage yang pas sekali untuk kencan atau acara keluarga. Ada 5 cabang yang dapat kamu datangi, jadi tidak perlu bingung mengenai posisinya. Gerai yang terpopuler terdapat di Menteng, Epiwalk, serta Hayam Wuruk. Jam membuka semasing tempat berlainan, tetapi jika ingin aman tiba saja jam 11:00 – 20:00

Harga yang cukup kuras kantong ini pasti tidak akan membuat kamu menyesal. Soalnya, dagingnya empuk serta saucenya mengagumkan sedap. Jadi, jika kamu ingin tiba berdua kesini bawa Rp400.000 ya!

6. Bakmi Gang Kelinci

Foodie yang suka sekali sama bakmi harus makan di Bakmi Gang Kelinci. Ada sebelas cabang yang menyebar di semua tempat Jakarta. Yang populer berada di 4 tempat, yaitu Pasar Baru, Blok M, Wijaya dan Semanggi.

Kelinci Raya No 1 – 3. Tempat ini adalah Bakmi Gang Kelinci pertama kali yang berada di Jakarta.

Menu terfavorit dalam tempat makan yang pas buat dikunjungi bersama keluarga ini ialah bakmi istimewa AK yang dapat dikonsumsi dengan bayar Rp24.000. Jika kamu ingin tiba berdua dapat mempersiapkan uang Rp70.000 supaya bisa coba minuman serta menu yang lain. Jika ingin tiba kesini, kamu dapat mendatanginya dimulai dari jam 07:00 – 09:00.

7. Restaurant Trio

Walau tempatnya tidak dapat disebut eksklusif, Restaurant Trio yang teletak di Jalan R.P. Soeroso No 29A ini punyai rekam jejak yang baik, apa lagi masalah makanannya. Restaurant yang telah jadi favorite semenjak 1985 ini mendatangkan lebih dari 20 menu makanan Chinnese food. Tetapi sebab harga termasuk lumayan mahal (rerata di atas Rp50.000) serta situasinya kuno sekali, kamu seharusnya tiba bersama-sama keluarga.

Menu favorite di Restaurant Trio ini ialah Babi Hong yang dapat kamu makan pada harga Rp70.000. Untuk berdua, seharusnya kamu mempersiapkan seputar Rp200.000 serta dapat tiba start pukul 10:00 – 14:00, selanjutnya Restaurant Trio membuka kembali untuk jam 17:00 – 21:30.

8. Bubur Kwang Tung

Untuk yang menyukai makan bubur, kamu dapat berkunjung ke Bubur Kwang Tung yang terdapat di Pecenongan, Senopati, serta Kelapa Gading. Tempat melahap bubur ini terkenal sebab menjadi favorite beberapa orang. Tetapi, jangan berpikir bubur di sini hanya bubur yang dikasih topping ala-ala kandungannya. Bubur Kwang Tung menyediakan menu dengan isi yang melimpah. Menu favorite di sini yaitu bubur ayam yang dipasarkan pada harga Rp40.000.

Untuk berdua, minimal kamu harus bawa uang seputar Rp150.000 supaya bisa melahap menu lain dalam tempat ini. Tidak cuman bubur, Bubur Kwang Tung yang membuka 24 jam untuk cabang Pecenongan ini sediakan menu yang lain seperti nasi goreng atau cah kailan. Tempatnya pas sekali untuk dibikin makan pagi bersama keluarga.

9. Roti Bakar Eddy

Ingin makan yang hangat tetapi membuat kenyang di waktu malam hari? Roti Bakar Eddy yang terdapat di Jalan Raden Patah No 11 ini bisa saja opsi kamu. Soalnya, tempat makan ini membuka jam 06:30 – 02:30. Pas sekali untuk kongkow sepulang kerja bersama rekan-rekan kamu.

Di sini kamu tidak cuman dapat makan menu favorite roti bakar bermacam rasa yang hangat pada harga murah (Rp12.000 sampai Rp14.000 per jatahnya), dan juga menu berat seperti sate ayam serta nasi goreng. Rerata harga dalam tempat makan ini di bawah Rp20.000 saja. Jadi, kamu perlu bawa serta Rp50.000 untuk makan berdua. Murah sekali, kan? Jika kamu ingin mencoba

10. Fish Streat

Jika kamu kembali di seputar Pondok Cantik, tidak ada kelirunya kuliner di Fish Streat yang terdapat di Jalan Pinang Emas 1, Blok UT No 14 ini. Menurut beberapa ulasaner di Traveloka Eats, makan di sini tidak cuman murah tapi jatahnya memberikan kepuasan. Apa lagi tempatnya damai sekali, hingga pas untuk kamu kencan atau kongkow bersama rekan.

Menu terpopuler di sini yaitu Fish n Chips yang dipandang hanya Rp29.000. Jadi, untuk berdua kamu cukup bawa Rp70.000 saja. Tetapi, sebab menunya bermacam serta enak-enak, sebaiknya kamu bawa lebih.

Menu pertama kali ialah Fish n' Chips plus minum yang dipasarkan pada harga Rp42.845 (dari harga asli Rp45.100). Selanjutnya ada Small Platter plus minum yang dapat kamu makan cukup hanya Rp45.000 (dari harga asli Rp55.000). Yang ke-3 ialah 1 jatah Fish dan Creamy Pasta plus 1 minum, dipasarkan pada harga Rp43.296 (harga asli Rp 52.800). Sedang, menu

paling akhir ialah Fish dan Marinara serta 1 minum, dapat kamu coba pada harga Rp39.688 (dari harga asli Rp 48.400).

Dari deretan daftar kulineran Jakarta di atas, yang mana sangat pengin kamu coba terlebih dahulu? Atau jangan-jangan kamu pernah coba beberapa salah satunya? Mudah-mudahan kulineran-kuliner itu pas dengan hasrat kamu, ya. Janganlah lupa ajak rekan-rekan atau keluarga agar kamu dapat sama-sama mencicip menu yang diminta. Selamat berekreasi kulineran!