Perbedaan Asuransi Kebakaran dan Asuransi Property

Asuransi property bisa membuat perlindungan rumah Anda dari beberapa tipe efek, diantaranya bencana kebakaran. Namun, rupanya ada pula asuransi kebakaran yang terpisah dari asuransi property.

Lalu, apa ketidaksamaan asuransi kebakaran dengan asuransi property? Di bawah ini penjelasan selengkapnya :

Asuransi Kebakaran

Seperti namanya, asuransi kebakaran jamin kerugian atau kerusakan harta benda karena kebakaran serta/atau pemicu yang lain yang ditanggung dalam polis. Efek-risiko yang ditanggung dalam polis standard asuransi kebakaran Indonesia ada lima, yaitu kebakaran, petir, ledakan, keruntuhan pesawat terbang, serta asap.

Kebakaran

Ada tiga tipe kebakaran yang termasuk juga dalam perlindungan, yaitu kebakaran yang disebabkan oleh menjalarnya api atau panas yang muncul sendiri; jalinan arus pendek; serta kebakaran yang berlangsung sebab kebakaran benda lain di sekelilingnya, dengan ketetapan kebakaran benda lain itu bukan akibatnya karena efek yang dieksepsikan dalam polis.

Petir

Kerusakan yang dengan cara langsung berasal dari petir. Spesial untuk mesin listrik, perlengkapan listrik, atau elektronik serta instalasi listrik, kerugian atau kerusakan ditanggung oleh polis ini jika petir itu memunculkan kebakaran pada beberapa benda disebut.

Ledakan

Ledakan yang dari harta benda yang dipertanggungkan pada polis ini atau polis yang lain berjalan serangkai dengan polis ini untuk kebutuhan tertanggung yang serupa.

Kejatuhan Pesawat Terbang

Keruntuhan pesawat terbang yang ditanggung dalam polis ini ialah bentrokan fisik di antara pesawat terbang termasuk juga helikopter atau segala hal yang jatuh dari kepadanya dengan harta benda serta atau kebutuhan yang dipertanggungkan atau mungkin dengan bangunan yang berisi harta benda serta atau kebutuhan yang dipertanggungkan.

Asap

Asap yang dari kebakaran harta benda yang dipertanggungkan pada polis ini atau polis yang lain berjalan serangkai dengan polis ini untuk kebutuhan tertanggung yang serupa.

Perluasan Perlindungan

Asuransi kebakaran dapat memberi pelebaran perlindungan, diantaranya:

  • Kerusuhan, pemogokan, kerugian karena tindakan jahat dan huru-hara sesuai versus DAI (Dewan Asuransi Indonesia)
  • Gempa bumi, kebakaran, atau ledakan karena gempa bumi, letusan gunung berapi, tsunami (polis tersendiri)
  • Biaya pembersihan puing-puing
  • Tanah longsor
  • Gangguan usaha (polis tersendiri)
  • Angin topan, badai, banjir, serta kerusakan sebab air
  • Asap serta bentrokan kendaraan 

Resiko yang Tidak Dijamin

  • Kebakaran atau ledakan dari api yang muncul sendiri (self combustion) atau api yang muncul dari karakter barang tersebut (inherent vice)
  • Kerusakan karena perang, penyerangan, tindakan lawan asing, serta pekerjaan lain semacamnya
  • Reaksi atau radiasi nuklir atau pencemaran radio aktif

Asuransi Properti

Asuransi property, atau yang umum disebutkan dengan asuransi rumah, mempunyai ketidaksamaan pengertian yang tipis dengan asuransi kebakaran. Pada beberapa perusahaan, asuransi property dibedakan dari asuransi kebakaran, sedang pada perusahaan yang lain asuransi kebakaran adalah sisi dari asuransi property.

Pada dasarnya, asuransi property akan memberi beberapa tipe perlindungan pada property atau rumah Anda. Ketidaksamaan asuransi kebakaran dengan asuransi property terdapat pada tipe perlindungan yang diberi.

Bila pada asuransi kebakaran cuma memberi perlindungan pada lima hal (kebakaran, petir, ledakan, keruntuhan pesawat terbang, serta asap), asuransi property memberi perlindungan yang bertambah luas, contohnya perlindungan dari banjir, perampokan, tindakan berhenti, keonaran, serta huru-hara.

Beberapa hal yang disebut paling akhir itu memang ada pada asuransi kebakaran, tetapi customer dikenai penambahan premi, sedang pada asuransi property itu telah adalah perlindungan standard.

Jadi, dengan cara sepintas, nampak jika asuransi property memberi perlindungan yang bertambah luas dibanding asuransi kebakaran. Karenanya, premi pada asuransi property tambah mahal dibanding asuransi kebakaran.

Tiap perusahaan asuransi mempunyai produk yang berlainan, ada yang telah masukkan asuransi kebakaran di asuransi property, tetapi ada pula yang menjualnya dengan cara terpisah. Karenanya, Anda harus menanyakan bertambah detil tentang ketidaksamaan asuransi kebakaran dengan asuransi property yang dipasarkan.