Papua adalah tempat dengan kekayaan alam banyak. Kehidupan di Papua juga tergantung dengan alam. Hingga banyak warga yang manfaatkan hasil bumi untuk jadi selaku olahan makanan.

Bicara mengenai makanan. Kulineran yang dipunyai Papua ini termasuk antik bahkan juga esktrem yang tentu saja membuat kamu ingin tahu atau geli untuk yang baru mengetahui serta tidak pernah coba.

Tapi, waktu kamu bertandang ke Papua tidak ada kelirunya untuk coba makanan uniknya. Sebab makanan ciri khas Papua jarang-jarang sekali diketemukan di kota lain. Itu yang membuat makanan Papua jadi kulineran yang mempunyai cita-rasa yang tinggi serta autentik.

Berikut makanan ciri khas Papua yang dapat kamu coba:

1. Kue Lontar

Makanan ciri khas Papua yang serupa dengan pie susu. Makanan ciri khas Papua kesempatan ini termasuk cukuplah enteng serta dapat jadi camilan orang papua. Memiliki bentuk seperti kue pie susu, rasa-rasanya nikmat serta manis. kue ciri khas ini biasa dibikin di saat Lebaran serta Natal saja. Tetapi, jangan cemas kue lontar ini dapat kamu bawa serta pulang selaku oleh-olehan ciri khas Papua.

2. Ulat Sagu

Siapa yang tidak mengenal dengan makan ciri khas Papua yang ini. Ulat sagu telah jadi makanan ciri khas Papua yang kerap dimakan sama warga Papua selaku lauk. Ulat sagu mempunyai banyak kandung yang berguna untuk badan, tingkah sagu mempunyai kandung asam oleat, omega 3, omega 6, omega 9 serta protein. Langkah melahap ulat sagu ini juga lumayan gampang, kamu dapat cobanya dengan mengonsumsi langsung atau dibakar seperti sate.

3. Kapurung atau Papeda

Kulineran ciri khas Papua yang lain ialah papeda. Papeda adalah makanan inti yang kerap dimakan warga papua. Papeda yang dibuat dari bahan landasan sagu ini diproses jadi seperti bubur yang kental serta lekat. Sagu adalah makanan inti yang terus dipakai warga Papua untuk tetap bertahan hidup, sebab harga beras di situ lumayan mahal. Rasa Kapurung ini tawar, hingga warga papua senang menambah ikan goreng atau kuah kuning untuk pendamping rasa kapurung ini.

4. Ikan Bakar Manokwari

Sebab Papua dekat sama pesisir pantai, karena itu warga Papua suka konsumsi hasil tangkapan lautnya. Seperti ikan bakarManokwari ini,ikan yang dipakai ialah ikan tongkol yang dibakar serta dibumbui yang renyah serta benar-benar pedas. Pas buat kamu pencinta pedas.

5. Ikan Bungkus

Ikan bungkus ciri khas papua pasti berlainan dengan ikan bungkus yang kerap kamu dengar. Umumnya ikan bungkus dibungkus dengan daun pisang, tetapi berlainan dengan ikan bungkus Papua yang dibungkus sama daun talas serta cuman ikan laut yang dipakai bukan ikan air tawar.

6. Sagu Lempeng

Sagu lempeng ini adalah makanan ciri khas Papua yang dapat kamu coba. Umumnya sagu lempeng dimakan selaku camilan serta didampingi teh hangat.Tekturnya sedikit keras waktu digigit, itu sebagai keunikan sagu lempeng ini.

7. Udang Serong

Makahan ciri khas Papua ini dapat kamu jumpai di Papua sisi barat. Diberi nama selaku udang serong sebab udang ini ukuran lumayan besar serta mempunyai capit seperti kepiting hingga dinamakan udang serong. Langkah memprosesnya lumayan gampang dengan di bakar, rebus serta goreng. Rasa-rasanya juga nikmat serta renyah.

8. Sambal Colo-colo

Makanan Ciri khas Papua ini dapat kamu buat jadi rekan makan kamu, Sambal ciri khas papua yang mempunyai rasa asam serta pedas ini pas kamu suguhkan dengan ikan bakar. Rasa pedasnya unik dan sedikit asam sebab tambahan jeruk nipis. Membuat gairah makanbertamabah.

9. Sarang Semut

Sarang semut adalah makanan ciri khas yang Papua punya. Rasa-rasanya yang pahit mempunyai manfaat yang bagus untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit untuk badan. Umumnya sarang semut jadi bahan untuk bikin kue supaya tidak begitu berasa pahitnya.

10. Aunu Sanebre

Aunu senebre adalah makanan ciri khas Papua yang antik serta simpel. bahan penting makan ini ialah nasi serta ikan teri yang dimasak, Sesudah dimasak, ikan teri serta nasi digabungkan dengan potongan daun talas serta parutan kelapa. Kombinasi beberapa bahan pembikin aunu senebre yang sudah bersatu barusan diproses selanjutnya dengan dikukus. Rasa-rasanya nikmat serta dapat dicicipi dengan ramai-ramai.

11. Kue Bagea

Makanan ciri khas Papua yang dibuat dari bahan landasan sagu ini dapat kamu coba waktu bertandang ke Papua. Kuebagea mempunyai rasa nikmat yang dibuat dari gabungan tepung sagu serta kenari. Teksturnya sedikit keras namun nikmat untuk dikonsumsi. Dapat kamu buat jadi oleh-olehan buat dibawa pulang.

12. Sagu Sep

Makanan ciri khas papua ini seperti pizza sejauh 10 mtr.. Adonan 'pizza' dibikin dari sagu serta kelapa muda. Di atasnya dapat diberi ulat atau daging rusa. Biasa dimakan dengan ramai-ramai.