Keunikan merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah bisnis waralaba/franchise. Karena Keunikan juga merupakan nyawa ataupun ciri khas dari sebuah brand. Tanpa memiliki keunikan, sebuah bisnis waralaba tidak akan bisa sukses. Kenapa? Karena keunikan merupakan syarat bagi sebuah brand untuk diwaralabakan.
Di dalam PP RI No. 42 Tahun 2007 pasal 3 tertera dengan
jelas mengenai kriteria sebuah usaha bisa diwaralabakan, di antaranya: memiliki
ciri khas usaha, terbukti sudah memberikan keuntungan, memiliki standar atas
pelayanan dan barang dan/atau jasa yang ditawarkan yang dibuat secara
tertulis, mudah diajarkan dan
diaplikasikan, adanya dukungan yang
berkesinambungan; dan Hak Kekayaan Intelektual yang telah terdaftar.
Memiliki Ciri Khas
Memiliki ciri khas artinya usaha tersebut harus memiliki
keunggulan atau perbedaan yang tidak mudah ditiru dibandingkan dengan usaha
lain yang sejenis dan membuat konsumen selalu mencari ciri khas yang dimaksud.
Ciri khas ini bisa berupa sistem manajemen, cara penjualan dan pelayanan, atau
penataan, atau cara pendistribusian yang merupakan karakteristik khusus dari
pemberi waralaba.
Keunggulan dan diferensiasi ini bisa dibentuk dengan membuat
sesuatu yang unik, sesuatu yang belum ada atau belum dilakukan pada usaha
lainnya yang sejenis. Keunikan merupakan keunggulan yang tidak dimiliki
pesaing.
Misalnya untuk bisnis makanan, Anda mungkin bisa membuat
diferensiasi dari rasa. Tapi, karena luasnya keunikan usaha, maka keunikan
tidak mesti dari sisi produk. Keunikan juga bisa Anda ciptakan dari segi sistem
manajemen, cara penjualan dan pelayanan, IT, penataan atau distribusi.
Keunikan Usaha
Setelah usaha memiliki sebuah keunikan, adalah bagaimana
menjaga keunikan tersebut. Keunikan di bisnis franchise perlu dijaga karena
bisa saja keunikan tersebut hilang dan rusak dengan berbagai faktor yang
menjadi penyebabnya. Jika keunikan ini hilang tentu saja akan memberikan dampak
yang besar bagi perkembangan sebuah franchise, minimal franchise tersebut akan
kehilangan loyalitas dari para pelanggannya.
Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga
keunikan di dalam bisnis franchise Anda. Pertama, buatlah SOP yang jelas dan
berdisiplin terhadap pelaksanaan SOP. Ini perlu, karena faktor krusial dari
rusaknya keunikan franchise salah satunya bisa disebabkan oleh tidak
disiplinnya franchisee dalam menerapkan SOP yang ada.
Karena itu,
franchisor perlu mengadakan monitoring dan evaluasi secara berkala.
Kedua, inovasi tanpa henti. Sesuatu yang unik saat ini bisa saja akan menjadi
sesuatu yang biasa saja di kemudian hari. Karena itu hal-hal baru perlu
diciptakan dan diterapkan dalam bisnis Anda. Ketiga, meningkatkan added value
dari keunikan itu. Keunikan atau differensiasi yang ditawarkan harus memberikan
benefit bagi para konsumen.
Posting Komentar
Posting Komentar