Cendana atau cendana wangi, merupakan salah satu pohon penghasil kayu cendana dan juga minyak cendana. Pada kayunya bisa digunakan sebagai bahan rempah-rempah, bahan dupa, aromaterapi, campuran minyak wangi, dan sangkur keris (warangka).

Kayu yang baik bisa menaruh aromanya sepanjang beratus-ratus tahun. Konon di sri lanka kayu ini digunakan untuk membalsam jenazah putri-putri raja dari era ke-9. Di Indonesia sendiri, kayu ini banyak ditemukan di nusa tenggara timur, yang terutama di pulau timor, meskipun saat ini bisa ditemukan juga di pulau jawa serta pulau-pulau nusa tenggara yang lain.

Cendana adalah tumbuhan parasit pada awal kehidupannya. Kecambahnya membutuhkan pohon inang untuk memberikan dukungan pada pertumbuhannya, yang diakibatkan perakarannya sendiri tidak sanggup untuk memberikan dukungan pada kehidupannya. Di karenakan prasyarat inilah cendana jadi sulit untuk dikembangbiakan atau dibudidayakan.

Kayu cendana wangi (santalum album) pada saat ini sangat langka dan juga harganya sangat mahal. Kayu yang datang dari daerah mysoram di India Selatan pada umunya dikira yang sangat bagus kualitasnya.

Manfaat Kayu Cendana

Di Indonesia sendiri, kayu cendana yang berasal dari timor sangat dihargai. Dan sebagai gantinya sejumlah pakar aromaterapi dan parfum memakai kayu cendana jenggi (Santalum spicatum). Kedua jenis kayu tersebut berbeda konsentrasi bahan kimia yang dikandungnya, dan oleh sebab itu kadar harumnya pun akan berbeda.

Menghentikan Kejang

Minyak kayu cendana dapat berfungsi untuk menghentikan kejang. Minyak dari kayu cendana ini dikenal sebagai antispasmodic, yaitu zat yang memiliki sifat menenangkan untuk merelaksasi otot. Bekerja pada serabut saraf dan pembuluh darah agar dapat membuat kedua organ tubuh tersebut menjadi rileks sehingga bisa dipakai untuk menghentikan kejang yang parah.

Untuk Mengatasi Peradangan

Minyak kayu cendana adalah suatu minyak essensial yang sangat kaya akan kandungan anti inflamasi yaitu kandungan yang memiliki efek untuk menenangkan sehingga dapat membantu mengatasi peradangan parah. Minyak kayu cendana sangat berfungsi untuk menyembuhkan rasa sakit pada sistem saraf, sistem sirkulasi dan sistem pencernaan atau ekskresi.

Jika tubuh Anda terkena sakit demam atau terserang gigitan serangga, gunakan minyak kayu cendana yang sangat ampuh untuk mengurangi peradangan yang dapat ditimbulkan.

Sebagai Anti-Mikroba

Minyak kayu cendana memiliki unsur disinfektan yang cukup tinggi. Dan aroma yang timbul dari minyak kayu cendana ini bisa mengusir hama dan juga mikroba pengganggu lainnya. Oleh sebab itu, kayu cendana juga bisa digunakan sebagai produk pengusir serangga atau bisa juga dijadikan pestisida, dan juga sangat baik untuk desinfektan.

Jika Anda ingin tampil lebih cantik dan wangi, maka gunakanlah beberapa tetes parfum dari minyak cendana yang dicampurkan dengan body lotion atau air mandi dapat menjaga kulit Anda terbebas dari masalah infeksi.

Memperlancar Buang Air

Minyak kayu cendana juga bisa digunakan untuk melancarkan buang air kecil. Karena minyak kayu cendana ini berfungsi sebagai minyak essensial yang sangat ampuh untuk menekan rasa sakit pada sistem ekskresi dan memberi efek yang mendinginkan.

Pada minyak kayu cendana ini di dalamnya mempunyai efek diuretik, sehingga buang air kecil Anda akan menjadi lebih mudah dan sangat berguna untuk menjaga sistem ginjal supaya lebih sehat.

Dapat Mengendalikan Tekanan Darah

Bagi Anda yang menderita darah tinggi, maka gunakanlah minyak kayu cendana yang mengandung unsur penurun hipertensi dan sangat ampuh sehingga bisa mengatur tekanan darah menjadi normal.

Sebagai Antiseptik

Seperti yang telah dijelaskan diatas, bahwa minyak kayu cendana ini memiliki sifat anti-mikroba sehingga banyak digunakan sebagai media antiseptik yang sangat efektif. Minyak kayu cendana ini sangat baik digunakan pada cedera, lesi, bisul, jerawat supaya tidak terjadi infeksi lanjut yang semakin parah.

Itulah beberapa manfaat untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh dari kayu cendana. Di samping sangat baik bagi kesehatan tubuh, kayu cendana ini juga sangat bermanfaat untuk membersihkan dan menenangkan kulit.