Buat anda yang ingin belajar usaha advertensi Sesaat akan menyablon lagkah awal yang penting disiapkan ialah membuat atau mengafdruk screen sablon, dalam panduan berikut akan diterangkan bagaimana mengafdruk screen sablon secara baik yang dibarengi photo simpatisan untuk menegaskan evaluasi.

Dalam eksperimen ini alat screen yang dipakai ialah tipe T-61 yang biasanya dipakai untuk menyablon kaos. Di bawah ini beberapa alat serta bahan yang dipakai:

Alat Membuat Sreen Sablon 

  • Screen Sablon
  • Obat Afdruk (Contohnya: PhotoXol, Bremol, dan lain-lain.)
  • Alat Perata (Contohnya: Kartu ATM sisa, Kartu nama mika, dan lain-lain.)
  • Print out design
  • Kipas angin / Hair dryer
  • Plester
  • Lampu TL
  • Kaca
  • Air
  • Busa
  • Alat Penyemprot

Cara Membuat Sreen Sablon

Pertama, campur obat afdruk screen emulsion serta sensitizer bawaannya (umumnya produsen obat afdruk telah mengikutkan sensitizer), aduk sampai tercampur secara baik.

Campur sekedarnya pada wadah tertentu, pada step pencampuran ini untuk pemula umumnya masih sangsi dalam penakaran sensitizer (takut kebanyakan atau begitu sedikit), bila sensitizer begitu sedikit peluang screen akan gampang rusak waktu penyemprotan atau bila kebanyakan sensitizer dapat jadi screen susah berlubang waktu disemprot.

Nah, beberapa pakar sablon yang terlatih umumnya memakai feeling berdasar pengalaman, buat pemula coba lakukan penakaran sendiri serta itu bisa menjadi pengalaman yang bermanfaat untuk proses setelah itu.

Seteleh tercampur secara baik tuang pada screen sablon, serta ratakan dengan alat perata. Dalam meratakan screen emulsion ini kerjakan dengan vertikal serta horisontal di bagian depan serta belakang dengan cara berulang-ulang sampai obat afdruk melekat rata secara baik.

Sesudah rata keringkan dengan kipas angin atau hairdryer, dalam pengeringan kerjakan di tempat yang minim sinar lampu atau matahari sebab obat afdruk yang sudah tercampur dengan sensitizer memiliki karakter mengeras jika terserang sinar.

Pengeringan

Pengeringan dengan kipas dapat dilaksanakan seputar 10 menit, tekankan obat sablon kering dengan cara rata. Selanjutnya pasang kertas print out design yang akan dipakai, posisikan design secara baik serta plester di bagian ujung supaya tidak beralih tempatnya. Ingat penempelan dibagian depan screen posisikan kertas design dengan cara terbalik, melihat gambar.

Sesudah kertas design diposisikan secara baik pada screen kerjakan beberapa langkah persiapan pencahayaan. Sediakan 2 lampu TL di bawah kaca dengan jarak kira-kira 10 cm, kaca dapat disangga dengan kardus atau kayu atau jika sangat mungkin bikinlah meja untuk pencahayaan.

Sisi belakang screen tutuplah dengan busa atau bahan yang lain lunak serta rata, tempatkan screen pada kaca serta seharusnya tindih sisi dapat dengan pemberat supaya screen melekat rata pada kaca.

Pencahayaan

Pencahayaan dengan lampu dilaksanakan semasa kira-kira 3 menit. Sesudah pencahayaan dilaksanakan terlepas kertas design selanjutnya bersihkan dengan air. Jika step untuk step di atas dilaksanakan secara baik karena itu waktu screen dicuci akan terlihat corak gambar design serta membuat lubang sesuai dengan skema design, teruskan dengan menyemprot di bagian lubang design dengan memakai alat semprot air.

Waktu menyemprot pakai desakan sesuai dengan keperluan supaya hasilnya baik. Sesudah usai menyemprot selanjutnya jemur di bawah cahaya matahari. Bila perlu lapisi screen dengan cairan penguat.